FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN HOTEL (STUDI KASUS PASIFIC PALACE HOTEL BATAM TAHUN 2017-2021)

Zahara Fatimah, Rita Rita, Arina Luthfini Lubis

Abstract


This research aims to find out how much the factors studied are able to influence hotel revenue from rooms that have been handled by room attendants and carried out promotions, as well as to determine the most dominant factor influencing hotel income at Pacific Palace Hotel Batam. The data analysis method used in this analysis is multiple linear regression coefficients. The variables studied that affect hotel income at Pacific Palace Hotel Batam are room cleanliness, room rates, promotion costs, and the number of rooms. This study uses interview and observation methods in obtaining data, while the data used are qualitative and quantitative data. Based on the data analysis conducted, it turns out that the cleanliness of the rooms and the number of rooms are the most dominant factors influencing hotel revenue. The room rate and promotion cost factors are not as dominant as the room cleanliness factor and the number of rooms but together they are able to influence hotel revenue which has been proven through the F test using the SPSS program. The results of this study turned out that at Pacific Palace Hotel Batam the number of rooms is the most dominating thing for existing room revenue.

Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar faktor-faktor yang diteliti mampu mempengaruhui pendapatan hotel berasal dari kamar yang sudah ditangani oleh room attendant dan dijalankan promosi, serta menentukan faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi pendapatan hotel pada Pasific Palace Hotel Batam. Metode analisis data yang digunakan dalam analisis ini adalah koefesien  regresi linier berganda. Variable-variabel yang diteliti yang berpengaruh terhadap pendapatan hotel pada Pasific Palace Hotel Batam adalah  kebersihan kamar, tarif kamar, biaya promosi dan jumlah kamar. Penelitian ini menggunakan metode interview dan observasi dalam memperoleh data, sedangkan data yang digunakan adalah data kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan analisis data yang dilakukan, ternyata faktor kebersihan kamar dan jumlah kamar merupakan faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi pendapatan hotel. Faktor tarif kamar dan biaya promosi tidak dominan seperti faktor kebersihan kamar dan jumlah kamar tapi secara bersama-sama mampu mempengaruhi pendapatan hotel yang telah dibuktikan melalui uji F dengan menggunakan program SPSS. Hasil dari penelitian ini ternyata pada Pasific Palace Hotel Batam jumlah kamar merupakan  hal yang paling mendominasi pendapatan kamar yang ada.


Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik Kota Batam. (2022). Statistik Daerah Kota Batam 2022. Batam : Badan Pusat Statistik Kota Batam

Fachrudin, K. A., Tarigan, D. L., & Iman, M. F. (2022). Analisis Rating dan Harga Kamar Hotel Bintang Lima di Indonesia. Jurnal Akuntansi, Keuangan, Dan Manajemen, 3(3), 237–252. https://doi.org/10.35912/jakman.v3i3.1107

Haryadi, W., & Pamungkas, B. D. (2019). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Hotel (Studi Kasus Hotel Baha-Baha Sekongkang Kabupaten Sumbawa Barat) Tahun 2012-2016. Jurnal Gama Societa, 2(1), 42. https://doi.org/10.22146/jgs.40422

Hermawan, H., Brahmanto, E., & Hamzah, F. (2018). Pengantar Manajemen Hospitality. Pekalongan : PT. Nasya Expanding Manajemen

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. In Global Edition (1st ed.). Pearson Education Limited. https://doi.org/10.1080/08911760903022556

Naimah, R. J., Wardhana, M. W., Haryanto, R., & Pebrianto, A. (2020). Penerapan Digital marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 2(2), 119–130. https://doi.org/https://doi.org/10.31961/impact.v2i2.844

Putri, E. D. H. (2016). Pengantar Akomodasi dan Restoran. Yogyakarta : Deepublish.

Sarifudin, & Maya, R. (2019). Implementasi Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan Dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan di Madrasah Aliyah Terpadu (MAT) Darul Fallah Bogor. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 133–151

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi dan R&D. Bandung : Alfabeta

Swastha, B. D., & Handoko, H. (2012). Manajemen Pemasaran: Analisa Perilaku Konsumen Edisi 1. Yogyakarta : BPFE

Tobing, M. (2021). Pengaruh Jumlah Obyek Wisata, Tingkat Penghunian Kamar, Dan Jumlah Kunjungan Wisatawan Terhadap Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Simalungun. Jurnal Ekuilnomi, 3(2), 127–139. https://doi.org/https://doi.org/10.36985/ekuilnomi.v3i2.263




DOI: https://doi.org/10.56486/remittance.vol4no1.319

Article Metrics

Abstract view : 309 times
PDF - 918 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

TERINDEKS OLEH :

Â