PERANCANGAN PENGUKURAN KINERJA LAYANAN TI DENGAN MENGGUNAKAN IT BALANCED SCORECARD (STUDI KASUS DI PT. BANK XYZ, Tbk)

Erman Sutandar

Abstract


Berdasarkan perumusan masalah, maka tujuan dari penelitian ini adalah
(1)Mengidentifikasi dan menjabarkan visi, misi dan strategi TI ke dalam sasaran strategik
pada keempat perspektif IT Balanced Scorecard (2)Menganalisa dan menjabarkan Key
Performance Indicator (KPIs), target dan inisiatif strategik ke dalam empat perspektif IT
Balanced Scorecard (3)Mengukur kinerja SKTI dengan menggunakan metode IT
Balanced Scorecard (4)Merumuskan implikasi manajerial bagi perusahaan.
proses analisis dalam menjabarkan Key Performance Indicators (KPIs) serta perancangan
pengukuran kinerja layanan TI dengan menggunakan empat perspektif IT Balanced
Scorecard, yaitu : perspektif Corporate Contribution, perspektif User Orientation,
perspektif Operation Excelence), dan perspektif Future Orientation
Analisis kualitatif dengan menggunakan metode pendekatan IT Balanced Scorecard
berupa penjabaran visi, misi dan strategi perusahaan, penetapan Sasaran Strategik,
penjabaran Key Performance Indicators (KPIs), inisiatif strategi, serta penyusunan dan
evaluasi peta strategi yang menekankan pada keseimbangan faktor keuangan dan non
keuangan, serta penyelarasan (alignment) antara perencanaan strategik bisnis dengan
perencanaan strategik teknologi informasi (TI). Analisis kuantitatif dilakukan pada
penghitungan pembobotan empat perspektif IT Balanced Scorecard dan Key Performance
Indicators (KPIs), serta pengukuran indeks kinerja KPI dan perusahaan

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.56486/kompleksitas.vol6no02.6

Article Metrics

Abstract view : 230 times
PDF - 250 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




TERINDEKS OLEH :

Â