PENGARUH LITERASI KEUANGAN, PENGETAHUAN INVESTASI, DAN MOTIVASI TERHADAP MINAT INVESTASI GENERASI Z DI JABODETABEK
Abstract
Gen Z and Millennials have dominated the Indonesian investment market in recent years. Generation Z are those aged 11-26 years in 2023. This generation is not only the age group that has the largest proportion of the population in Indonesia, but is also the most productive age group, which makes it possible to accelerate economic growth. Financial literacy, investment knowledge, and motivation are some of the factors that influence a person's investment interest. The aim of this research is to analyze the factors that influence Gen Z's investment interest in the Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang and Bekasi metropolitan areas. This research uses the Partial Least Square - Structural Equation Modeling (PLS - SEM) method and data processing with Smart Partial Least Square (Smart-PLS) statistical software. The primary data used in this research were 100 respondents. The research results show that Generation Z's motivation has a positive and significant effect on their investment interest; However, financial literacy and investment knowledge have no effect on investment interest.
Genenerasi Z dan millennial mendominasi pasar investasi Indonesia dalam beberapa tahun terakhir. Generasi Z adalah mereka yang pada tahun 2023 berusia antara 11 hingga 26 tahun. Generasi ini tidak hanya merupakan kelompok usia yang memiliki proporsi populasi terbesar di Indonesia, tetapi juga merupakan kelompok usia yang paling produktif, yang memungkinkan untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi. Literasi keuangan, pengetahuan investasi, dan motivasi adalah beberapa faktor yang memengaruhi minat investasi seseorang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat investasi Genenerasi Z di wilayah metropolitan yaitu Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Penelitian ini menggunakan metode Partial Least Square - Struktural Equation Modeling (PLS - SEM) dan pengolahan data dengan software statistik Smart Partial Least Square (Smart-PLS). Data primer yang digunakan dalam penelitian ini adalah 100 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi Generasi Z berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat investasi mereka. Namun, literasi keuangan dan pengetahuan investasi tidak berpengaruh terhadap minat investasi.
Full Text:
PDFReferences
Ardani, A. K., & Sulindawati, N. L. G. E. (2021). Pengaruh Perkembangan Aplikasi Investasi, Risiko Investasi dan Pengetahuan Investasi terhadap Minat Investasi Pasar Modal pada Generasi Milenial dan Generasi Z Provinsi Bali di Era Pandemi. Vokasi : Jurnal Riset Akuntansi, 10(1), 19–26. https://doi.org/10.23887/vjra.v10i01.56143
Bareksa. (2023). Jumlah Investor Pasar Modal Tembus 11 Juta pada Mei 2023, Reksadana dan SBN Melesat. Bareksa.Com. https://www.bareksa.com/berita/pasar-modal/2023-06-13/jumlah-investor-pasar-modal-tembus-11-juta-pada-mei-2023-reksadana-dan-sbn-melesat
Citra, E., & Pambudi, R. (2022). Pengaruh Literasi, Motivasi, dan Expected Return Terhadap Minat Berinvestasi Generasi Z di Pasar Modal Pada Mahasiswa Unika Atma Jaya Jakarta. Prosiding Working Papers Series In Management, 14(1), 257–276. https://doi.org/10.25170/wpm.v14i1.3683
Febrianti, N., & Takarini, N. (2023). The Effect of Financial Literacy, Investment Knowledge, and Minimum Capital on Student Interest in Investing in the Capital Market. Journal of Economics, Finance and Management Studies, 6(8), 4052–4058. https://doi.org/10.47191/jefms/v6-i8-58
Febrina, S., & Friyatmi. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan dan Motivasi Terhadap Minat Berinvestasi Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang. JBM : Jurnal Bina Manajemen, 11(2), 249–263. https://doi.org/10.52859/jbm.v11i2.364
Gunawan, W., Kristiastuti, F., & Sari, U. K. (2021). Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Minat Investasi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Nurtanio Bandung. JBME : Jurnal Bisnis, Manajemen Dan Ekonomi, 19(2), 494–512. https://doi.org/10.33197/jbme.vol19.iss2.2021.823
Hikmah, & Rustam, T. A. (2020). Pengetahuan Investasi, Motivasi Investasi, Literasi Keuangan dan Persepsi Resiko Pengaruhnya Terhadap Minat Investasi Pada Pasar Modal. SULTANIST: Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 8(2), 131–140. https://doi.org/10.37403/sultanist.v8i2.210
Jayani, D. H. (2021). Proporsi Populasi Generasi Z dan Milenial Terbesar di Indonesia. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/05/24/proporsi-populasi-generasi-z-dan-milenial-terbesar-di-indonesia
Khairunnisa’, T., & Ni’am, Z. B. (2023). Pengaruh Pengetahuan, Risiko, Promosi Terhadap Minat Berinvestasi Reksa Dana Bagi Generasi Z. JAE : Jurnal Akuntansi & Ekonomi, 8(1), 79–91. https://doi.org/10.29407/jae.v8i1.19626
Latan, H., & Ghozali, I. (2015). Partial Least Squares: Konsep, Teknik dan Aplikasi SmartPLS 3.0 untuk Penelitian Empiris. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Mauluddin, A. (2019). Urban Millennial: Analisis Kebijakan Tata Ruang Kota Untuk ‘Gen-Y’ di Indonesia. JCIC : Jurnal Lembaga Riset Dan Konsultan Sosial, 1(1), 15–26. https://doi.org/10.51486/jbo.v1i1.2
Nugroho, A. C. (2021). Dear Investor, Ini Pesan OJK Soal Pentingnya Pengetahuan dalam Berinvestasi. Bisnis.Com. https://market.bisnis.com/read/20210128/7/1349221/dear-investor-ini-pesan-ojk-soal-pentingnya-pengetahuan-dalam-berinvestasi
Pratama, A., Srimindarti, C., & Hendrian. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan dan Perilaku Menabung Terhadap Kesiapan Pensiun Pada Pekerja di Kota Timika. Jurnal Akuntansi Dewantara (JAD), 7(2), 157–166. https://doi.org/10.30738/ad.v7i2
Purwanti, T. (2022). Ini Saham Sektoral yang Jadi Favorit Investasi Anak Muda. CNBC Indonesia. https://www.cnbcindonesia.com/market/20220414133554-17-331731/ini-saham-sektoral-yang-jadi-favorit-investasi-anak-muda
Setiawan, A. E., Musyifah, R., & Noviarita, H. (2021). The Effect of Financial Literacy, Risk Preference and Religiosity on Generation Z’s Investment Interest in the Islamic Capital Market. Journal of Islamic Business and Economic Review (JIBER), 4(2), 57–65.
Silva, D. M. E. Da, & Yuniningsih, Y. (2022). Pengaruh literasi keuangan, motivasi investasi dan modal minimal terhadap minat investasi saham mahasiswa UNIPA Maumere. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 5(2), 798–807. https://doi.org/10.32670/fairvalue.v5i2.2062
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Cetakan Ketiga. Bandung : Alfabeta.
Viana, E. D., Febrianti, F., & Dewi, F. R. (2021). Literasi Keuangan, Inklusi Keuangan dan Minat Investasi Generasi Z di Jabodetabek. Jurnal Manajemen Dan Organisasi (JMO), 12(3), 252–264. https://doi.org/10.29244/jmo.v12i3.34207
DOI: https://doi.org/10.56486/kompleksitas.vol13no1.527
Article Metrics
Abstract view : 604 timesPDF - 717 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
TERINDEKS OLEH :






