PENGARUH BRAND IMAGE, HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TAS SOPHIE PARIS (STUDI PADA KONSUMEN TAS SOPHIE PARIS DI BABELAN)

Mawaddaturrohmah Mawaddaturrohmah, Herni Pujiati, Yusnaldi Yusnaldi

Abstract


The study aimed to determine the effect of brand image, price, and product quality on purchasing decisions for Sophie Paris bags in Babelan partially or simultaneously. This study is a quantitative study with a descriptive approach. This study uses primary data by distributing research questionnaires to respondents (consumers of Sophie Paris bags in Babelan). The data was processed using statistical analysis with validity and reliability tests, classical assumption tests, multiple regression analysis, hypothesis testing through t-tests and F-tests, and analysis of the coefficient of determination (R2). The study results found that brand image positively and significantly affects purchasing decisions for consumers of Sophie Paris bags in Babelan. Price positively and significantly affects consumer purchasing decisions of Sophie Paris bags in Babelan. Product quality positively and significantly affects purchasing decisions for consumers of Sophie Paris bags in Babelan. There is a significant influence between brand image, price, and product quality on purchasing decisions for consumers of Sophie Paris bags in Babelan.

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh brand image, harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian tas Sophie Paris di Babelan secara parsial maupun simultan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilakukan dengan data primer melalui penyebaran kuesioner penelitian terhadap responden (konsumen tas Sophie Paris di Babelan). Data diolah dengan analisis statistik dengan uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, pengujian hipotesis melalui uji t dan uji F, serta analisis koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian mendapatkan bahwa brand image berpengaruh secara positif dan signifikan dengan keputusan pembelian pada konsumen tas Sophie Paris di Babelan.  Harga berpengaruh secara positif dan signifikan dengan keputusan pembelian pada konsumen tas Sophie Paris di Babelan. Kualitas Produk berpengaruh secara positif dan signifikan dengan keputusan pembelian pada konsumen tas Sophie Paris di Babelan. Terdapat pengaruh yang signifikan antara brand image, harga, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian konsumen tas Sophie Paris di Babelan.


Full Text:

PDF

References


Anggreini, & Samboro, J. (2021). Pengaruh Citra Merek dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Produk The Body Shop. Jurnal Aplikasi Bisnis, 7(2), 181–184. https://jurnal.polinema.ac.id/index.php/jab/article/view/1970

Bisma, M. R. D., Asnawi, A., & Widayati, I. (2025). Pengaruh Brand Image, Harga, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian di Excelso Pakuwon Surabaya. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 6(1), 159–182. https://doi.org/10.47467/elmal.v6i1.5680

Boleng, T. A., Fanggidae, R. P. C., Salean, D. Y., & Amtiran, P. Y. (2023). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Brand Image Terhadap Keputusan Berlangganan Indihome (Studi Kasus Pada Pelanggan Indihome di Kota Kupang). GLORY Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 4(5), 1251–1269. https://doi.org/10.35508/glory.v4i5.11702

Budiara, M., & Basyir, M. (2021). Pengaruh Promosi, Kualitas Produk, Citra Merk dan Harga Terhadap Pengalihan Merk Handphone Yang Dimediasi Oleh Kepuasan Konsumen Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi di Universitas Syiah Kuala BANDA ACEH. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 6(1), 25–47. https://doi.org/10.24815/jimen.v6i1.16005

Farid, A. M., Hufron, M., & Wahono, B. (2020). Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Konsumen Tas Eiger Mahasiswa Penghuni Kost Di Kelurahan Dinoyo). E-JRM : Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 9(6), 129–143. https://jim.unisma.ac.id/index.php/jrm/article/view/7940

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang : BP Universitas Diponegoro.

Husna, F., Maulina, E., & Hakim, R. M. A. (2024). Pengaruh Brand Image dan Sales Promotion Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Tekun Jatinangor). Jurnal Lentera Bisnis, 13(2), 902–914. https://doi.org/10.34127/jrlab.v13i2.1095

Hutagalung, D. L., & Fadillah, A. (2020). Pengaruh Harga, Keragaman Produk Tas, Dan Kestrategisan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Di Terminal Tas Bogor. JIPKES : Jurnal Ilmiah Pariwisata Kesatuan, 1(2), 71–80. https://doi.org/10.37641/jipkes.v1i2.918

Ikhsan, M., & Satria, F. (2025). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Berbasis Android. Lokawati : Jurnal Penelitian Manajemen Dan Inovasi Riset, 3(1), 371–389. https://doi.org/10.61132/lokawati.v3i1.1556

Ma’sum, T., Inám, A., & Alpianingsih, D. P. (2023). Strategi Membangun Brand Image dalam Meningkatkan Daya Saing Lembaga Pendidikan. JIEM: Journal Of Islamic Education and Management, 3(2), 35–52. https://ejournal.staidapondokkrempyang.ac.id/index.php/jiem/article/view/426/

Mega, S. A., & Setiawan, R. E. (2025). Pengaruh Brand Image dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Martabak Sinar Fajar 26 Antasari di Bandar Lampung. ECo-Fin : Economy and Financial, 7(1), 392–403. https://doi.org/10.32877/ef.v7i1.2085

Musyawarah, I. Y. (2020). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Busana Muslim Pada Toko Rumah Jahit Akhwat (Rja) Di Kabupaten Mamuju. Journal of Economic, Management and Accounting, 1(1), 49–59. https://jurnal.adpertisi.or.id/index.php/JEMA/article/view/111

Nurjaya, Erlangga, H., Oktarini, R., Sunarsi, D., & Jasmani. (2021). Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT. Wahana Motor Di Wilayah Cianjur. PERKUSI : Pemasaran, Keuangan, Sumber Daya Manusia, 1(2), 291–296. https://doi.org/10.32493/j.perkusi.v1i2.11044

Purwanto, E. (2020). Pengantar Bisnis Era Revolusi Industri 4.0. Banyumas : Sasanti Institute.

Ramdhan, M. (2021). Metode Penelitian. Surabaya : Cipta Media Nusantara.

Rehansyah, F., & Simatupang, L. N. (2023). Pengaruh Desain Produk, Citra Merek dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Olahraga Merek Adidas (Studi pada Mahasiswa FEB Universitas Satya Negara Indonesia). Jurnal Manajemen USNI, 7(2), 20–32. https://doi.org/10.54964/manajemen.v7i2.244

Rooroh, A. R., & Manengkey, J. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Mobil Terios Pada PT Astra Internasional Tbk Cabang Malalayang Manado. Economics and Digital Business Review, 3(1), 158–171. https://doi.org/10.37531/ecotal.v3i1.203

Sakinah, N., Nanda, D. M., & Tohiruddin. (2022). Trend Fashion di Kalangan Mahasiswa-Mahasiswi Universitas Negeri Surabaya. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Ilmu Sosial (SNIIS), 32–38. https://proceeding.unesa.ac.id/index.php/sniis/article/view/37

Zusrony, E. (2021). Perilaku Konsumen di Era Modern. Semarang : Yayasan Prima Agus Teknik.




DOI: https://doi.org/10.56486/kompleksitas.vol14no1.792

Article Metrics

Abstract view : 12 times
PDF - 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

TERINDEKS OLEH :

Â