PENGARUH PENGETAHUAN INVESTASI, MOTIVASI INVESTASI DAN PENDAPATAN TERHADAP MINAT INVESTASI DI CRYPTOCURRENCY PADA MAHASISWA UNIVERSITAS TRILOGI
Abstract
This research is based on the advancement of digital currency technology in Indonesia. This study aims to determine the effect of investment knowledge, investment motivation, and income on cryptocurrency investment interest. This research is a quantitative descriptive study involving 97 respondents from Trilogy University, Faculty of Economics and Business, who were taken by the purposive sampling method. Then the research data was tested using several analyses, namely descriptive statistical tests, outer model tests, inner model tests, and hypothesis testing. The results showed that the investment knowledge variable had a positive and significant effect on interest in investing in cryptocurrency. On the other hand, the investment motivation variable had no significant effect on interest in cryptocurrency investment, while the income variable had a positive and significant effect on interest in cryptocurrency investment.
Penelitian ini didasari adanya kemajuan teknologi mata uang digital di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan investasi, motivasi investasi dan pendapatan terhadap minat investasi mata uang kripto. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan melibatkan 97 responden Mahasiswa Universitas Trilogi Fakultas Ekonomi dan Bisnis yang diambil dengan metode purposive sampling. Kemudian data penelitian diuji dengan menggunakan beberapa analisis yaitu uji statistik deskriptif, uji outer model, uji inner model dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel pengetahuan investasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berinvestasi mata uang kripto, sebaliknya variabel motivasi investasi tidak berpengaruh signifikan terhadap minat investasi mata uang kripto, sedangkan untuk variabel pendapatan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat investasi mata uang kripto.
Full Text:
PDFReferences
Aminy, M. H., & Andiana, B. D. L. (2019). Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Investasi Mahasiswa Febi UIN Mataram Pada Galeri Investasi Syariah UIN Mataram. Jurnal Kompetitif: Media Informasi Ekonomi Pembangunan, Manajemen Dan Akuntansi, 5(2).
Anastasya Fauzianti, & Retnosari. (2022). Pengaruh Modal Awal Investasi, Pengetahuan Investasi, Sosial Media Influencer Terhadap Minat Investasi Mahasiswa Akuntansi Universitas Tidar. Jurnal Sinar Manajemen, 9(1), 26–35. https://doi.org/10.56338/jsm.v9i1.2323
Atmaja, D. W., & Widoatmodjo, S. (2021). Pengaruh Motivasi, Persepsi Risiko Dan Pengetahuan Investasi Terhadap Minat Berinvestasi Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 3(3), 641–648. https://doi.org/10.24912/jmk.v3i3.13136
Darmawan, A., Kurnia, K., & Rejeki, S. (2019). Pengetahuan Investasi, Motivasi Investasi, Literasi Keuangan Dan Lingkungan Keluarga Pengaruhnya Terhadap Minat Investasi Di Pasar Modal. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 8(2), 44–56. https://doi.org/10.32639/jiak.v8i2.297
Hair, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2022). A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). California : Sage Publication Inc.
Hidayat, F., & Kayati, K. (2020). Pengaruh Sosialisasi, Pengetahuan, Pendapatan dan Umur Terhadap Minat Berinvestasi di Pasar Modal. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(2), 136–141. https://doi.org/10.29040/jiei.v6i2.942
Latan, H., & Ghozali, I. (2015). Partial Least Squares: Konsep, Teknik dan Aplikasi SmartPLS 3.0 untuk Penelitian Empiris. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Liestyowati, L., Sudarmanto, E., Ramadhani, H., Rijal, S., & Nurdiani, T. W. (2023). Tren Investasi Aset Digital: Studi tentang Perilaku Investor Muda terhadap Cryptocurrency di Tengah Perubahan Pasar Keuangan di Kota Bandung. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan West Science, 2(3), 142–149. https://doi.org/10.58812/jakws.v2i03.639
Low, G., & Tan, T. (2020). Cryptocurrency – Is It Property? Journal of Investment Compliance, 21(2/3), 175–179. https://doi.org/10.1108/JOIC-09-2020-0027
Maghfiroh, S. (2018). Pengaruh Religiusitas, Pendapatan, Dan Lingkungan Sosial Terhadap Minat Menabung Di Bank Syariah Pada Santri Pesantren Mahasiswi Darush Shalihat. Jurnal Pendidikan Dan Ekonomi, 7(3), 213–222.
Majumder, A., Routh, M., & Singha, D. (2019). A Conceptual Study on the Emergence of Cryptocurrency Economy and Its Nexus with Terrorism Financing. The Impact of Global Terrorism on Economic and Political Development, 125–138. https://doi.org/10.1108/978-1-78769-919-920191012
Malik, A., Rahman, A., & Kusdyah, I. (2023). Pengaruh Pengetahuan Investasi, Subjective Norm Dan Perceived Risk Terhadap Niat Investasi Lagi Mata Uang Pada Forum Investor Kripto Axuscoin. JUBIS : Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 4(1), 1–13. https://doi.org/10.32815/jubis.v4i1.1797
Sari, A. R., & Gandhi, G. (2023). Wamendag: Lebih dari Separuh Pelanggan Aset Kripto di Indonesia Berusia 18-35 Tahun. Bisnis.Tempo.Co. https://bisnis.tempo.co/read/1712517/wamendag-lebih-dari-separuh-pelanggan-aset-kripto-di-indonesia-berusia-18-35-tahun
DOI: https://doi.org/10.56486/kompleksitas.vol13no1.526
Article Metrics
Abstract view : 347 timesPDF - 280 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
TERINDEKS OLEH :






