PENGARUH SISTEM APLIKASI PAJAK ONLINE TERHADAP TINGKAT KEPUASAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI (STUDI KASUS PADA PT. ENERREN TECHNOLOGIES)

I Gusti Ayu Diah Dhyanasaridewi, Rita Rita

Abstract


The government through the Directorate General of Taxes (DJP), since February 2015 has issued an application or information system called DJP ONLINE to make it easier for taxpayers to carry out their tax obligations. To find out whether the DJP Online information system is running as it should, it is necessary to evaluate the performance of the information system. The level of user satisfaction is expected to increase taxpayer compliance in paying taxes. This research is a quantitative study that wants to analyze the effect of using an online tax application system on the satisfaction level of individual taxpayers. Determination of the research sample using purposive sampling method, namely taxpayers who work as employees at PT.Enerren Technologies. The research was conducted using a survey method. as well as linear regression analysis. The results of the T-test in the study show that the online tax application system has a positive and significant effect on individual taxpayer satisfaction.

Pemerintah melalui Direktorat Jendral Pajak (DJP), sejak  bulan Februari tahun 2015 telah mengeluarkan sebuah aplikasi atau sistem informasi  yang bernama DJP ONLINE untuk memudahkan para wajib pajak untuk melaksanakan kewajiban perpajakannya.  Untuk mengetahui apakah sistem informasi DJP Online berjalan sebagaimana mestinya, maka diperlukan proses evaluasi terhadap kinerja dari sistem informasi tersebut. Tingkat kepuasan pemakai diharapkan akan meningkatkan kepatuhan WP dalam membayar pajak. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang ingin menganalisis pengaruh penggunaan sistem aplikasi pajak online  terhadap tingkat kepuasan Wajib Pajak Orang Pribadi. Penentuan sample penelitian dengan menggunakan metode purposive sampling yaitu Wajib pajak yang bekerja sebagai karyawan di PT.Enerren Technologies. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode survey. serta analisis regresi linear. Hasil Uji T dalam penelitian menunjukan bahwa sistem aplikasi pajak online berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan Wajib Orang Pribadi. Diharapkan hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai dasar untuk evaluasi dan pengembangan sistem informasi DJP Online berdasarkan tingkat kepuasan pengguna sistem informasi tersebut.


Full Text:

PDF

References


Agustina, K. A. (2016). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Tingkat Penghasilan, dan Tarif Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM dalam Memenuhi Kewajiban Perpajakan (Studi Empiris Pelaku Umkm di Kabupaten Buleleng). Jurnal Akuntansi Profesi, 6(1), 1–11. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JAP/article/view/21078

Aisyah, N. (2015). Pengaruh PPh Pasal 21 Masa Terhadap Jumlah Pajak Yang Disetor Pada PT. Detecon Asia-Pacific LTD. Moneter, II(1), 1–8. https://repository.bsi.ac.id/index.php/unduh/item/237767/Jurnal-Moneter.pdf

Aryawan, G. A. D., Karmana, I. W., & Wijana, I. M. (2022). Administrasi Pajak Modern Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Usaha. Jurnal Pajak Indonesia, 6(1), 1–16.

Ghozali, I. (2013). Model Persamaan Struktural Konsep dan Aplikasi dengan Program AMOS 21.0. Universitas Dipenoegoro.

Idly, D. Z. (2019). Analisis Penerapan Sistem E-Filling Atas Penyampaian Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama (KPP) Malang Selatan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 8(2), 1–40.

Nadeak, R. (2012). Peranan Kualitas Sistem e-Registration Terhadap Kepuasan Pengguna dan Kepatuhan Wajib Pajak Di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Cimahi.

Noviandini, N. (2018). Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan, Persepsi Kemudahan Penggunaan, dan Kepuasan Wajib Pajak Terhadap Penggunaan E-Filling Bagi Wajib Pajak Di Yogyakarta. Nominal, 1(1).

Permatasari, & Charisma, A. (2015). Pengaruh Kualitas Layanan Sistem Elektronik Perpajakan Terhadap Kepuasan Wajib Pajak. Jurnal Mahasiswa Perpajakan, 5(2).

Presiden RI. (2009). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2009 Tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2008 Tentang Perubahan Keempat Atas Undang- Undang Nomor 6 Tahun 1983 Tentang Ketentuan Umum Dan Tata Cara Perpajakan Menjadi.

Setyadi, Y., Hidayat, R. H., Hadi, S., & Abdullah, A. (2022). Analisis Kebijakan Penerapan Djp Online Untuk Kemudahan Pelaporan Pajak. Jurnal Ilmu Siber (JIS), 1(5), 147–153.

Siswanto, V. (2015). Strategi dan Langkah-langkah Penelitian. Graha Ilmu.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi dan R&D. Alfabeta.

Sukiyaningsih, T. W. (2020). Studi Penerapan E-System dan Pelaksanaan Self Assesment System terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 17(01), 61–72. https://doi.org/10.36406/jam.v17i01.296

Supriyatna, A., & Maria, V. (2017). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pengguna Sistem Informasi DJP Online Pelaporan SPT Pajak. Pros Iding SNATIF Ke -4 Tahun 2017, 147–154.

Trisnayanti, I. A. I., & Jati, I. K. (2017). Pengaruh Self Assessment System, Pemeriksaan Pajak, dan Penagihan Pajak pada Penerimaan Pajak Pertambahan Nilai (PPN). E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 13(1), 292–310. https://ojs.unud.ac.id/index.php/Akuntansi/article/view/13012




DOI: https://doi.org/10.56486/remittance.vol3no2.261

Article Metrics

Abstract view : 549 times
PDF - 779 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




TERINDEKS OLEH :

Â