PENDIDIKAN ETIKA PROFESI DAN ANTI KORUPSI DALAM MEMBENTUK INTEGRITAS MAHASISWA
Abstract
Abstract
This study aims to analyze the relationship between professional ethics education and anti-corruption education as an integrated approach to strengthening student integrity. The urgency of this research stems from the fact that corruption remains a significant challenge in Indonesia, reflecting a moral crisis across various levels of society. Therefore, universities need to take an active role in fostering ethical awareness and anti-corruption behavior to prevent future moral violations. This study uses a descriptive qualitative approach, drawing on literature reviews, policy analysis, and documents published between 2020 and 2024. The analysis identified patterns of integration of ethical and anti-corruption values into the higher education curriculum, their impact on student character formation, and the institutional challenges to their implementation. The results show that the systematic integration of professional ethics and anti-corruption education significantly increases students' moral awareness, honesty, and social responsibility. Students who receive values-based learning and are taught by exemplary lecturers demonstrate higher levels of ethical concern and moral sensitivity. Universities with formal academic integrity policies and anti-corruption programs also show significant improvements in academic honesty culture. The implications of this research emphasize the importance of curriculum innovation, strengthening integrity policies, and cross-institutional collaboration between universities, the government, and anti-corruption agencies.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara pendidikan etika profesi dan pendidikan antikorupsi sebagai pendekatan terpadu dalam memperkuat integritas mahasiswa. Urgensi penelitian ini didasarkan pada kenyataan bahwa praktik korupsi masih menjadi tantangan besar di Indonesia, yang mencerminkan krisis moral pada berbagai lapisan masyarakat. Oleh karena itu, perguruan tinggi perlu mengambil peran aktif dalam menumbuhkan kesadaran etis dan perilaku antikorupsi sebagai bentuk pencegahan dini terhadap pelanggaran moral di masa depan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi pustaka, analisis kebijakan, dan telaah dokumen yang terbit antara tahun 2020 hingga 2024. Analisis dilakukan dengan mengidentifikasi pola integrasi nilai etika dan antikorupsi dalam kurikulum pendidikan tinggi, dampaknya terhadap pembentukan karakter mahasiswa, serta tantangan institusional dalam implementasinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi pendidikan etika profesi dan antikorupsi secara sistematis berkontribusi signifikan terhadap peningkatan kesadaran moral, kejujuran, dan tanggung jawab sosial mahasiswa. Mahasiswa yang mendapatkan pembelajaran berbasis nilai dan keteladanan dosen menunjukkan tingkat kepedulian etis dan kepekaan moral yang lebih tinggi. Perguruan tinggi yang memiliki kebijakan integritas akademik dan program antikorupsi formal juga menunjukkan peningkatan signifikan dalam budaya kejujuran akademik. Implikasi penelitian ini menegaskan pentingnya inovasi kurikulum, penguatan kebijakan integritas, serta kolaborasi lintas lembaga antara perguruan tinggi, pemerintah, dan lembaga antikorupsi.
Full Text:
PDFReferences
Amalia, S. (2022). Analisis Dampak Korupsi Pada Masyarakat (Studi Kasus Korupsi Pembangunan Shelter Tsunami di Kecamatan Labuan Kabupaten Pandeglang). Epistemik: Indonesian Journal of Social and Political Science, 3(1), 54–76. https://doi.org/10.57266/epistemik.v3i1.77
Amalina, F., & Ardiansyah, H. (2025). Plagiarisme dan Integritas Akademik di Era Digital. Jurnal Pendidikan Tambusai, 9(2), 18256–18266. https://doi.org/10.31004/jptam.v9i2.28896
Anggraini, S. D., Amanda, Z. F. N., Rachman, R. F., & Lighnuma, F. J. (2025). Peran Pendidikan Anti Korupsi Dalam Membentuk Karakter Mahasiswa Berbasis Nilai Kejujuran dan Etika Akademik. JMA : Jurnal Media Akademik, 3(7), 1–14. https://doi.org/10.62281/v3i7.2619
Asyha, A. F., Astuti, Y., Nurona, R. R. A., & Diana, N. (2025). Analisis Implementasi Etika Profesi Dan Kode Etik Guru Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik. Jurnal Niara, 18(1), 249–257. https://doi.org/10.31849/niara.v18i1.27521
Dari, U., Putri, L. E., Sari, N. W., Adha, Z., Sari, R. M., Oktavia, N. H., & Rikiawan, R. (2025). Pendidikan Antikorupsi : Peran Institusi Pendidikan dalam Membangun Integritas. SOSIAL: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPS, 3(1), 54–64. https://doi.org/10.62383/sosial.v3i1.592
Firman, M., Permana, A. Y., Septiani, N. P., Apriani, Y., Pransiska, A., & Riswan, R. O. (2025). Integrasi Nilai Karakter dalam Pengelolaan SDM di Perguruan Tinggi Studi Kasus di Universitas Linggabuana PGRI Sukabumi. Inovasi : Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 4(1), 25–33. https://doi.org/10.55606/inovasi.v4i1.4184
Hasan, R., & Fitrayansyah. (2025). Model Pembelajaran Berbasis Pengalaman untuk Penguatan Karakter Anti-Korupsi Mahasiswa Vokasi. Vocatech : Vocational and Technology Journal, 7(1), 145–163. https://doi.org/10.38038/vocatech.v7i1.224
Kismartini, K., Widowati, N., Syaharani, S. P., & Pramudita, A. G. (2022). Penta Helix Collaboration dalam Pemberantasan Korupsi untuk Mewujudkan Good Governance di Indonesia. Jurnal Ilmu Administrasi Negara AsIAN, 10(2), 401–415. https://doi.org/10.47828/jianaasian.v10i2.116
KPK. (2025). Survei Penilaian Integritas (SPI) Pendidikan 2024. https://aclc.kpk.go.id/pendidikan/spipendidikan/hasil/2024
Ningsi, A., Yunianta, R. D., Sabaruddin, & Khamid, N. Al. (2024). Peran Pendidikan Anti-Korupsi dalam Membangun Karakter Mahasiswa di Institut Ilmu Al-Qur’an An-Nur Yogyakarta. SAP : Susunan Artikel Pendidikan, 9(2), 282–288. https://doi.org/10.30998/sap.v9i2.24270
Odje, M. A., Dhiu, P., Demo, K. R., Tena, M. K., Ngode, M. R., & Kaju, K. O. (2025). Penerapan Nilai-Nilai Anti Koruptif sebagai Pembentukan Karakter Mahasiswa yang Berpancasila. RISOMA : Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 3(2), 36–45. https://doi.org/10.62383/risoma.v3i2.625
Pane, E. H. S., Muhaini, M., Pangestu, W. Y., Afifah, N., & Hutagalung, Z. (2024). Etika Profesi dan Profesionalisme. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(20), 530–536. https://doi.org/10.5281/zenodo.14370569
Rahmatin, S. A., Rossiana, A. A., Mufarihah, L., & Yuliana. (2025). Pencegahan Korupsi Mikro Manipulasi Tugas Akademik Sebagai Upaya Pendidikan Karakter Anti Korupsi di Universitas PGRI Delta Sidoarjo. JMA : Jurnal Media Akademik, 3(7), 1–20. https://doi.org/10.62281/v3i7.2621
Septiliana, L., Shaleh, S., & Hidayati, F. H. (2024). Landasan Etika Mahasiswa Dalam Menghadapi Tantangan Era Revolusi 4.0. Jurnal Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Borneo, 5(2), 147–158. https://doi.org/10.21093/jtikborneo.v5i2.7483
Sintia, N. K. A. (2023). Implementasi Pembentukan Karakter dan Integritas Mahasiswa Melalui PAK (Pendidikan Anti Korupsi). Jurnal Ilmu Hukum Sui Generis, 3(1), 45–57. https://doi.org/10.35313/sigmamu.v6i1.844
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Cetakan Ketiga. Bandung : Alfabeta.
Suwastika, I. W. K., Srinadi, N. L. P., Hermawan, D., & Putri, D. R. (2025). Buku Ajar Pendidikan Etika dan Anti Korupsi. Medan : PT Media Penerbit Indonesia.
Tajeri, & Sofia. (2023). Pendidikan Antikorupsi Untuk Perguruan Tinggi. Malang : CV Literasi Nusantara Abadi.
Transparency International Indonesia. (2024). Corruption Perceptions Index 2023. Ti.or.Id. https://ti.or.id/corruption-perceptions-index/corruption-perceptions-index-2023/
Yusar, M. (2024). Pendidikan Anti Korupsi dalam Pembentukan Karakter Mahasiswa. KONSENSUS : Jurnal Ilmu Pertahanan, Hukum Dan Ilmu Komunikasi, 1(4), 422–434. https://doi.org/10.62383/konsensus.v1i4.335
DOI: https://doi.org/10.56486/kompleksitas.vol14no2.1027
Article Metrics
Abstract view : 3 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
TERINDEKS OLEH :


Â




