DAMPAK PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA TERHADAP DOSEN DAN MAHASISWA PADA PERGURUAN TINGGI
Abstract
An Independent curriculum is the first step in preparing students for the challenges of working life. The Independent curriculum policy aims to encourage students to gain expertise in various subjects according to their expertise. This allows students to be globally competitive. An independent curriculum is a policy that offers students the opportunity to choose courses according to their interests and abilities. The implementation of an independent curriculum can trigger a more autonomous and flexible lecture process in tertiary institutions. The implementation based on a centralized and decentralized curriculum aims to optimally encourage the progress of the higher education system which is marked by the creation of quality human resources. This study used a qualitative research method with a literature review approach. The results of the study show that the implementation of the independent curriculum has an impact on lecturers and students. Lecturers are responsible for modernizing traditional learning through innovative technology-based learning methods. This aims to help students understand that education and technology must be able to create synergies with technology and flexible learning. The independent curriculum aims to transform students into lifelong learners and meet the needs of the times..
Kurikulum merdeka adalah langkah pertama dalam mempersiapkan mahasiswa menghadapi tantangan kehidupan kerja. Tujuan dari kebijakan kurikulum merdeka adalah untuk mendorong mahasiswa memperoleh keahlian dalam berbagai mata pelajaran sesuai dengan keahliannya. Hal ini memungkinkan para mahasiswa untuk menjadi kompetitif secara global. Kurikulum merdeka adalah kebijakan yang menawarkan kesempatan kepada mahasiswa untuk memilih mata kuliah sesuai dengan minat dan kemampuannya. Penerapan kurikulum merdeka dapat memicu proses perkuliahan yang lebih otonom dan fleksibel di perguruan tinggi. Penyelenggaraan kurikulum mandiri berbasis kurikulum sentralisasi dan desentralisasi bertujuan untuk dapat secara optimal mendorong kemajuan sistem pendidikan tinggi yang ditandai dengan terciptanya sumber daya manusia yang berkualitas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan literature review. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan kurikulum merdeka memiliki dampak bagi dosen dan mahasiswa. Dosen bertanggung jawab untuk memodernisasi pembelajaran tradisional melalui metode pembelajaran inovatif berbasis teknologi. Hal ini bertujuan untuk membantu siswa memahami bahwa pendidikan dan teknologi harus mampu menciptakan sinergi dengan teknologi dan pembelajaran yang fleksibel. Kurikulum merdeka bertujuan untuk mentransformasi peserta didik menjadi pembelajar sepanjang hayat dan memenuhi kebutuhan zaman
Full Text:
PDFReferences
Abdussamad, H. Z., & SIK, M. S. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. CV. Syakir Media Press.
Arifin, S., & Muslim, M. O. H. (2020). Tantangan Implementasi Kebijakan “Merdeka Belajar, Kampus Merdeka†pada Perguruan Tinggi Islam Swasta di Indonesia. Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, 3(1).
Astuti, M., & Ismail, H. F. (2021). Studi Inovasi Dan Globalisasi Pendidikan Suatu Pendekatan Teoritis dan Riset Dilengkapi Contoh Hasil R & D Bahan Ajar. Deepublish.
Awwaliyah, R. (2019). Pendekatan pengelolaan kurikulum dalam menciptakan sekolah unggul. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 24(1), 35–52.
Baharuddin, M. R. (2021). Adaptasi kurikulum merdeka belajar kampus merdeka (Fokus: model MBKM program studi). Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(1), 195–205.
Fauziah, S. P., Yoesdiarti, A., Yekstyastuti, R., & Mubarokah, S. L. (2022). Analisis Perspektif dan Sikap Dosen, Mahasiswa, dan Tendik Tingkat Universitas di Universitas Djuanda Bogor. Jurnal Penjaminan Mutu, 8(02), 228–235.
Fuadi, T. M. (2022). Konsep Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM): Aplikasinya dalam Pendidikan Biologi. Prosiding Seminar Nasional Biotik, 9(2), 38–55.
Gunawan, G., & Nurjaman, U. (2022). Pendidikan Berbasis Agama, Filsafat, Psikologi dan Sosiologi. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 16(1), 193–207.
Julaeha, S. (2019). Problematika kurikulum dan pembelajaran pendidikan karakter. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 157.
Kande, F. A. (2022). Rebalancing Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka. TRI PANJI, Liberal Arts Journal, 1(1), 1–14.
Kurniasih, D., Karniawati, N., Adibowo, R., Sukaesih, P., & Fidowaty, T. (2022). Survey Dampak Pelaksanaan MBKM di Prodi Ilmu Pemerintahan FISIP Unikom Tahun 2021. Ganaya: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 5(2), 171–184.
Lesmana, D. (2018). Kandungan nilai dalam tujuan pendidikan nasional (Core ethical values). Kordinat: Jurnal Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Agama Islam, 17(1), 126–211.
Mariati, M. (2021). Tantangan pengembangan kurikulum merdeka belajar kampus merdeka di perguruan tinggi. Seminar Nasional Teknologi Edukasi Sosial Dan Humaniora, 1(1), 749–761.
Marisa, K., Pamuncak, A. W., Prakoso, A. L., & Nurhayati, N. (2021). Implementasi Studi Independen dalam Kegiatan Pemberian Bantuan Hukum bagi Masyarakat Tidak Mampu di BKBH FH UMS.
Ningrum, L. I. W., Lubis, E., & Lisdayanti, S. (2022). Peran Mahasiswa Kampus Mengajar Dalam Meningkatkan Kopetensi Smpn 06 Bengkulu Selatan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (Jimakukerta), 2(2), 359–371.
Oksari, A. A., Susanty, D., Wardhani, G. A. P. K., & Nurhayati, L. (2022). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) Program Studi Biologi Universitas Nusa Bangsa. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 5(1), 78–85.
Purwaningwulan, M. M., & Agustin Wulandari, T. (2022). Implikasi Kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) dalam Meningkatkan Potensi dan Pengembangan Diri Mahasiswa.
Putra, I., Dwijayanti, N. S., Nasori, A., & Sari, N. (2022). Pengukuran, Perancangan, Keefektifan, Design Kurikulum MBKM PS DI UNJA. Journal on Teacher Education, 4(2), 79–89.
Rahman, Y. A. (2021). Manajemen Komunikasi Kepemimpinan Perguruan Tinggi Pesantren Era Belajar Merdeka. Dosen Merdeka, 179.
Rizky, U. F., Alparozi, S., Taufan, R., Ramatillah, D. L., Rofii, A., Khoirunnisa, K., Kusuma, D., & Wijonarko, P. (2021). Pengaruh Sosialisasi Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Terhadap Keberhasilan Pelaksanaan MBKM Di Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta. Promedia (Public Relation Dan Media Komunikasi), 7(2).
Rodiyah, R. (2021). Implementasi program merdeka belajar kampus merdeka di era digital dalam menciptakan karakter mahasiswa hukum yang berkarakter dan profesional. Seminar Nasional Hukum Universitas Negeri Semarang, 7(2), 425–434.
Rohman, A., & Ningsih, Y. E. (2018). Pendidikan multikultural: penguatan identitas nasional di era revolusi industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Multidisiplin, 1, 44–50.
Sauri, R. S., Hidayat, A. N., & Rostini, D. (2019). Sistem Penjaminan Mutu Internal Dalam Peningkatan Mutu Hasil Pendidikan Di Universitas Islam Nusantara Bandung. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 5(02), 131–144.
Simatupang, E., & Yuhertiana, I. (2021). Merdeka belajar kampus merdeka terhadap perubahan paradigma pembelajaran pada pendidikan tinggi: Sebuah tinjauan literatur. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Ekonomi, 2(2), 30–38.
Siregar, N., Sahirah, R., & Harahap, A. A. (2020). Konsep kampus merdeka belajar di era revolusi industri 4.0. Fitrah: Journal of Islamic Education, 1(1), 141–157.
Suardita, I. K. (2022). Strategi Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka Di Fakultas Teknik Universitas Udayana. Jurnal Widya Publika, 10(1), 27–40.
Sukinem, S., Muslimah, M., & Sholihah, T. (2022). Urgensi Karakteristik Inovasi Pendidikan Tinggi Islam. Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 9(3), 859–873.
Sukino, S., Virasari, C. D., Kartika, T. R., Sugiarto, Y., Dewobroto, W., Haji, W. H., Suryanto, E., Abdurrakhman, A., Soecipto, S., & Rokhman, M. F. (2021). Panduan program kewirausahaan mahasiswa Indonesia 2021.
Susetyo, S. (2020). Permasalahan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universitas Bengkulu. Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 1(1), 29–43.
Triwiyanto, T. (2022). Manajemen kurikulum dan pembelajaran. Bumi Aksara.
Yuniarti, R., & Sriwahyuni, M. (2022). Peran Mahasiswa Dalam Mensukseskan Program Kampus Mengajar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (Jimakukerta), 2(2), 434–441
DOI: https://doi.org/10.56486/kompleksitas.vol11no2.263
Article Metrics
Abstract view : 2765 timesPDF - 1324 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
TERINDEKS OLEH :






