STRATEGI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENGEMBANGAN PROGRAM TAHFIDZ JUZ 30 DI MI NURUL ULUM
Abstract
This study analyzes the principal's leadership strategies for developing the Quranic memorization program at MI Nurul Ulum. The study used a qualitative case study approach. Data were collected through direct observation of the program, in-depth interviews with the principal, teachers, students, and religious leaders, and documentation. Analysis involved classifying and categorizing information to find patterns and relationships in the program's development. The results show that the principal was active in planning, implementing, and evaluating the program. Leadership strategies included setting memorization targets, scheduling extra classes, motivating students with rewards, and conducting regular evaluations.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam pengembangan program tahfidz Juz 30 di MI Nurul Ulum. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi langsung terhadap pelaksanaan program, wawancara mendalam dengan kepala sekolah, guru, siswa, dan tokoh agama, serta pengumpulan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mengkategorikan dan mengklasifikasikan informasi yang diperoleh untuk mengidentifikasi pola dan hubungan yang muncul dalam pengembangan program tahfidz Al-Qur'an. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah berperan aktif dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi program tahfidz tersebut. Strategi kepemimpinan yang diterapkan mencakup penetapan target hafalan yang jelas, penjadwalan kelas tambahan, motivasi melalui penghargaan, serta evaluasi yang dilakukan secara berkala.
Full Text:
PDFReferences
Agustiningsih, A. F., & Adibah. (2024). Strategi Pengembangan Program Tahfidz untuk Meningkatkan Daya Saing di MDT Anwarul Qur’an Jombang. Arsy : Jurnal Studi Islam, 8(1), 32–44. https://doi.org/10.32492/arsy.v8i1.8103
Anggraini, Y., & Sudarsono. (2022). Peran Kepala Sekolah pada Pengelolaan Program Tahfidz Quran untuk Meningkatkan Karakter Siswa D SD Anak Emas Denpasar, Bali. Nusantara Journal of Islamic Studies, 3(2), 187–196. https://doi.org/10.54471/njis.2022.3.2.187-196
Astuti, D. P. J., Nurdiana, A., Rafflesia, A. A., Pornomo, L., & Taqiyah, S. B. (2025). Evaluasi Program Tahfidz Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Siswa Di MTs Nur Rahma Kota Bengkulu. JKIP : Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan, 5(4), 1065–1071. https://doi.org/10.55583/jkip.v5i4.1196
Husain, M. H. Al, & Mustofa, T. A. (2025). Analisis Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Mengimplementasi Progam Tahfizh Al-Qur’an Di SMP Muhammadiyah 1 Blora. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 8(3), 218–229. https://doi.org/10.37329/cetta.v8i3.4262
Kharismawati, R. N., & Khanifa, N. K. (2021). Strategi Kepemimpinan Dalam Meningkatkan Kualitas Program Unggulan Tahfidzul Qur’an Studi SMP Takhassus Al-Qur’an Kalibeber Wonosobo. Paramurobi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(2), 93–104. https://doi.org/10.32699/paramurobi.v4i2.1998
Madyan, Albilal, I., Arwidya, M. S., Khairunnisa, A., & Gultom, S. I. B. (2025). Manajemen Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Program Tahfidz di Sekolah Menengah Pertama Negeri 19 Kota Jambi. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 5(4), 12168–12179. https://doi.org/10.31004/innovative.v5i4.20953
Nasution, Z. (2023). Penerapan Teknologi dalam Pembelajaran Al-Qur’an di Madrasah Ibtidaiyah. Bunayya : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(4), 192–198. https://doi.org/10.61082/bunayya.v4i4.575
Nisa, F. A. C. (2025). Peran Orang Tua dan Tokoh Agama dalam Memotivasi Belajar Pendidikan Agama Islam. Journal Islamic Pedagogia, 5(1), 49–57. https://doi.org/10.31943/pedagogia.v5i1.137
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Cetakan Ketiga. Bandung : Alfabeta.
Wulandari, R. I., Maulana, R. F., Imtiyaz, A. R., Felisa, A. S., Ramadhani, A. D., & Wulandari, A. (2024). Pengaruh Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di SMP Negeri 8 Gresik. JIPIPI : Jurnal Inovasi Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 1(3), 123–132. https://doi.org/10.31004/b4tdaf34
DOI: https://doi.org/10.56486/kompleksitas.vol14no2.846
Article Metrics
Abstract view : 11 timesPDF - 13 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
TERINDEKS OLEH :


Â




