BRAND IMAGE, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN: STUDI LITERATUR

Rahmadani Hidayat, Rut Emelia Tarihoran, Widi Inggit Asmattea, Yuni Asnita

Abstract


This article aims to examine how brand image, price, and promotion affect consumer purchasing interest. The writing method is based on qualitative methods and library research by investigating the relationship and influence between theories and variables in books and journals offline and online from Google Scholar and other online media. The results of this literature study are hypotheses for further research as follows: 1) Brand Image Affects Consumer Purchasing Interest; 2) Price Affects Purchasing Interest; And 3) Promotion Affects Purchasing Interest.

Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mengkaji bagaimana brand image, harga, dan promosi mempengaruhi minat beli konsumen. Metode penulisan didasarkan pada metode kualitatif dan penelitian perpustakaan dengan menyelidiki hubungan dan pengaruh antar teori dan variabel dalam buku-buku dan jurnal baik secara luring di perpustakaan maupun secara daring yang bersumber dari Google Scholar dan media daring lainnya. Hasil studi literatur ini adalah hipotesis untuk penelitian lebih lanjut sebagai berikut: 1) Brand Image Berpengaruh Terhadap Minat Beli Konsumen; 2)            Harga Berpengaruh Terhadap  Minat  Beli; Dan 3) Promosi Berpengaruh Terhadap Minat Beli.


Full Text:

PDF

References


Adriansyah, D. P., & Apriyanti. (2025). Pengaruh Persepsi Kualitas, Persepsi Harga, Persepsi Nilai Dan Brand Image Terhadap Minat Beli Motor Vespa Matic Di Kota Madiun (Studi Pada Dealer Motor Vespa Matic Di Kota Madiun). Prosiding Seminar Inovasi Manajemen Bisnis Dan Akuntansi (SIMBA), 1–15. https://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SIMBA/article/view/5028

Ghoni, M. A., & Soliha, E. (2022). Pengaruh Brand Image, Online Customer Review dan Promotion Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee. Jurnal Mirai Management, 7(2), 14–22. https://doi.org/10.37531/mirai.v7i2.2007

Hapsari, E. S. (2023). Pengaruh Gaya Hidup, Brand Image, Harga, dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian pada Dealer Motor Centro Bike Kawasaki Kediri. Nuansa : Publikasi Ilmu Manajemen Dan Ekonomi Syariah, 1(4), 245–254. https://doi.org/10.61132/nuansa.v1i4.401

Hidayah, S. A., & Apriliani, R. A. E. (2019). Analisis Pengaruh Brand Image, Harga, Kualitas Produk, Dan Daya Tarik Promosi Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Batik Pekalongan (Studi Pada Pasar Grosir Setono Batik Pekalongan). JEBE : Journal of Economic, Business and Engineering, 1(1), 24–31. https://doi.org/10.32500/jebe.v1i1.872

Illa, M. T., & Nugraha, S. A. (2020). Pengaruh Promosi, Harga Dan Citra Merek Terhadap Minat Pemakaian Jasa Fotografi. JAMIN : Jurnal Aplikasi Manajemen Dan Inovasi Bisnis, 3(1), 120–133. https://doi.org/10.47201/jamin.v3i1.69

Makatumpias, D., Moniharapon, S., & Tawas, H. N. (2018). Pengaruh Green Product Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Oriflame Di Manado. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(4), 4063 – 4072. https://doi.org/10.35794/emba.v6i4.21967

Muhtarom, A., Syairozi, M. I., & Rismayati, R. D. (2022). Analisis Citra Merek, Harga, Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Dimediasi Minat Beli Pada UMKM Toko Distributor Produk Skincare Kfskin Babat Lamongan. Derivatif : Jurnal Manajemen, 16(1), 36–47. https://doi.org/10.24127/jm.v16i1.749

Napitupulua, R. Y., Sari, E. P., & Adhitya, W. R. (2023). Pengaruh BA, Brand Image, Harga Dan Promosi Terhadap Minat Beli Produk Scarlett Whitening. Jurnal Widya, 4(2), 501–515. https://doi.org/10.54593/awl.v4i2.218

Ningrum, I. T. J., & Nilowardono, S. (2016). Pengaruh Event Dan Brand Image Terhadap Minat Beli Produk Rokok Sampoerna A Mild Pada Pt Hm Sampoerna Area Marketing Surabaya. E-Jurnal Manajemen Kinerja, 2(1), 57–69. https://jurnal.narotama.ac.id/index.php/manajemenkinerja/article/view/95

Oscar, Y., & Keni. (2019). Pengaruh Brand Image, Persepi Harga, Dan Service Quality Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 3(1), 20–28. https://doi.org/10.24912/jmieb.v3i1.3300

Pesoth, M. C. (2015). Pengaruh Kualitas Produk, Packaging, Dan Brand Image Terhadap Kepuasaan Pelanggan Pada Perusahaan Rokok Dunhill Di Kota Manado. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(3), 1004–1125. https://doi.org/10.35794/emba.3.3.2015.10115

Rosita, R., Budiasningrum, R. S., Karomah, N. G., & Estiana, R. (2021). Menganalisis Varian Produk, Promosi, Harga, Brand Image Terhadap Loyalitas Pelanggan Apotek Rizal Bekasi Di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Lentera Bisnis, 10(3), 328–338. https://doi.org/10.34127/jrlab.v10i3.468

Saputro, A. W., & Irawati, Z. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Harga, dan Promosi terhadap Minat Beli Produk Second Brand. INFEB : Jurnal Informatika Ekonomi Bisnis, 5(3), 646–651. https://doi.org/10.37034/infeb.v5i3.515

Shafitri, M., Ariani, L., & Nobelson. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Smartphone Vivo. KORELASI : Konferensi Riset Nasional Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 2(1), 201–212. https://conference.upnvj.ac.id/index.php/korelasi/article/view/1156

Susanti, F., & Saputra, D. (2022). Pengaruh Country Of Origin, Brand Image Dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Olahraga Merek Nike Pada Siswa/I SMKN 1 Painan. Valuasi : Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 2(2), 1318–1331. https://doi.org/10.46306/vls.v2i2.161

Tukiman, H. I., & Sumantri, R. B. B. (2020). Analisis Pengaruh Desain Produk, Harga, dan Promosi terhadap Minat Beli Konsumen Studi Kasus Percetakan Seventeen. Jurnal Teknologi Dan Bisnis, 2(2), 35–52. https://doi.org/10.37087/jtb.v2i2.23

Wijaya, S., & Kusnawan, A. (2022). Pengaruh Diskon, Promosi, Digital Marketing, Brand Image, dan Kepercayaan Konsumen terhadap Keputusan Pembelian pada Aplikasi Shopee Kota Tangerang. Prosiding: Ekonomi Dan Bisnis, 2(2), 1–10. https://jurnal.ubd.ac.id/index.php/pros/article/view/1621

Yahya. (2022). Peran Green Marketing, Green Brand Image Terhadap Purchase Intention Dengan Green Trust Sebagai Variabel Intervening. JIMBis : Jurnal Ilmiah Manajemen & Bisnis, 1(1), 17–38. https://doi.org/10.24034/jimbis.v1i1.5131




DOI: https://doi.org/10.56486/kompleksitas.vol14no1.729

Article Metrics

Abstract view : 5 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

TERINDEKS OLEH :

Â