ANALISIS PREFERENSI PENGGUNA TERHADAP HARGA DAN KEMUDAHAN PENGGUNAAN DALAM BERTRANSAKSI PRODUK KECANTIKAN PADA APLIKASI SHOPEE
Abstract
This research aims to understand Shopee app users' preferences regarding price and ease of use of the app in determining purchasing decisions for beauty products. The research method used is descriptive quantitative, utilizing primary data through the distribution of online questionnaires to 675 students from the Faculty of Economics and Business, class of 2022. From the total number of students, there were 125 respondents, and only 54 respondents met the sample criteria. The research results show that respondents' preferences for the Price variable yielded a "good" rating with an average score of 4.15, as the prices on the Shopee app are considered more competitive than similar apps. For the user-friendliness variable, respondents' preferences yielded a "good" rating with an average score of 4.16 due to the ease of product search, payment system options, and Shopee displaying recommended products based on user search results. This research reinforces other studies regarding the influence of price and ease of use of the Shopee application on purchasing decisions, especially for beauty products.
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan pemahaman tentang preferensi pengguna aplikasi shopee terhadap Harga dan kemudahan penggunaan aplikasi untuk menentukan keputusan pembelian produk kecantikan. Metode penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan menggunakan data primer melalui penyebaran kuesioner secara online kepada 675 mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis angkatan tahun 2022. Dari total mahasiswa tersebut terdapat 125 responden, dan hanya 54 responden yang termasuk ke dalam kriteria sampel. Hasil penelitian menunjukan bahwa preferensi responden terhadap variable Harga menghasilkan predikat "baik" dengan skor rata-rata 4.15, hal ini dikarenakan Harga pada aplikasi shopee dinilai lebih kompetitif dibanding aplikasi sejenis lainnya. Untuk variable kemudahan pengguna, preferensi responden menghasilkan predikat "baik" dengan skor rata-rata 4.16, hal ini disebabkan kemudahan dalam pencarian produk, pilihan sistem pembayaran, dan shopee menampilkan produk yang direkomendasikan berdasarkan hasil pencarian pengguna. Penelitian ini memperkuat penelitian lain terkait pengaruh harga dan kemudahan penggunaan aplikasi shopee terhadap keputusan pembelian terutama untuk produk kecantikan.
Full Text:
PDFReferences
Aulia, T., Ahluwalia, L., & Puji, K. (2023). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan Penggunaan dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian pada E-Commerce Shopee di Bandar Lampung. SMART: Strategy of Management and Accounting through Research and Technology, 2(2), 58–69. https://doi.org/10.33365/smart.v2i2.3665
Febriana, A., Nur, Y., & Mariah. (2023). Pengaruh Ulasan Produk, Kemudahan, dan Keamanan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Secara Online Pada Shopee di Kota Makassar. Malomo : Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 1(3), 281–292. https://e-jurnal.nobel.ac.id/index.php/malomo/article/view/3870
Gracia, B. A., Dipayanti, K., & Nufzatutsaniah. (2024). Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 7(3), 275 – 292. https://doi.org/10.32493/jpkpk.v7i3.41049
Gunarsih, C. M., Kalangi, J. A. F., & Tamengkel, L. F. (2021). Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Toko Pelita Jaya Buyungon Amurang. Productivity, 2(1), 69–72. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/productivity/article/view/32911
Hamzah, M. I., Fadilah, U. N., Siagian, R., & Yulistia. (2023). Pengaruh Kemudahan, Keamanan, dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Online Melalui Aplikasi Shopee. Selisik : Jurnal Hukum Dan Bisnis, 9(2), 141–158. https://journal.univpancasila.ac.id/index.php/selisik/article/view/6086
Hanum, H., & Wiwoho, G. (2023). Pengaruh Kepercayaan Konsumen, Kemudahan Penggunaan, dan Keamanan Transaksi Terhadap Keputusan Pembelian Online Studi Pada Pengguna Shopee di Kabupaten Kebumen. JIMMBA : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 5(4), 465–480. https://doi.org/10.32639/jimmba.v5i4.478
Merta, I. P. G. B., Trinanasari, N., & Bagia, I. W. (2022). Influential Factors of Online Shopping Decision. International Journal of Social Science and Business, 6(2), 246–252. https://doi.org/10.23887/ijssb.v6i2.44077
Piyoh, D. Dela. (2024). Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmiah Edunomika, 8(1), 1–6. https://doi.org/10.29040/jie.v8i1.11945
Prayuda, Y., & Anwar, S. (2023). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Online Pada Konsumen Shopee di Kota Padang. Valuasi : Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 3(2), 630–646. https://doi.org/10.46306/vls.v3i2.211
Robaniyah, L., & Kurnianingsih, H. (2021). Pengaruh Persepsi Manfaat, Kemudahan Penggunaan dan Keamanan Terhadap Minat Menggunakan Aplikasi Ovo. Image : Jurnal Riset Manajemen, 10(1), 53–62. https://doi.org/10.17509/image.v10i1.32009
Rubedo, H. (2023). Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian pada Bengkel Wahyu Motor di Tangerang Selatan. Jurnal Pajak Dan Bisnis, 4(1), 125–130. https://doi.org/10.55336/jpb.v4i1.84
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Cetakan Ketiga. Bandung : Alfabeta.
Supartono. (2022). Pengaruh Harga, Kemudahan Bertransaksi, Dan Kepercayaan Terhadap Minat Beli Online Di E-Commerce Shopee Pada Masa Pandemi Covid 19. Ikraith-Ekonomika, 5(2), 210–218. https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/IKRAITH-EKONOMIKA/article/view/1334
Syam, S. A., Haeruddin, M. I. W., Ruma, Z., Musa, M. I., & Hasbiah, S. (2022). Pengaruh Preferensi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada Marketplace. Value Added : Majalah Ekonomi Dan Bisnis, 18(2), 73–79. https://doi.org/10.26714/vameb.v18i2.10442
Zuhdi, D. A., Yasya, W., & Dwinarko. (2023). Pengaruh Kepercayaan dan Pengalaman Pembelian Online terhadap Minat Beli di E-Commerce Shopee. Interaksi : Jurnal Ilmu Komunikasi, 7(2), 261–277. https://doi.org/10.30596/ji.v7i2.14761
DOI: https://doi.org/10.56486/kompleksitas.vol13no2.643
Article Metrics
Abstract view : 30 timesPDF - 22 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
TERINDEKS OLEH :






