DAMPAK KUNJUNGAN WISATA RELIGI DAN PELUANG USAHA TERHADAP PENDAPATAN PEDAGANG DI SEKITAR MASJID ISTIQLAL JAKARTA
Abstract
The tourism sector is one of the sectors with the most potential at the moment and aims to become an additional source of regional original revenue. (PAD). The Central Jakarta area has several religious tourist attractions, one of which is the Istiqlal Mosque. The local community needs this religious tourism area to increase income through opportunities to start businesses (trading). This research aims to determine the impact of religious tourism visits and business opportunities on traders' income. The research used is quantitative with a descriptive approach, and the data collection methods are observation, interviews, questionnaires, and documentation. The data processing methods include validity tests, reliability tests, classical assumption tests, multiple linear regression analysis tests, and coefficient of determination tests. From the test results, it was found that the religious tourism variable has a negative impact on income. The business opportunity variable has a positive and significant effect on income. The religious tourism and business opportunity variables together have a positive and significant effect on income. The determination test of the impact of religious tourism objects and business opportunities for traders is not significant to the income in Istiqlal, with a result of 49.8%.
Sektor pariwisata salah satu sektor yang sangat potensial saat ini dan bertujuan menjadi sumber tambahan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Wilayah Kota Jakarta Pusat memiliki beberapa objek wisata religi salah satunya adalah Masjid Istiqlal. Kawasan wisata religi ini dibutuhkan oleh masyarakat lokal untuk peningkatan pendapatan melalui peluang untuk membuka usaha (berdagang). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak kunjungan wisata religi dan peluang usaha terhadap pendapatan pedagang. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan metode pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara, kuisioner dan dokumentasi. Metode pengolahan datanya menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji analisis regresi linier berganda, dan uji koefisien determinasi. Dari hasil pengujian diperoleh bahwa variabel wisata religi berpengaruh negatif terhadap pendapatan. Variabel peluang usaha berpengaruh secara positif serta signifikan atas pendapatan. Variabel wisata religi dan peluang usaha secara bersama-sama berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap pendapatan. Pengujian determinasi dampak objek wisata religi dan peluang usaha pedagang tidak signifikan terhadap pendapatan di Istiqlal dengan hasil sebesar 49,8%.
Full Text:
PDFReferences
Aji, G., Karima, F., Pramestika, A., & Safitri, L. (2023). Dampak Wisata Religi Terhadap Ekonomi Sosial Masyarakat Lokal (Studi Kasus Pada Makam Sapuro, Kota Pekalongan Barat). SANTRI : Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Islam, 1(5), 205–213. https://doi.org/10.61132/santri.v1i5.137
Anwar, M. F., Hamid, D., & Topowijono. (2017). Analisis dampak pengembangan wisata religi makam sunan maulana malik ibrahim dalam kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat sekitar. Jurnal Administrasi Bisnis, 44(1), 186–193.
Aulia, N., & Ismaulina. (2020). Objek Wisata Religi Makam Sulthan Malikussaleh dan Pengaruhnya terhadap Pendapatan Pedagang (Studi Gampong Beuringen Kecamatan Samudera Kabupaten Aceh Utara). J-ISCAN: Journal Of Islamic Accounting Research, 2(1), 36–44.
Azhaari, H. (2024). Pariwisata Religi Sebagai Pariwisata Berkelanjutan: Preferensi Penunjang Ekonomi Kerakyatan Di Kota Semarang. JMD : Jurnal Manajemen Dakwah, 10(1), 1–26. https://doi.org/10.14421/jmd.2024.101.01
Choirunnisa, I., & Karmilah, M. (2022). Strategi Pengembangan Pariwisata Budaya. Jurnal Kajian Ruang, 2(1), 89–109. https://doi.org/10.30659/jkr.v2i1.20446
Fajriana, A. (2019). Dampak keberadaan wisata religi makam bung karno terhadap perekonomian masyarakat di Kota Blitar. Institut Agama Islam Negeri Tulungagung.
Fatimah, S. (2015). Strategi Pengembangan Objek Daya Tarik Wisata Religi (Studi Kasus di Makam Mbah Mudzakir Sayung Demak). Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Felyana, W. (2019). Dampak Pengembangan Objek Wisata Halal Terhadap Kehidupan Sosial dan Pendapatan Pedagang di Kapal PLTD Apung Kota Banda Aceh Tahun 2015-2017. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.
Harman, D. A. (2022). Analisis Pendapatan Masyarakat Bacukiki terhadap Kemampuan Menabung di Bank Syariah Parepare. IAIN Parepare.
Husaini, & Fadhlani, A. (2017). Pengaruh Modal Kerja, Lama Usaha, Jam Kerja dan Lokasi Usaha terhadap Pendapatan Monza di Pasar Simalingkar Medan. Visioner & Strategis, 6(2), 112.
Katulung, C. M., Lagarense, B. E. S., & Adrah, M. (2022). Identifikasi Potensi Pariwisata Berbasis Analisis Swot Di Pulau Makalehi Kabupaten Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) Provinsi Sulawesi Utara. JIP : Jurnal Ilmu Pariwisata, 1(2). https://stpmanado.ac.id/jurhos/index.php/jip/article/view/36
Krisnadi, A. R., & Dewantara, Y. F. (2018). Analisis strategi Pengembangan Pariwisata di MICE Kota Batam. FAME : Journal of Food and Beverage, Product and Service, Accomodation Industry, Entertainment Services, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.30813/fame.v1i1.1325
Madyan, M., Kholidah, H., Fitrisia, D., & Laila, N. (2015). Dampak Ekonomi Wisata Religi, Studi Kasus Kawasan Wisata Sunan Ampel Surabaya. BISMA (Bisnis Dan Manajemen), 7(2), 101–106. https://doi.org/10.26740/bisma.v7n2.p101-106
Mintayu, R. A. (2018). Dampak Pariwisata Terhadap Tingkat Kesejahteraan Mayarakat Pelaku Usaha di Kawasan Wisata Pantai Gemah Kabupaten Tulungagung. 3, 1–13.
Rahmawaty, L. (2019). Kunjungan Wisman ke Masjid Istiqlal Capai 300 Orang per Hari. In Anataranews.Com.
Rangkuty, D. M., Sajar, S., Yazid, A., & Alfadhilla, T. (2022). Analisis Peluang Usaha Berdasarkan Karakteristik Sosial Ekonomi Masyarakat Kecamatan Kutalimbaru Kabupaten Deli Serdang. Seminar Nasional Teknologi Dan Multidisiplin Ilmu (Semnastekmu), 100–108. https://doi.org/10.51903/semnastekmu.v2i1.159
Rizaldy, M., & Supriono. (2018). Analisis Tourism Distribution Channels Wisatawan Mancanegara Pada Kawasan Great Indonesia (Studi Pada Kawasan Great Batam, Provinsi Kepulauan Riau). JAB : Jurnal Administrasi Bisnis, 62(2), 104–113. https://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/2680
Rohman, A., & Fauzi, M. Q. (2017). Dampak Ekonomi Terhadap Pendapatan Pedagang Kios di Wisata Religi Makam Sunan Drajat Lamongan. Jurnal Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan, 3(2), 114–126. https://doi.org/10.20473/vol3iss20162pp114-126
Saputra, E., & Agustina, D. (2021). Peran Institusi Masjid dalam Pembangunan Ekonomi Lokal: Studi Kasus pada Masjid Jogokariyan Yogyakarta. JIEFes : Journal of Islamic Economics and Finance Studies, 2(2), 174–195. https://doi.org/10.47700/jiefes.v2i2.3687
Sari, S. A. (2020). Pengaruh Kunjungan Wisata Religi Makam Syekh Abdurrahman Siddik Terhadap Pendapatan Pedagang Muslim Sekitar Objek Wisata Desa Hidayat Kec. Sungai Indragiri Kab. Indragiri Hilir Riau. Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Saifuddin Jambi.
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Cetakan Ketiga. Bandung : Alfabeta.
Suprasetio, A., Narulita, S., & Humaidi, H. (2019). Konstruksi Baru & Pengembangan Wisata Religi di DKI Jakarta. Hayula: Indonesian Journal of Multidisciplinary Islamic Studies, 3(2), 157–172. https://doi.org/10.21009/hayula.003.2.03
Tanjung, I. S. (2019). Dampak Objek Wisata Religi Terhadap Pendapatan dan Peluang Usaha Pedagang di sekitar Masjid Raya Baiturrahman dan Makam Syiah Kuala. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.
Widagdo, R., & Rokhlinasari, S. (2017). Dampak Keberadaan Pariwisata Religi Terhadap Perkembangan Ekonomi Masyarakat Cirebon. Al-Amwal : Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syari’ah, 9(1), 97–110. https://doi.org/10.24235/amwal.v9i1.1670
Widjaja, D. I. (2024). Jurnal Khusus Akuntansi Perusahaan Dagang. Serina Abdimas, 2(2), 462–469. https://doi.org/10.24912/jsa.v2i2.29267
Wulandari, D. P. (2019). Analisis Dampak Perkembangan Pariwisata Terhadap Perubahan Kondisi Sosial Ekonomi Masyarakat Desa Kersik Tuo Kecamatan Kayu Aro Kabupaten Kerinci. Ensiklopedia of Journal, 2(1), 241–249. https://doi.org/10.33559/eoj.v1i1.19
Zainullin, S. B., Nwachukwu, C. R., & Semerelul, B. D. (2021). The Importance of Tourism Development and its Impact on the Global Economy. National Interests: Priorities and Security, 17(5), 983–1004. https://doi.org/10.24891/ni.17.5.983
Zihra, A. M. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Masjid (Studi Pada Masjid Besar Al Mahdy, Kel. Jatiranggon, Kec. Jatisampurna, Bekasi). 13(1), 19–36. https://doi.org/10.34005/spektra.v1i1.1140
DOI: https://doi.org/10.56486/kompleksitas.vol13no2.648
Article Metrics
Abstract view : 59 timesPDF - 27 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
TERINDEKS OLEH :






