ANALISIS PERSEPSI SISWA TERHADAP PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INOVATIF DALAM PEMBELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 3 PALEMBANG

Fajri Ramadhan, Erma Yulaini, Hendri Gunawan

Abstract


This study aims to identify students’ perceptions of using innovative learning media in economics learning at SMA Negeri 3 Palembang. This study uses a qualitative method with a descriptive approach; data collection is carried out through interviews and observations. The study results showed that many students felt this innovative learning media helped them understand the material better and made the learning atmosphere more enjoyable. However, there are also obstacles, such as limited devices and sometimes unstable connections. The results of this study are expected to be input for teachers and schools to improve adaptive and technology-friendly learning methods so that the learning process can be more effective and enjoyable for students.

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi persepsi siswa terhadap penggunaan media pembelajaran inovatif dalam pembelajaran ekonomi di SMA Negeri 3 Palembang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukan banyak siswa merasa media pembelajaran inovatif ini membantu mereka lebih memahami materi dan membuat suasana belajar jadi lebih menyenangkan. Meskipun begitu, ada juga kendala seperti perangkat yang terbatas dan koneksi yang kadang tidak stabil. Hasil penelitian ini diharapkan bisa menjadi masukan bagi guru dan sekolah agar bisa memperbaiki metode pembelajaran yang adaptif dan lebih ramah teknologi, sehingga proses belajar bisa lebih efektif dan menyenangkan untuk siswa.


Full Text:

PDF

References


Abdullah, A. J., Wahid, A. H. A., & Rivai, A. (2023). Pengaruh Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Pendidikan Indonesia. JIEP : Journal of Islamic Education Policy, 8(2), 133–146. https://doi.org/10.30984/jiep.v8i2.2715

Anggraini, S., Amalia, E. N., Eka S, R., Afifa, R., Natasya, L., & Kuntarto, E. (2024). Persepsi Guru dan Siswa Tentang Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi di Sekolah Dasar. JIPKL : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Kearifan Lokal, 4(6), 982–992. https://www.jipkl.com/index.php/JIPKL/article/view/202

Endah. (2021). Meta Analisis: Model Pembelajaran Inovatif dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK). JPEAKU : Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi Dan Kewirausahaan, 1(1), 24–32. https://doi.org/10.29407/jpeaku.v1i1.16288

Faiza, N. N., & Wardhani, I. S. (2024). Media Pembelajaran Abad 21 : Membangun Generasi Digital Yang Adaptif. Media Akademik, 2(12), 1–15. https://doi.org/10.62281/v2i12.1211

Faqihuddin, A. (2024). Media Pembelajaran PAI: Definisi, Sejarah, Ragam dan Model Pengembangan. IDAROTUNA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 1–15. https://doi.org/10.29313/idarotuna.v1i1.3780

Febriani, A., Azizah, Y., Satria, N., & Putri, D. A. E. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis TIK Oleh Guru Sebagai Media Pembelajaran Yang Menarik. Edu Journal Innovation in Learning and Education, 1(1), 73–83. https://doi.org/10.55352/edu.v1i1.512

Islamiati, D. (2024). Implementasi Model Pembelajaran Inovatif Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas 5 MI Al Khoiriyyah 02 Semarang. Linuhung: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 1(1), 34–42. https://doi.org/10.52496/linuhung.v1i1.72

Jauza, N. A., & Albina, M. (2025). Penggunaan Media Pembelajaran Kreatif dan Inovatif Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 15–23. https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i2.886

Munawir, Rofiqoh, A., & Khairani, I. (2024). Peran Media Interaktif Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran SKI di Madrasah Ibtidaiyah. Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, 9(1), 63–71. https://doi.org/10.36722/sh.v9i1.2828

Nurhamidah, J., Hafsya, A., & Farhurohman, O. (2025). Pengembangan Keterampilan 4C (Critical, Thinking, Creativity, Communication , and Collaboration) dalam Pembelajaran IPS untuk Menjawab Tantangan Abad 21. Aliansi: Jurnal Hukum, Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 2(1), 28–39. https://doi.org/10.62383/aliansi.v2i1.635

Nurlina, Wijarini, F., & Adhani, A. (2022). Persepsi Siswa Terhadap Media Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Pada Mata Pelajaran Biologi di Madrasah Aliyah Negeri Tarakan. Jurnal Biopedadogia, 4(1), 45–53. https://doi.org/10.35334/biopedagogia.v4i1.2540

Ruswan, A., Rosmana, P. S., Nafira, A., Khaerunnisa, H., Habibina, I. Z., Alqindy, K. K., Amanaturrizqi, K., & Syavaqilah, W. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Digital Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 4007–4016. https://doi.org/10.31004/jptam.v8i1.13009

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Cetakan Ketiga. Bandung : Alfabeta.

Taneo, D. R., Ratu, S. E. P. R. A., & Lodang, D. R. W. (2024). Persepsi Peserta Didik Terhadap Penggunaan Teknologi Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Seni Budaya di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Kupang. Metta : Jurnal Ilmu Multidisiplin, 4(3), 132–143. https://doi.org/10.37329/metta.v4i3.3607

Wungguli, D., & Yahya, L. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Berbasis Information and Communication Technology (ICT) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Dimensi Tiga. Jambura Journal of Mathematics Education, 1(1), 41–47. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v1i1.5376




DOI: https://doi.org/10.56486/kompleksitas.vol14no2.884

Article Metrics

Abstract view : 5 times
PDF - 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

TERINDEKS OLEH :

Â