PERAN MANAJEMEN COLLECTION DALAM BENTUK UPAYA PENAGIHAN KREDIT PADA BANK BNI (PERSERO) TBK KCU BSD

Tatyana Tatyana, Haryanto Haryanto, Valiant Zhafran Rustandiputra

Abstract


The purpose of this study is to discusses the role of Collection Management in the Form of Credit Collection Efforts at Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Bumi Serpong Damai Branch. This study is to gain knowledge in the application of collection management to credit collection and its role. This research uses qualitative descriptive methods, field research methods are carried out by exploring data sourced from locations and library research. The results of this study provide information about the importance of collection management to overcome the problem of bad debt. By managing bills, it is expected that consumer payments are due according to the due date so as to minimize company losses. Collection can also make a good relationship with debtors by following up either by phone, letter, or visit so that installments can be paid so that they are not in arrears or due. In collection management , the bank makes daily reports on evidence of uncollectible deposits to be monitored so that they can achieve the targets that have been set.

Penelitian ini membahas peran manajemen Collection dalam upaya penagihan kredit di Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Cabang Bumi Serpong Damai. Tujuan penelitian ini adalah memperoleh pengetahuan dalam penerapan manajemen collection (penagihan) terhadap penagihan kredit serta peranannya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, metode penelitian lapangan (field research) dilakukan dengan menggali data yang bersumber dari lokasi serta penelitian kepustakaan (library research). Hasil penelitian ini memberikan informasi mengenai pentingnya manajemen collection untuk mengatasi masalah kredit macet. Dengan melakukan pengelolaan tagihan diharapkan pembayaran konsumen sesuai tanggal jatuh tempo sehingga meminimalkan kerugian perusahaan. Collection juga dapat membuat hubungan baik dengan debitur dengan melakukan follow up baik melalui telepon, surat, maupun kunjungan agar angsuran dapat dibayarkan sehingga tidak tertunggak atau jatuh tempo. Di dalam manajemen collection pihak bank membuat laporan harian atas bukti setoran yang tidak tertagih untuk dapat dilakukan monitoring sehingga dapat mencapai target yang sudah ditetapkan.


Full Text:

PDF

References


Bank BNI. (2023). Laporan Tahunan Bank BNI 2018-2022. https://www.bni.co.id/id-id/perseroan/hubungan-investor/laporan-presentasi

Hermansyah. (2017). Hukum Perbankan Nasional Indonesia, Edisi 3. Jakarta : Prenada Media.

Hery. (2021). Dasar-Dasar Perbankan. Jakarta : Grasindo.

Kasmir. (2013). Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Martani, D., Veronica, S., Wardhani, R., Farahmita, A., & Tanujaya, E. (2012). Akuntansi Keuangan Menengah Berbasis PSAK. Jakarta : Salemba Empat.

Mulyadi. (2016). Sistem Informasi Akuntansi. Jakarta : Salemba Empat.

Sitanggang, D. D. K. P. (2022). Mengenal Know Your Customer (KYC): Tujuan, Manfaat, dan Contoh. Detik Finance. https://finance.detik.com/solusiukm/d-6356580/mengenal-know-your-customer-kyc-tujuan-manfaat-dan-contoh




DOI: https://doi.org/10.56486/kompleksitas.vol12no1.314

Article Metrics

Abstract view : 385 times
PDF - 665 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

TERINDEKS OLEH :

Â