ANALISIS KUALITAS JASA DAN TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN "USAHA JASA LAUNDRY SUPER KINCLONK DI DEPOK
Abstract
Era globalisasi dewasa ini menyebabkan keterbukaan pasar yang mengakibatkan
persaingan produk dan jasa baik regional maupun global semakin ketat. Semakin
terbukanya akses informasi, secara tidak langsung mendidik konsumen untuk cerdas
memilih produk yang mereka konsumsi. Ditambah lagi dengan bertambahnya
karakteristik konsumen yang makin canggih dalam penilaian produk dan peka harga.
Untuk mendapatkan keunggulan bersaing dari perusahaan lainnya, adalah dengan
mencapai tingkat kualitas secara keseluruhan. Kualitas pelayanan menjadi suatu
keharusan yang harus dilakukan perusahaan supaya mampu bertahan dan tetap mendapat
kepercayaan pelanggan. Pencapaian kualitas bertumpu pada pemenuhan kebutuhan dan
keinginan pelanggan, dan mengimbangi harapan pelanggan. Pencapaian kualitas secara
maksimal dapat dilakukan dengan mengelola seluruh sumberdaya yang dimiliki
perusahaan dengan efektif dan efisien..
Perusahaan harus memahami seberapa baik tingkat kepuasan pelanggannya sehingga
perusahaan bisa mengoreksi kesalahan, menjaga dan meningkatkan kualitas produk dan
layanan secara optimal dan berkelanjutan. Hal ini akhirnya akan berpengaruh terhadap
kemampuan bersaing perusahaan dan kepuasan konsumen yang semakin meningkat.
persaingan produk dan jasa baik regional maupun global semakin ketat. Semakin
terbukanya akses informasi, secara tidak langsung mendidik konsumen untuk cerdas
memilih produk yang mereka konsumsi. Ditambah lagi dengan bertambahnya
karakteristik konsumen yang makin canggih dalam penilaian produk dan peka harga.
Untuk mendapatkan keunggulan bersaing dari perusahaan lainnya, adalah dengan
mencapai tingkat kualitas secara keseluruhan. Kualitas pelayanan menjadi suatu
keharusan yang harus dilakukan perusahaan supaya mampu bertahan dan tetap mendapat
kepercayaan pelanggan. Pencapaian kualitas bertumpu pada pemenuhan kebutuhan dan
keinginan pelanggan, dan mengimbangi harapan pelanggan. Pencapaian kualitas secara
maksimal dapat dilakukan dengan mengelola seluruh sumberdaya yang dimiliki
perusahaan dengan efektif dan efisien..
Perusahaan harus memahami seberapa baik tingkat kepuasan pelanggannya sehingga
perusahaan bisa mengoreksi kesalahan, menjaga dan meningkatkan kualitas produk dan
layanan secara optimal dan berkelanjutan. Hal ini akhirnya akan berpengaruh terhadap
kemampuan bersaing perusahaan dan kepuasan konsumen yang semakin meningkat.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.56486/kompleksitas.vol6no02.5
Article Metrics
Abstract view : 208 timesPDF - 489 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
TERINDEKS OLEH :






