PENGARUH CUSTOMER RATING, CUSTOMER REVIEW DAN KEPERCAYAAN TERHADAP MINAT BELANJA DARING PADA MARKETPLACE SHOPEE

Rinto Rivanto, Lia Wardini

Abstract


The purpose of this study is to determine the influence of customer ratings, customer reviews, and trust, both partially and simultaneously, on online shopping interest in the Shopee marketplace. This study employs a quantitative descriptive method. The population of this study consists of employees of PT. Pangansari Utama Food Resources, totaling 108 individuals with a sample size of 85 individuals. Data collection was carried out through survey data using a questionnaire as a tool. The data analysis techniques include validity tests, reliability tests, normality tests, heteroscedasticity tests, autocorrelation tests, multicollinearity tests, multiple linear regression analysis, hypothesis testing, and the coefficient of determination. The research results indicate that there is an influence of customer rating, customer review, and trust on online shopping interest in the Shopee marketplace. The customer rating variable has a partial effect on online shopping interest. The customer review variable also has a partial effect on online shopping interest. The trust variable does not have a partial effect on online shopping interest. Based on data analysis, it was found that online shopping interest is simultaneously influenced by customer rating, customer review, and trust by 77.7%, while the remaining 22.3% is influenced by other variables not examined in this study.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh customer rating, customer review dan kepercayaan secara parsial dan simultan terhadap minat belanja daring pada marketplace Shopee. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah karyawan PT. Pangansari Utama Food Resources yang berjumlah 108 orang dan sampel sebanyak 85 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui data survei dengan alat bantu kuesioner. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji autokorelasi, uji multikolinieritas, analisis regresi linier berganda, uji hipotesis dan koefisien determinan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh customer rating,  customer review dan kepercayaan terhadap minat belanja daring pada marketplace Shopee. Variabel customer rating berpengaruh secara parsial terhadap minat belanja daring. Variabel customer review berpengaruh secara parsial terhadap minat belanja daring. Variabel kepercayaan secara parsial tidak berpengaruh terhadap minat belanja daring. Berdasarkan analisis data diperoleh minat belanja daring dipengaruhi secara simultan oleh customer rating, customer review dan kepercayaan sebesar 77,7% dan sisanya 22,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini.


Full Text:

PDF

References


Ahdiat, A. (2024). 5 E-Commerce dengan Pengunjung Terbanyak Sepanjang 2023. Katadata.Co.Id. https://databoks.katadata.co.id/-/statistik/3c9132bd3836eff/5-e-commerce-dengan-pengunjung-terbanyak-sepanjang-2023

Arifianto, C. F., & Pratiwi, Y. E. (2021). Lazada, Shopee atau Tokopedia? Sebuah Preferensi Lokapasar oleh Mahasiswa Pekerja di Area Tangerang Raya. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(1), 168–188. https://doi.org/10.47668/pkwu.v9i1.191

Deviana, & Akbar, R. (2023). Pengaruh Online Customer Review (OCR) Dan Sistem Pembayaran Cash On Delivery Terhadap Minat Beli Mahasiswa Institut Agama Islam Tafaqquh Fiddin Dumai Di Elektronic Marketplace Indonesia. Jurnal Tafidu, 2(2), 113–124. https://doi.org/10.57113/jtf.v2i2.321

Fadhillah, N. A., & Manggabarani, A. S. (2024). Pengaruh Kepercayaan Merek, Keamanan dan Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Online (Studi Pada Ibu Rumah Tangga Di Dki Jakarta). Jurnal Ikraith-Ekonomika, 7(1), 13–24. https://doi.org/10.37817/ikraith-ekonomika.v7i1.3276

Fani, R., & Safira, I. (2024). Analisis Dampak Pengaruh Keberadaan E-Commerce terhadap Pedagang Konvensional di Situbondo. Jurnal Economina, 3(1), 96–102. https://doi.org/10.55681/economina.v3i1.1145

Hendriyani, M., Artini, N. M., & Tatyana. (2021). Dampak Pandemi Covid 19 Terhadap Dunia Pendidikan. Kompleksitas: Jurnal Ilmiah Manajemen, Organisasi Dan Bisnis, 10(2), 13–21. https://doi.org/10.56486/kompleksitas.vol10no2.128

Irawati, R., & Prasetyo, I. B. (2021). Pemanfaatan Platform E-Commerce Melalui Marketplace Sebagai Upaya Peningkatan Penjualan dan Mempertahankan Bisnis di Masa Pandemi (Studi Pada UMKM Makanan dan Minuman di Malang). Penataran : Jurnal Penelitian Manajemen Terapan, 6(2), 114–133. https://journal.stieken.ac.id/index.php/penataran/article/view/544

Irmawati, & Cahyanto, M. R. N. (2022). Pengaruh Kualitas Informasi, Kemudahan, dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian di Situs Tokopedia. Hombis : House of Management and Business Journal, 1(1), 24–34. https://doi.org/10.26753/hombis.v1i1.748

Kamisa, N., Putri, A. D., & Novita, D. (2022). Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating Terhadap Kepercayaan Konsumen (Studi Kasus: Pengguna Shopee di Bandar Lampung). Journals of Economics and Business, 2(1), 21–29. https://doi.org/10.33365/jeb.v2i1.83

Komalasari, P. S. (2023). Transformasi Dunia Pasar Tradisional Menjadi Dunia Bisnis Online di Indonesia. Sahmiyya : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 2(2), 367–375. https://e-journal.uingusdur.ac.id/sahmiyya/article/view/1805

Kotler, P., Keller, K. L., & Chernev, A. (2022). Marketing Management. In Global Edition (16th ed.). Pearson Education Limited.

Lestari, W., Lukitaningsih, A., & Hutami, L. T. H. (2023). Pengaruh Online Customer Review, Online Customer Rating, dan Price Consciousness terhadap Keputusan Pembelian Studi pada Pelanggan TikTok Shop di Kota Yogyakarta. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 5(6), 2358–2368. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v5i6.2306

Maharani, N. P. H., Susanti, P. H., & Dewi, I. A. S. (2024). Pengaruh Online Customer Review , Online Customer Rating Dan Content Marketing Terhadap Minat Beli Pada Marketplace Shopee ( Studi Pada Masyarakat Di Kota Denpasar ). Widya Amrita : Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 4(1), 29–39. https://doi.org/10.32795/vol4wamrtno1th24

Mustajibah, T., & Trilaksana, A. (2021). Dinamika E-Commerce di Indonesia Tahun 1999-2015. Avatara : E-Journal Pendidikan Sejarah, 10(3), 1–9. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/avatara/article/view/40965

Nabila, & Abadi, F. (2024). Pengaruh Online Customer Review, Online Customer Rating Dan Kepercayaan Terhadap Minat Beli Pada Produk Kosmetik Barenbliss. Valtech : Jurnal Mahasiswa Teknik Industri, 7(2), 270–275. https://ejournal.itn.ac.id/index.php/valtech/article/view/9454

Nisa, S. K., & Dwijayanti, R. (2022). Pengaruh Online Customer Review Dan Online Customer Rating Terhadap Minat Beli Produk Fashion Di Marketplace Shopee (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomika & Bisnis Universitas Negeri Surabaya). JEMPPER : Jurnal Ekonomi, Manajemen Pariwisata Dan Perhotelan, 1(2), 148–156. https://doi.org/10.55606/jempper.v1i2.356

Orinaldi, M. (2020). Peran E-commerce dalam Meningkatkan Resiliensi Bisnis diera Pandemi. Iltizam : Journal of Sharia Economics Research, 4(2), 36–53. https://doi.org/10.30631/iltizam.v4i2.594

Pratama, G. (2020). Analisis Transaksi Jual Beli online Melalui Website Marketplace Shopee Menurut Konsep Bisnis di Masa Pandemic Covid 19. Ecopreneur : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 1(2), 21–34. https://jurnal.uibbc.ac.id/index.php/ecopreneur/article/view/130

Ramadhani, T., & Sanjaya, V. F. (2021). Pengaruh Rating dan Online Consumer Review Terhadap Minat Beli dengan Kepercayaan Sebagai Pemediasi Pada Marketplace Shopee Dalam Persfektif Ekonomi Islam (Studi pada Mahasiswa Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung). REVENUE: Jurnal Manajemen Bisnis Islam, 2(2), 155–174. https://doi.org/10.24042/revenue.v2i2.9623

Saputri, S. A., Berliana, I., & Nasrida, M. F. (2023). Peran Marketplace Dalam Meningkatkan Daya Saing UMKM di Indonesia. Knowledge : Jurnal Inovasi Hasil Penelitian Dan Pengembangan, 3(1), 69–75. https://doi.org/10.51878/knowledge.v3i1.2199

Sattar, S., Mihani, M., & Yunus, A. S. (2021). The Influence of Consumer Confidence and Ease of Transactions on Online Shopping Interest in Students of the Indonesian College of Management Science Samarinda. IJEEE : International Journal of Economy, Education and Entrepreneurship, 1(2), 164–170. https://doi.org/10.53067/ije3.v1i2.22

Setiawan, E., & Steven. (2021). Minat Beli Konsumen di Bakso Kota Cak Man Magelang. Jurnal Pariwisata Vokasi, 2(1), 34–41. https://jurnal.akparnhi.ac.id/jvp/article/view/11

Setiawan, H., Fatmala, I. A., & Julita, Y. (2023). Pengaruh Online Customer Review, Kepercayaan, Harga, dan Risiko Yang Dirasakan Terhadap Minat Berbelanja Online di Platform E-Commerce (Studi Kasus pada Masyarakat Milenial). Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 17(2), 122–129. https://doi.org/10.32815/jibeka.v17i2.1074

Sianipar, F. A. H., & Yoestini. (2021). Analisis Pengaruh Customer Review dan Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Produk di Online Marketplace (Studi Pada Mahasiswa Pengguna Tokopedia di Kota Semarang). Diponegoro Journal of Management, 10(4), 1–10. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/djom/article/view/32431

Solihin, D. (2020). Pengaruh Kepercayaan Pelanggan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Online Shop Mikaylaku Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Mandiri, 4(1), 38–51. https://doi.org/10.33753/mandiri.v4i1.99

Sujarweni, V. W. (2019). Metodologi Penelitian Bisnis & Ekonomi. Yogyakarta : PT Pustaka Barupress.

Sundah, F., Tecoalu, M., & Wahyoedi, S. (2022). The Effect of Trust, Price, and Ease of Transaction on Buying Interest and Their Implications on Purchase Decisions (Study PT. Indonesia Maybank Finance Online Customer). IJSET : International Journal of Social Science, Educational, Economics, Agriculture Research and Technology, 1(9), 431–442. https://doi.org/10.54443/ijset.v1i9.50

Suswanto, P., & Setiawati, S. D. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran Shopee Dalam Membangun Positioning di Tengah Pandemi Covid-19 di Indonesia. Linimasa : Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 16–29. https://doi.org/10.23969/linimasa.v3i2.2754

Sutedjo, A. (2021). Analisis Pengaruh Kepercayaan, Keamanan, Serta Persepsi Risiko Terhadap Minat Beli Konsumen Belanja Online Shopee. TRI BISNIS : Jurnal Kewirausahaan, Akuntansi, Dan Manajemen, 3(2), 165–178. https://doi.org/10.59806/tribisnis.v3i2.40

Ulhab, N., & Amirulmukminin. (2022). Pengaruh Online Customer Review Dan Online Custumer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Marketplace Shopee (Studi Kasus Pada Masyarakat Kecematan Bolo Kabupaten Bima). Jurnal PenKoMi : Kajian Pendidikan Dan Ekonomi, 5(2), 132–142. https://doi.org/10.33627/pk.52.768

Wibowo, N. A., & Safitri, K. (2022). Trust Memediasi Online Customer Review dan Rating Terhadap Minat Beli Melalui Marketplace Shopee. Eqien : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(4), 201 – 207. https://doi.org/10.34308/eqien.v11i04.1256

Wicaksana, W. (2020). Pemanfaatan Marketplace Dalam Kegiatan Bisnis di Era Digital. JIMT : Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 1(5), 504–510. https://doi.org/10.31933/jimt.v1i5.152

Wijayanthi, N. P. P. A., & Goca, I. G. P. A. W. (2022). Pengaruh Kepercayaan, Kualitas Produk, dan Kepuasan Konsumen terhadap Repurchase Intention Di Tokopedia. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Equilibrium, 8(1), 102–116. https://doi.org/10.47329/jurnal_mbe.v8i1.844




DOI: https://doi.org/10.56486/kompleksitas.vol13no2.662

Article Metrics

Abstract view : 48 times
PDF - 33 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

TERINDEKS OLEH :

Â