IMPLEMENTASI METODE DESIGN THINKING PADA PERANCANGAN DASHBOARD TES BAHASA INGGRIS DI LEMBAGA BAHASA UKMC
Abstract
The Musi Charitas Catholic University (UKMC) Language Center administers two types of English tests: the English Proficiency Test (EPT) and EnglishScore. However, the reporting process is still conducted manually, resulting in inefficiencies, errors, and delayed academic decisions. This study aims to design a web-based dashboard system by applying the Design Thinking methodology. The approach follows five stages: empathize, define, ideate, prototype, and test. In the empathize phase, user interviews and User Journey Mapping were conducted. The define phase applied the RICE framework to prioritize system features. The ideation phase employed the 'How Might We' method to generate creative solutions. Prototyping was conducted using the website-based application Figma, and usability testing was performed with three internal respondents. The results indicated that the student score dashboard and account management were top-priority features, while some functionalities require improvement. This system is expected to enhance administrative efficiency and support data-driven academic policy-making at the Language Center.
Lembaga Bahasa Universitas Katolik Musi Charitas (UKMC) menyelenggarakan dua jenis tes Bahasa Inggris, yaitu English Proficiency Test (EPT) dan EnglishScore. Namun, proses pelaporan hasil tes masih dilakukan secara manual, sehingga menimbulkan berbagai kendala dalam efisiensi, ketepatan, dan pengambilan keputusan akademik. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dashboard sistem pelaporan berbasis web dengan menerapkan metode Design Thinking. Pendekatan ini dilakukan melalui tahapan empathize, define, ideate, prototype, dan test. Pada tahap empathize dilakukan wawancara dan pemetaan User Journey Map. Tahap define menggunakan kerangka kerja RICE untuk menetapkan prioritas fitur sistem. Tahap ideate menggunakan pendekatan How Might We untuk menghasilkan solusi kreatif. Tahap prototype dilakukan menggunakan aplikasi Figma dengan usability testing pada tiga responden internal. Hasilnya menunjukkan bahwa fitur dashboard skor dan manajemen akun mendapat prioritas tinggi, sementara beberapa fitur masih perlu perbaikan dari sisi aksesibilitas. Sistem ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi kerja staf Lembaga Bahasa UKMC serta mendukung perumusan kebijakan akademik berbasis data.
Full Text:
PDFReferences
Adelia, E., & Handayani, W. (2025). Rancang Bangun Sistem Informasi Manajemen Gudang di PT Boma Bisma Indra Pasuruan. Jambura Economic Education Journal, 7(1), 241–254. https://doi.org/10.37479/jeej.v7i1.29366
Ahadi, M. F., & Amrulloh, A. (2023). Penerapan Metode Design Thinking Dalam Perancangan Aplikasi Pemesanan Galon. Journal of Computer Science and Visual, 8(2), 291–306. https://doi.org/10.55732/jikdiskomvis.v8i2.907
Ayu, T. B., & Wijaya, N. (2023). Penerapan Metode Design Thinking pada Perancangan Prototype Aplikasi Payoprint Berbasis Android. The 2nd MDP Student Conference, 2(1), 68–75. https://doi.org/10.35957/mdp-sc.v2i1.4065
Butar-Butar, C. W. N., Yolanda, C., & Hasanah, U. (2024). Eksplorasi Pentingnya Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris dalam Konteks Bisnis Global: Implikasi bagi Kesuksesan Mahasiswa dan Pertumbuhan Bisnis. Jakadara : Jurnal Ekonomika, Bisnis, Dan Humaniora, 3(1), 243–254. https://doi.org/10.36002/jd.v3i1.2966
Darmawan, M. R., & Ma’sum, H. (2024). Perancangan UI/UX Pada Aplikasi Informasi Kost di Kota Bandung Menggunakan Metode Design Thinking. Tanra : Jurnal Desain Komunikasi Visual, 11(1), 101–108. https://doi.org/10.26858/tanra.v11i1.59642
Irzawati, I., Unamo, A. F., & Sopian, S. (2025). Scoring English Proficiency Through Englishscore. International Journal of Education, Language, Literature, Arts, Culture, and Social Humanities, 3(1), 123–129. https://doi.org/10.59024/ijellacush.v3i1.1276
Kristanti, T., & Putra, H. R. (2025). Penerapan Sistem Informasi Manajemen di Sekolah untuk Meningkatkan Efisiensi Administrasi dan Pembelajaran. Dirasah: Jurnal Study Ilmu Dan Manajemen Pendidikan Islam, 8(1), 238–251. https://doi.org/10.58401/dirasah.v8i1.1684
Kurnianto, F., & Wahyuni, E. G. (2022). Perancangan User Interface User Experience Aplikasi Basis Data Sekar Kawung Menggunakan Metode Design Thinking. Prosiding Automata, 3(2), 1–8.
Kurniawan, A. (2022). Pengembangan Sistem Informasi English Proficiency Test (EPT) Versi 2.0 UPT Bahasa Universitas Lampung Menggunakan Framework Scrum. Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Lampung.
Reynaldi, V. K., & Setiyawati, N. (2022). Perancangan UI/UX Fitur Mentor On Demand Menggunakan Metode Design Thinking Pada Platform Pendidikan Teknologi. JIPI : Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika, 7(3), 835–849. https://doi.org/10.29100/jipi.v7i3.3109
Soedewi, S., Mustikawan, A., & Swasty, W. (2022). The Design Thinking Method Application on The Kirihuci MSME Website Design. Visualita : Jurnal Online Desain Komunikasi Visual, 10(2), 79–96. https://doi.org/10.34010/visualita.v10i02.5378
Terroba, K. (2025). Prioritizing for Impact – Using the RICE Framework and Tool. https://library.naswa.org/doi/abs/10.5555/20.500.11941/5347
Yani, I. A., Ratnamulyani, I. A., & Kusumadinata, A. A. (2018). Pengaruh Kompetensi Berbahasa Asing Dan Pengorganisasian Dalam Menunjang Karir Dibidang Public Relations. Jurnal Komunikatio, 4(1), 1–12. https://doi.org/10.30997/jk.v4i1.1208
DOI: https://doi.org/10.56486/jeis.vol5no2.850
Article Metrics
Abstract view : 8 timesPDF - 5 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Ellena Effendy, Sri Andayani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
TERINDEKS OLEH :






