IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY DALAM MEDIA PEMBELAJARAN ORGAN TUBUH MANUSIA BERBASIS ANDROID UNTUK SEKOLAH DASAR
Abstract
Augmented Reality (AR) technology combines digital elements into real-time environments. AR technology has been widely implemented in various applications, including education. AR recognizes special images or markers, allowing interaction between users and virtual content displayed in the physical world. This study aims to apply AR technology in learning media about human organs at SD Negeri 10 Ciamis. The research method adopted in this study is the MDLC (Multimedia Development Life Cycle) Method. The AR application was developed using Unity 3D and Easy AR software. The study results are in the form of learning media that apply AR technology so that students can visualize human organs in 3D directly through marker cards that have been made and can display human organs such as the brain, heart, digestive organs, lungs, liver, and kidneys. The evaluation and testing results show that all application features run as expected with a score of 91.69, a very good predicate from the results of the questionnaire filled out by two teachers and 29 students at SD Negeri 10 Ciamis.
Teknologi Augmented Reality (AR) memadukan elemen digital ke dalam lingkungan nyata secara real-time. Teknologi AR telah banyak diimplementasikan kedalam berbagai aplikasi, termasuk bidang pendidikan. AR bekerja dengan mengenali gambar atau penanda khusus sehingga memungkinkan interaksi antara pengguna dengan konten virtual yang ditampilkan di atas dunia fisik. Penelitian ini bertujuan untuk menerapan teknologi AR dalam media pembelajaran tentang organ tubuh manusia di SD Negeri 10 Ciamis. Metode penelitian yang diadopsi dalam penelitian ini adalah Metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle). Aplikasi AR dikembangkan menggunakan perangkat lunak Unity 3D dan Easy AR. Hasil penelitian berupa media pembelajaran yang menerapkan teknologi AR sehingga siswa dapat memvisualisasikan organ tubuh manusia dalam bentuk 3D secara langsung melalui kartu marker yang sudah dibuat dan dapat menampilkan organ tubuh manusia seperti otak, jantung, organ pencernaan, paru-paru, hati, usus ginjal. Hasil Evaluasi dan testing menunjukkan bahwa seluruh fitur aplikasi berjalan sesuai harapan dengan skor 91,69 predikat sangat baik dari hasil kuesioner yang diisi oleh dua Guru dan 29 Siswa di SD Negeri 10 Ciamis.
Full Text:
PDFReferences
Abdillah, M. T., Kurniastuti, I., Susanto, F. A., & Yudianto, F. (2023). Implementation of Black Box Testing and Usability Testing on the MI Miftahul Ulum Warugunung Surabaya School Website. Jikdiskomvis : Jurnal Ilmu Komputer Dan Desain Komunikasi Visual, 8(1), 234–242. https://doi.org/10.55732/jikdiskomvis.v8i1.897
Achmad, A., Zainuddin, Z., & Husain, M. F. (2020). Augmented Reality 3D untuk Pengenalan Organ Tubuh Manusia. ILKOM Jurnal Ilmiah, 12(3), 233–240. https://doi.org/10.33096/ilkom.v12i3.680.233-240
Anwar, R. I. Y., Maulani, J., & Alfah, R. (2023). Prototype Aplikasi Media Pembelajaran Berbasis Digital Mata Pelajaran Biologi Untuk Pengenalan Organ Tubuh Manusia. Technologia: Jurnal Ilmiah, 14(1), 1–5. https://doi.org/10.31602/tji.v14i1.8051
Harahap, S., & Napitupulu, Z. (2023). The Influence of Technology on Education in Indonesia: Systematic Literature Review. REKOGNISI : Jurnal Pendidikan Dan Kependidikan, 8(2), 9–17. https://jurnal.unusu.ac.id/index.php/rekognisi/article/view/162
Musthofa, R. A., Umri, B. K., Astuti, I. A., & Justin, D. M. (2024). Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Organ Dalam Manusia Berbasis Android. JOISM : Journal of Information System Management, 6(1), 15–21. https://doi.org/10.24076/joism.2024v6i1.1651
Nurdiansyah, Ahmad, A. N. A. H., Nur’Ani, F. D., & Oktaviani. (2024). Dampak Teknologi Augmented Reality dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa terhadap Mata Pelajaran IPS di SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(2), 22415–22422. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/17495
Syarifuddin, F., Purnawansyah, & Irawati. (2020). Aplikasi Augmented Reality Media Pembelajaran Organ Tubuh Manusia Untuk SD Kelas 5 Berbasis Android. BUSITI : Buletin Sistem Informasi Dan Teknologi Islam, 1(1), 23–28. https://doi.org/10.33096/busiti.v1i1.518
DOI: https://doi.org/10.56486/jeis.vol5no1.652
Article Metrics
Abstract view : 137 timesPDF - 100 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Rizal Fahroni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
TERINDEKS OLEH :






