ANALISIS STRATEGI BISNIS USAHA KULINER CATERING (STUDI KASUS PADA SHINTA CATERING DEPOK)

Choerul Hidayatulloh, Helena Louise Panggabean, Evi Noviaty

Abstract


The more advanced the times and changes in the pattern of human life, the human needs also change especially primary needs, one of which is food and drink. One of the businesses providing fast food is the catering business. Shinta Catering is a catering business that is classified as superior and has good potential to continue to grow rapidly. But on the other hand, Shinta Catering experienced a decline in sales. Therefore, the purpose of this study is to analyze the problems of the culinary business strategy applied by Shinta Catering. The analysis used is descriptive analysis to get an overview of the company's environment related to the Opportunities, Threats, Strengths, and Weaknesses of Shinta Catering and formulating strategies using the SWOT matrix. Quantitative descriptive analysis using EFE, IFE, and IF. And the data that has been collected is then analyzed using a descriptive approach, namely the approach used to analyze the questionnaire data by describing the questionnaire data that has been collected as it is. The results of the research from a SWOT analysis combine two factors in a company. The results of the SWOT analysis on the Shinta Catering Depok business from both IFAS and EFAS matrices show that the SO strategy has the highest value among the ST, WO, WT, and SW strategies and it can be seen that the position of the Catering business in Depok is in quadrant 1 by implementing an aggressive strategy. from a marketing point of view. This position is a very favorable situation for Shinta Catering, where the business has opportunities and strengths so that it can take advantage of opportunities in the catering business.

Semakin maju perkembangan jaman dan perubahan pola hidup manusia menyebabkan kebutuhan manusia juga berubah, terutama dalam kebutuhan primer yang salah satunya adalah makanan dan minuman.Semakin meningkatnya kebutuhan pangan tersebut, tentunya akan mendatangkan peluang-peluang bisnis yang dapat dilakukan oleh masyarakat. Salah satu usaha penyediaan makanan cepat saji adalah usaha catering. Shinta Catering merupakan salah satu usaha catering yang tergolong unggul dan memiliki potensi yang cukup baik untuk terus berkembang pesat. Namun disisi lain, Shinta Catering mengalami penurunan jumlah penjualan. Oleh sebab itu tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis permasalahan strategi bisnis usaha kuliner yang diterapkan oleh Shinta Catering.
Analisis yang digunakan adalah analisis deskiptif untuk mendapatkan gambaran mengenai lingkungan perusahaan terkait dengan Peluang, Ancaman, Kekuatan dan Kelemahan yang dimiliki oleh Shinta Catering serta perumusan strategi dengan mengunakan matriks SWOT. Analisis deskipsif kuantatif menggunakan matriks EFE, IFE, dan IF. Dan data yang sudah terkumpul, selanjutnya dianalisis dengan menggunakan pendekatan deskriptif yaitu pendekatan yang digunakan untuk menganalisis data kuesioner dengan cara mendeskripsikan data kuesioner yang telah terkumpul sebagaimana adanya. Hasil penelitian dari analisis SWOT yang menggabungkan dua faktor dalam suatu perusahaan. Hasil dari analisis SWOT pada usaha Shinta Catering Depok dari kedua matrik IFAS dan EFAS menunjukkan bahwa strategi SO memiliki nilai yang paling tinggi diantara strategi ST, WO, WT dan SW serta dapat diketahui bahwa posisi usaha Catering di Depok berada pada kuadran 1 dengan menerapkan strategi agresif dari segi pemasaran. Pada posisi ini merupakan situasi yang sangat menguntungkan bagi Shinta Catering yang dimana usaha tersebut memiliki peluang (opportunities) dan kekuatan (Strength) sehingga dapat memanfaatkan peluang (opportunities) pada usaha Katering.


Full Text:

PDF

References


David, F. R. (2011). Strategic Management: Concepts and Cases 13th Ed. New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Dewi Jayanti Mandasari, J. W. (2019). Strategi Pemasaran Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Batik Magenda Tamanan Kabupaten Bondowoso. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial Vol.13 No.1, 123-128.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2011). Marketing an Introduction 10th Ed. New Jersrey: Pearson Education.

Mahardika, W. B., & Sunariani, N. N. (2019). Strategi Pemasaran Produk Makanan Catering Melalui Media Sosial Instagram. Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol.16 No.1, 13-27.

Ropiah, S., Susanto, T., & Ramdhani, M. (2018). Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran De Box Cafe dalam Menarik Minat Konsumen. Politikom Indonesiana Vol.3 No.2, 231-239.

Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kuantitatif : Quantitative Research Approach. Yogyakarta: Deepublish.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wibowo, D. H., & Arifin, Z. (2015). Analisa Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM (Studi Pada Batik Diajeng Solo). Jurnal Administrasi Bisnis Vol.29 No.1, 59-66.




DOI: https://doi.org/10.56486/kompleksitas.vol10no01.229

Article Metrics

Abstract view : 2711 times
PDF - 928 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




TERINDEKS OLEH :