ANALISIS PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEAKTIFAN SISWA PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI DASAR
Abstract
This study aims to analyze the application of the Project-Based Learning (PjBL) model to student engagement in Basic Accounting in class X of SMK Negeri 3 Palembang. The research method used is a descriptive qualitative approach, with data collected through observation, interviews, and documentation. The results of the study indicate that the PjBL model has been applied across the stages of learning syntax, including problem identification, project design, implementation, and evaluation. The project is a simulation of a laundry business unit that has been proven to significantly increase student engagement. Student engagement is reflected in enthusiasm for learning, active participation in group discussions, cooperation among members, and responsibility for completing the project. In addition, students feel that learning is more interesting, easier to understand, and more relevant to real life, thereby increasing their motivation to learn. However, some students remain less active and need additional guidance and motivation. Overall, the PjBL model is effective in increasing student engagement and understanding in Basic Accounting and is worthy of wider application in SMK.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model Project Based Learning (PjBL) terhadap keaktifan siswa pada mata pelajaran Akuntansi Dasar di kelas X SMK Negeri 3 Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PjBL telah dilakukan sesuai dengan tahapan sintaks pembelajaran, mulai dari identifikasi masalah, perancangan proyek, pelaksanaan, hingga evaluasi. Proyek yang digunakan berupa simulasi unit usaha Laundry, yang terbukti mampu meningkatkan keaktifan siswa secara signifikan. Keaktifan siswa terlihat dari antusiasme dalam mengikuti pembelajaran, partisipasi aktif dalam diskusi kelompok, kerja sama antar anggota, serta tanggung jawab dalam menyelesaikan proyek. Selain itu, siswa merasa pembelajaran menjadi lebih menarik, mudah dipahami, dan relevan dengan kehidupan nyata sehingga meningkatkan motivasi belajar mereka. Meskipun demikian, terdapat beberapa siswa yang masih kurang aktif sehingga perlu diberikan bimbingan dan motivasi tambahan. Secara keseluruhan, model PjBL efektif dalam meningkatkan keaktifan dan pemahaman siswa pada mata pelajaran Akuntansi Dasar dan layak untuk diterapkan secara lebih luas di SMK.
Full Text:
PDFReferences
Aji, K., & Rahayu, E. T. (2023). Efektivitas Project Based Learning dalam Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Aktivitas Pengembangan Terhadap Minat Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 2023(6), 263–269.
Anggraini, P. D., & Wulandari, S. S. (2020). Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Peningkatan Keaktifan Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 292–299. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n2.p292-299
BPS. (2023). Statistik Pendidikan 2023. In Badan Pusat Statistik (Vol. 12).
Fahrurrozi, Sari, Hasanah, & Utami. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Mata Pelajaran SBdP Materi Kerajinan Ikat Celup Di Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(3), 870. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i3.8928
Fauzan, & Arifin, F. (2022). Desain Kurikulum Dan Pembelajaran Abad 21. Jakarta : Kencana.
Handayani, A., & Koeswanti, H. D. (2021). Meta-Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Jurnal Basicedu, 5(3), 1349–1355. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.924
Jannah, Irtifa, Zahra, & Putri. (2022). Pengertian Kurikulum Merdeka Latar Belakang. Al Yazidiy: Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Pendidikan, 4(2), 55–65.
Kanza, N. R. F., Lesmono, A. D., & Widodo, H. M. (2020). Analisis Keaktifan Belajar Siswa Menggunakan Model Project Based Learning Dengan Pendekatan Stem Pada Pembelajaran Fisika Materi Elastisitas Di Kelas Xi Mipa 5 Sma Negeri 2 Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, 9(2), 71. https://doi.org/10.19184/jpf.v9i1.17955
Kemendikbudristek. (2022). Buku Saku: Tanya Jawab Kurikulum Merdeka. In Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (pp. 9–46).
Marselus. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Motivasi Belajar Siswa Kelas X Multimedia Mata Pelajaran Simulasi Dan Komunikasi Digital Di SMK Negeri 1 Mempawah Hulu. Jurnal Penelitian Inovatif (JUPIN), 1(1), 21–34. https://doi.org/https://doi.org/10.54082/jupin.4
Mayasari, Annisa, Arifudin, O., & Juliawati, E. (2022). Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) Dalam Meningkatkan Keaktifan Pembelajaran. JUrnal Tahsinia, 3(2), 167–175. https://doi.org/https://doi.org/10.57171/jt.v3i2.335
Ngongo. (2022). Penerapan Model Pembelajaran kooperatif Tipe Numbered Heads Together Untuk meningkatkan Hasil Belajar Dan Aktivitas Belajar Kimia. Indonesian Journal of Educational Development, 3(1), 16–24. https://doi.org/10.5281/zenodo.6563799
Nurhayati, H., Handayani, L., & Widiarti, N. (2023). Keefektifan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada pelajaran IPS Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(3), 1716–1723. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i3.5384
Pandie, & Manapa, &. (2021). Meningkatkan Prestasi Belajar Mahasiswa Menggunakan Model Pembelajaran Kolaboratif Dengan Pendekatan Blended Learning. SAP (Sususnan Artikel Pendidikan), 6(1).
Purba, S., Wulandari, A., Siringo-ringo, M., & Sirait, B. (2024). Meta Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Projek (Project Based Learning) Terhadap Hasil Belajar Siswa. Gudang Jurnal Multidisiplin Ilmu, 2(6), 169–174. https://doi.org/10.59435/gjmi.v2i6.506
Putra, M. T. F., Arianti, A., & Elbadiansyah. (2019). Analisis Penerapan Model dan Metode Pembelajaran Tepat Guna Pada Daerah 3T (Terdepan,Terpencil dan Tertinggal) di Kabupaten Mahakam Ulu. Sebatik, 23(2). https://doi.org/10.46984/sebatik.v23i2.776
Riska Putri Taupik, & Fitria, Y. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Pencapaian Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1525–1531. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.958
Simaremare, Sihombing, Sirait, & Purba. (2022). Penerapan Metode Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Pendidikan Bahasa Indonesia Kelas Tinggi. Jurnal Keguruan Sekolah Dasar, 03(02), 82–98.
Simarmata, Hasni, & Indrayani, &. (2022). Meningkatkan Keaktifan Diskusi Siswa Melalui Metode Problem Based Learning di Kelas VII SMP Negeri 2 Bandar Sumatera Utara. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 4(2), 310–319.
Supriatna, N., Asy, H., & Zamroni, M. A. (2024). Implementasi Active Learning Dalam Pembelajaran PAI Di SMK Negeri Tegalwaru Purwakarta. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 4(1), 146–162. https://doi.org/10.54437/irsyaduna.v4i1.1587
Warsono, & Hariyanto. (2017). Pembelajaran Aktif : Teori dan Asesmen. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
DOI: https://doi.org/10.56486/kompleksitas.vol14no2.886
Article Metrics
Abstract view : 12 timesPDF - 7 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
TERINDEKS OLEH :


Â




