ANALISA PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP PENERAPAN KODE QR DALAM PROMOSI DAN PEMBAYARAN TRANSAKSI DI RUMAH MAKAN SURYA REZEKI “TAHU GIMBAL” TLOGOSARI

Ira Kurniati, Eri Mardiani, Nur Rahmansyah, Lusiana Putri, Mungky Hendriyani, Delfi Yandri

Abstract


This research analyses consumer perceptions of using QR Codes in promotional activities and digital payments implemented at Rumah Makan Surya Rezeki "Tahu Gimbal" Tlogosari-Semarang.  The research method used is descriptive quantitative with a questionnaire analysis approach given to consumers who have completed transactions at the restaurant. The result of this research is a change in how restaurants serve consumers with the introduction of QR Code technology as an alternative to provide information on the available menu items along with their prices and enable digital payments. The QR Code information provided is sufficient when printed as an image, and consumers focus their smartphone camera on scanning it until it connects to the needed information. The implementation of QR codes impacts the improvement of customer service through more straightforward, faster, and safer service. The obstacles encountered in implementing this QR code technology are unstable network access, which causes the application communication to malfunction, and many consumers still do not understand how to use the QR code.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa persepsi konsumen terhadap penggunaan Kode QR dalam kegiatan promosi dan pembayaran digital yang diterapkan di Rumah Makan Surya Rezeki “Tahu Gimbal” Tlogosari-Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan pendekatan analisa kuesioner yang diberikan kepada konsumen yang selesai bertransaksi di rumah makan. Hasil penelitian ini adalah adanya perubahan dalam cara pelayanan rumah makan kepada konsumen dengan terbentuknya teknologi Kode QR sebagai alternatif untuk memberikan informasi daftar menu yang tersedia untuk dipesan beserta harganya serta pembayaran yang dapat dilakukan secara digital. Informasi Kode QR yang diberikan cukup dengan dicetak dalam bentuk gambar, kemudian konsumen memfokuskan kamera smartphone untuk memindai kode QR hingga terkoneksi pada informasi yang dibutuhkan. Penerapan kode QR ini berdampak kepada peningkatan layanan konsumen melalui pelayanan yang lebih mudah, cepat, dan aman. Hambatan yang dirasakan dalam penerapan teknologi kode QR ini adalah ketersediaan akses jaringan yang tidak stabil menyebabkan komunikasi aplikasi tidak berjalan dengan baik dan masih banyaknya konsumen yang belum memahami cara menggunakan kode QR tersebut.


Full Text:

PDF

References


Afriani, L., Hafizah, & Purwanto, M. A. (2024). Hukum Pembayaran QRIS (Quick Response Code) Perspektif Hukum Ekonomi Syari’ah. Perspektif Agama Dan Identitas, 9(6), 81–88. https://ojs.co.id/1/index.php/pai/article/view/1403/

Amer, M. M. (2024). Integrating Fintech within Social Media Platforms to empower Entrepreneurship. Emirati Journal of Digital Arts and Media, 2(1), 40–51. https://doi.org/10.54878/qj4s4156

Damayanti, U. R., Nirmala, A. R., Nurani, R., & Kuswara, C. N. (2023). Literasi Sistem Pembayaran Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) pada Siswa Sekolah Menengah Atas di Pekanbaru. BATIK : Jurnal Pengembangan Dan Pengabdian Masyarakat Multikultural, 1(1), 17–21. https://doi.org/10.57152/batik.v1i1.703

Dharmalau, A., Putra, D. F. D., Hiswara, I., Nurlaela, L., Ningtyas, S., & Usanto, U. (2022). Pemanfaatan Teknologi Informasi Untuk Ketahanan Ekonomi Dengan Umkm Online di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Abdi Masyarakat (JAM), 7(2), 162–173.

Fajarianto, O., Lestari, A. D., & Erawati, D. (2021). Pemanfaatan QR Code Sebagai Media Promosi dan Informasi Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon. Jurnal Signal, 9(1), 101–108.

Fiona, F., & Rahmayanti, D. (2022). Analisis Dampak Pandemi Covid-19 Bagi UMKM dan Implementasi Strategi Digital Marketing Pada UMKM Indonesia. Managament Insight: Jurnal Ilmiah Manajemen, 17(2), 298–322.

Handayani, N. L. P. (2023). Optimalisasi Sistem Pembayaran Quick Respone Code Indonesian Standard (QRIS) Dalam Mewujudkan Inklusi Keuangan. Jurnal Nuansa : Publikasi Ilmu Manajemen Dan Ekonomi Syariah, 1(3), 363–370. https://doi.org/10.61132/nuansa.v1i3.752

Harahap, G. R., Nurbaiti, N., & Tambunan, K. (2023). Analisis Efektivitas Implementasi Sistem Pembayaran Digital QRIS Dalam Meningkatkan Penjualan Usaha Dagang Plastik Intan Baru Sibuhuan. JPEK : Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Kewirausahaan, 7(1), 70–82. https://doi.org/10.29408/jpek.v7i1.14833

Madjid, Z. (2022). Survei InsightAsia: 71% Warga Pakai Dompet Digital, GoPay Paling Laris. Katadata.Co.Id. https://katadata.co.id/finansial/keuangan/6384a25362e03/survei-insightasia-71-warga-pakai-dompet-digital-gopay-paling-laris

Purwanto, H., Yandri, D., & Yoga, M. P. (2022). Perkembangan Dan Dampak Financial Technology (Fintech) Terhadap Perilaku Manajemen Keuangan Di Masyarakat. Kompleksitas: Jurnal Ilmiah Manajemen, Organisasi Dan Bisnis, 11(1), 80–91. https://doi.org/10.56486/kompleksitas.vol11no1.220

Senyo, P., & Osabutey, E. L. C. (2020). Unearthing antecedents to financial inclusion through FinTech innovations. Technovation, 98, 102155. https://doi.org/10.1016/j.technovation.2020.102155




DOI: https://doi.org/10.56486/kompleksitas.vol13no2.641

Article Metrics

Abstract view : 70 times
PDF - 30 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

TERINDEKS OLEH :

Â