PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PERANGKAT KERAS KOMPUTER DENGAN MODEL HANNAFIN DAN PECK BERBASIS AUGMENTED REALITY

Muhamad Farhan, Yusuf Sumaryana, Cepi Rahmat Hidayat

Abstract


The minimal application of learning media technology is problematic in learning Information and Communication Technology (ICT) material, for example, in the presentation of Computer Hardware material at the Junior High School (SMP) level, which still uses conventional and teacher-centered learning. This research aims to develop computer hardware learning media based on Augmented Reality (AR) using the Hannafin and Peck model in class VIII ICT subjects at MTs PUI Gereba. The research method used is descriptive quantitative, with data collection using observation techniques, interviews, documentation studies, and questionnaires. The research results show that using AR applications significantly increases students' understanding of computer hardware material. The percentage value of N-Gain's effectiveness for the group using the AR application was 78%, which was in the effective category, compared to 56% for the group using the conventional method, which was in the less effective category. Augmented Reality applications in learning have been proven to influence students' interest in learning and learning effectiveness.

Minimnya penerapan teknologi media pembelajaran menjadi permasalahan dalam pembelajaran materi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Hal ini terlihat pada penyajian materi perangkat keras komputer di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang masih menggunakan pembelajaran konvensional dan berpusat pada guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran perangkat keras komputer berbasis Augmented Reality (AR) menggunakan model Hannafin dan Peck pada mata pelajaran TIK kelas VIII MTs PUI Gereba. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, studi dokumentasi, dan kuisioner. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan aplikasi AR meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi perangkat keras komputer secara signifikan. Nilai persentase efektivitas N-Gain untuk kelompok yang menggunakan aplikasi AR adalah 78%, yang masuk dalam kategori efektif, dibandingkan dengan 56% untuk kelompok dengan metode konvensional yang masuk dalam kategori kurang efektif. Penggunaan aplikasi Augmented Reality dalam pembelajaran terbukti mempengaruhi minat belajar dan keefektifan belajar siswa.


Full Text:

PDF

References


Carolina, Y. Dela. (2023). Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran Interaktif 3D untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Digital Native. Ideguru : Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(1), 10–16. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i1.448

Djafar, S., & Novian, D. (2021). Implementasi Teknologi Augmented Reality Dalam Pengembangan Media Pembelajaran Perangkat Keras Komputer. Jambura Journal of Informatics, 3(1), 44–57. https://doi.org/10.37905/jji.v3i1.10440

Pathorrahman, Putra, C. A., & Fitriyanto, M. N. (2024). Pengembangan Modul Pembelajaran Interaktif Teknologi Informasi Menggunakan Teknologi Augmented Reality Berbasis Android. Scientica: Jurnal Ilmiah Sains Dan Teknologi, 2(4), 256–271. https://jurnal.kolibi.org/index.php/scientica/article/view/713/

Rahmatullah, R., Ramadhanti, D., Suwarno, R. N., & Kuswanto, H. (2021). Literature Review: Technology Development and Utilization of Augmented Reality (AR) in Science Learning. Indonesian Journal of Applied Science and Technology, 2(4), 135–144. https://journal.publication-center.com/index.php/ijast/article/view/1158

Ramadhan, A. F., Putra, A. D., & Surahman, A. (2021). Aplikasi Pengenalan Perangkat Keras Komputer Berbasis Android Menggunakan Augmented Reality (AR). JTSI : Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 2(2), 24–31. https://doi.org/10.33365/jtsi.v2i2.840

Saputra, I. M. P., & Putra, D. K. N. S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif dengan Model Hannafin and Peck pada Muatan IPA Kelas IV. Mimbar Ilmu, 26(1), 88–98. https://doi.org/10.23887/mi.v26i1.32085

Setiaji, S., Akbar, F., Abdillah, A., & Fahrizal, J. (2024). Implementasi Model Unified Modelling Language (UML) Pada Perancangan Sistem Informasi Data Kependudukan Dan Bantuan Sosial. JINTEKS : Jurnal Informatika Teknologi Dan Sains, 6(3), 549–558. https://doi.org/10.51401/jinteks.v6i3.4305

Setiawan, Q. T., Saputra, G. Y., & Romisa, F. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality Berbasis Android Pada Materi Perangkat Keras Komputer di SMK YPS Samarinda. Petik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 10(2), 204–219. https://doi.org/10.31980/petik.v10i2.1792

Susanti, S., Aminah, F., Assa’idah, I. M., Aulia, M. W., & Angelika, T. (2024). Dampak Negatif Metode Pengajaran Monoton Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Pedagogik: Jurnal Pendidikan Dan Riset, 2(2), 86–93. https://ejournal.edutechjaya.com/index.php/pedagogik/article/view/529




DOI: https://doi.org/10.56486/jeis.vol5no1.630

Article Metrics

Abstract view : 34 times
PDF - 30 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Muhamad Farhan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

TERINDEKS OLEH :

Â