PENERAPAN DAN SOSIALISASI SISTEM INFORMASI AKADEMIK BERBASIS MOBILE ANDROID DI SMK MUHAMMADIYAH 2 GENTENG

Firda Rosa Olivia Mujiarso, Addin Aditya, Arif Tirtana, Diah Arifah P., Siti Aminah, Yekti Asmoro Kanthi

Abstract


One way to improve learning administration services in primary and secondary education is to utilize information technology. Currently, the implementation of the education administration process at SMA Muhammadiyah 2 Genteng, Banyuwangi, still uses a conventional approach and needs technological support to optimize the process. This community service aims to develop a mobile-based academic information system to facilitate the running of the education administration process, including scheduling, managing administrative data, and student attendance. The methods used in the development of this application include needs analysis, description of the problem framework, and implementation. From the results of the system black-box test, it was found that all features contained in the system functionally functioned as needed and could help the academic administration process at SMA Muhammadiyah 2 Genteng Banyuwangi. The features offered also follow the needs of the academic administration and are informative.

Salah satu upaya untuk meningkatkan layanan administrasi pembelajaran di Pendidikan dasar menengah adalah dengan memanfaatkan teknologi informasi. Sampai saat ini, pelaksanaan proses administrasi pendidikan di SMA Muhammadiyah 2 Genteng, Banyuwangi masih menggunakan pendekatan konvensional dan butuh adanya dukungan teknologi untuk mengoptimasi proses tersebut. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk mengembangkan Sistem Informasi Akademik berbasis mobile guna mempermudah berjalannya proses administrasi pendidikan yang meliputi penjadwalan, kelola data administrasi serta absensi siswa. Metode yang digunakan pada pengembangan aplikasi ini meliputi analisis kebutuhan, penjabaran kerangka permasalahan hingga implementasi. Dari hasil uji black-box sistem didapatkan hasil bahwa semua fitur yang terdapat pada sistem secara fungsionalitas sudah berfungsi sesuai dengan kebutuhan dan dapat membantu proses administrasi akademik di SMA Muhammadiyah 2 Genteng Banyuwangi. Fitur yang ditawarkan juga sudah sesuai dengan kebutuhan dari pihak administrasi akademik dan sudah bersifat informatif


Full Text:

PDF

References


Aditya, A., Lotussa, V. L. T., & Putri, D. S. (2021). Rancang Bangun Aplikasi Monitoring Anak Penyandang Autism Spectrum Disorder (ASD) Berbasis Website. Jurnal Nasional Teknologi Dan Sistem Informasi, 7(3), 138–146. https://doi.org/10.25077/TEKNOSI.v7i3.2021.138-146

Ariyanti, L., Satria, M. N. D., & Alita, D. (2020). Sistem Informasi Akademik dan Administrasi Dengan Metode Extreme Programming Pada Lembaga Kursus dan Pelatihan. JTSI : Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 1(1), 90–96. https://doi.org/10.33365/jtsi.v1i1.214

Cholifah, W. N., Yulianingsih, & Sagita, S. M. (2018). Pengujian Black Box Testing pada Aplikasi Action & Strategy Berbasis Android dengan Teknologi Phonegap. STRING : Satuan Tulisan Riset Dan Inovasi Teknologi, 3(2), 206–210. https://doi.org/10.30998/string.v3i2.3048

Pressman, R. S. ., & Maxim, B. R. (2014). Software Engineering: A Practitioner’s Approach (8th Editio). McGraw-Hill Education.

Ramadhani, T. (2021). Optimalisasi Penggunaan Media Siakad atau e-learning dalam Pembelajaran Daring. Pustaka Digital Indonesia : Jurnal Literasi Digital, 1(1), 29–33. https://doi.org/10.54065/jld.1.1.2021.5

Santosa, R. B., & Anggraini, N. (2021). Rancang Bangun Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) dengan Integrated Online Registration System pada Unit Laboratorium dan Praktikum Pada Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Surakarta. Lensa : Jurnal Kependidikan Fisika, 9(2), 157–169. https://doi.org/10.33394/j-lkf.v9i2.4445

Siregar, B., & Situmeang, M. (2022). Pemanfaatan SIAKAD dalam Menunjang Pelaksanaan Pendidikan serta Manfaatnya bagi Institusi dan Mahasiswa. AFoS J-LAS : All Fields of Science Journal Liaison Academia and Sosiety, 2(4), 210–216. https://doi.org/10.58939/afosj-las.v2i4.485

Wijaksono, B. A., Handayani, T., & Herlinda, H. (2023). Learning Activity Management System (LAMS) Sebagai Media Pembelajaran Open Source Online. Abdimas Nusa Mandiri, 5(1), 22–28. https://doi.org/10.33480/abdimas.v5i1.3418




DOI: https://doi.org/10.56486/swadimas.vol2no2.566

Article Metrics

Abstract view : 72 times
PDF - 40 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Firda Rosa Olivia Mujiarso, Addin Aditya, Arif Tirtana, Diah Arifah P., Siti Aminah, Yekti Asmoro Kanthi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

TERINDEKS OLEH :