STRATEGI PROMOSI UNTUK MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH PADA PT. BANK TABUNGAN NEGARA

Erman Sutandar, Siti Maryam, Nugroho Agung Prasetyo

Abstract


The purpose of this study was to find out how the implementation of the Bank's promotional tactics and strategies in increasing the number of customers, especially at PT.  Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. The method used is field research (field research) which is descriptive in nature, namely describing events that occur in the field by trying to describe, tell, and interpret the promotional strategies carried out by PT.  Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Using descriptive data analysis techniques, the analysis of the data obtained is not stated in statistics, but in qualitative form. From the research results, it can be seen that the promotional activities implemented by the Bank are through; (1) Advertising, (2) Sales promotion, (3) Personal selling, and (4) Public relations. The promotional strategy applied by canvassing is that the bank goes directly to prospective customers who are throughout the Jakarta area. Going forward, we will continue to strive to create the latest innovations by utilizing social media as a step to get closer to our customers. Increase Marketing training for marketers to improve marketing skills and marketing strategies for service companies and be guided by competent instructors in the field of marketing.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan taktik dan strategi promosi Bank dalam meningkatkan jumlah nasabah khususnya di PT.  Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Metode yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif yaitu menggambarkan kejadian ysng terjadi dilapangan dengan mencoba menggambarkan, menuturkan, dan menafsirkan strategi promosi yang dilakukan oleh PT. Bank Tabungan Negara Persero. Menggunakan teknik analisa data deskriptif, analisa data yang diperoleh tidak dituangkan dalam statistik, namun dalam bentuk kualitatif. Dari hasil penelitian, dapat diketahui bahwa kegiatan promosi yang diterapkan oleh Bank melalui;  (1) Periklanan, (2) Promosi penjualan, (3) Penjualan perorangan, (4) Hubungan masyarakat.  Strategi promosi yang diterapkan dengan melakukan Canvassing yaitu pihak bank mendatangi langsung calon nasabah yang berada di seluruh wilayah jakarta.  Kedepannya terus berusaha dalam menciptakan inovasi-inovasi terbaru dengan memanfaatkan media sosial sebagai langkah untuk mendekatkan diri dengan nasabah.  Memperbanyak pelatihan-pelatihan Marketing kepada tenaga pemasar untuk meningkatkan keterampilan pemasaran dan strategi pemasaran untuk perusahaan jasa serta dipandu oleh instruktur yang berkompeten di bidang pemasaran.


Full Text:

PDF

References


Cravens,W. (1996). Pemasaran Strategis. Terjemahan Lina Salim. Edisi 4. Erlangga,Jakarta.

Kotler, Philip. (2002), Manajemen Pemasaran, Edisi Millenium, Jilid 2, PT Prenhallindo, Jakarta

Hasan, Ali. (2013). Marketing dan Kasus-kasus Pilihan. Yogyakarta: CAPS (Center for Academic Publishing Service).

Lamb, Hair, McDaniel. (2001). Pemasaran Buku 2. Jakarta: Salemba Empat.

https://www.btn.co.id diakses pada tanggal 15 Maret 2021




DOI: https://doi.org/10.56486/kompleksitas.vol11no1.218

Article Metrics

Abstract view : 678 times
PDF - 341 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




TERINDEKS OLEH :

Â