PENGARUH LITERASI DIGITAL DAN EFIKSI DIRI TERHADAP DIGITAL ENTREPRENEURSHIP INTENTION DENGAN GROWTH MINDSET SEBAGAI PEMODERASI

Prasetyo Adi Nugroho, Sihar Tambun, Davhina Resta Mevia

Abstract


This study aims to prove whether digital literacy and self-efficacy influence digital entrepreneurship intention with a growth mindset as a moderator. This study uses a quantitative method with a structural equation modeling analysis method. Data quality testing in this study uses SmartPLS analysis. The results of this study indicate that digital literacy and self-efficacy have a positive and significant effect on digital entrepreneurship intention, which can be explained by the fact that the higher a person's level of digital literacy, the greater the chance that they will be involved in digital business activities, with self-confidence in motivation being able to strengthen this relationship. Meanwhile, a growth mindset on digital entrepreneurship intention positively and significantly affects the belief that abilities can develop through effort, openness to feedback, and resilience to failure. Thus, a growth mindset directly affects a person's interest in starting a business in the digital field. The existence of a growth mindset does not affect how much digital literacy influences a person's intention to become a digital entrepreneur. Even though digital literacy positively affects digital entrepreneurship intention, a growth mindset does not increase or change this influence, and a growth mindset does not provide moderating assistance in self-efficacy; increasing self-efficacy and digital entrepreneurship intention do not depend on a growth mindset.

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah terdapat pengaruh literasi digital dan efiksi diri terhadap digital entrepreneurship intention dengan growth mindset sebagai pemoderasi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan metode analisis structural equation modelling. Pengujian kualitas data pada penelitian ini mengguanakan analisis SmartPLS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa literasi digital dan efiksi diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap digital entrepreneurship intention bisa dijelaskan dengan fakta bahwa semakin tinggi tingkat literasi digital seseorang, semakin besar peluang bahwa mereka akan terlibat dalam kegiatan berusaha digital, dengan kepercayaan diri akan motivasi bisa memperkuat hubungan ini. Sedangkan, growth mindset terhadap digital entrepreneurship intention berpengaruh positif dan signifikan terhadap keyakinan bahwa kemampuan dapat berkembang melalui usaha, keterbukaan terhadap umpan balik, ketahanan menghadapi kegagalan. Demikian, growth mindset secara langsung mempengaruhi minat seseorang untuk memulai usaha di bidang digital. Keberadaan growth mindset tidak mempengaruhi seberapa besar pengaruh literasi digital terhadap niat seseorang untuk berwirausaha digital. Berarti meskipun literasi digital berpengaruh positif terhadap digital entrepreneurship intention, keberadaan growth mindset tidak meningkatkan atau mengubah pengaruh tersebut dan growth mindset tidak memberikan bantuan moderasi dalam efiksi diri, bahwa peningkatan efiksi diri dan digital entrepreneuship intention tidak bergantung pada growth mindset.


Full Text:

PDF

References


Giones, F., & Brem, A. (2017). Digital technology entrepreneurship: A definition and research agenda. Technology Innovation Management Review, 7(5). https://doi.org/10.22215/timreview1076

Hair, J., & Alamer, A. (2022). Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) in second language and education research: Guidelines using an applied example. Research Methods in Applied Linguistics, 1(3), 100027. https://doi.org/10.1016/j.rmal.2022.100027

Hair Jr, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., Sarstedt, M., Danks, N. P., & Ray, S. (2021). Partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM) using R: A workbook. Springer Nature.

Hariadi, L., Putri, S. A. P., & Sunaryono, J. (2021). Hubungan Antara Growth Mindset dengan Grit pada Mahasiswa Unaki yang Telah Bekerja. IMAGE, 1(2), 73–84. https://unaki.ac.id/ejournal/index.php/image/article/view/429

Kusumaningrum, A., & Kusnendi, K. (2022). Pengaruh Literasi Digital terhadap Intensi Kewirausahaan Digital Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). JUSIE (Jurnal Sosial Dan Ilmu Ekonomi), 7(01), 11–20. https://doi.org/10.36665/jusie.v7i01.603

Martias, L. D. (2021). Statistika Deskriptif Sebagai Kumpulan Informasi. Fihris: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 16(1), 40–59. https://doi.org/10.14421/fhrs.2021.161.40-59

Matondang, Z. (2009). Validitas dan Reliabilitas Suatu Instrumen Penelitian. Jurnal Tabularasa, 6(1), 87–97. https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/705

Nasri, B. S. (2024). Pengaruh Literasi Digital dan Penggunaan E-Commerce terhadap Minat Berwirausaha Digital pada Generasi Z. Profit: Jurnal Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(3), 305–316. https://doi.org/10.58192/profit.v3i3.2419.

Nobelson, & Suharyati. (2023). The Impact of Eentrepreneurial Growth Mindset on Eentrepreneurial Performance Mediated by Technopreneurial Competencies in SMEs. Jurnal Ekonomi, 12(04), 1040–1052. https://ejournal.seaninstitute.or.id/index.php/Ekonomi/article/view/2981

Ridwan, M., & Zaki, A. (2023). Indonesian Students’ Digital Entrepreneurial Intention from The Perspective of Self-Determination Theory. Journal of Applied Business Administration, 7(2), 209–218. https://doi.org/10.30871/jaba.v7i2.6255

Sartika, S. H., & Santosa, A. D. (2023). Digital Entrepreneurship Intention on University Student using Theory of Planned Behavior. Co-Value Jurnal Ekonomi Koperasi Dan Kewirausahaan, 14(5). https://doi.org/10.36418/covalue.v14i5.3875

Sitorus, R. R., & Tambun, S. (2023). Pelatihan Aplikasi Smart PLS untuk Riset Akuntansi bagi Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) Wilayah Sumatera Utara. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 4(1), 18–26. https://doi.org/10.33394/jpu.v4i1.6624

Suparyanto, & Rosad. (2020). Pengaruh Efikasi Diri dan Konsep Diri Terhadap Keterlibatan Siswa. Jurnal Kesehatan, 5(3), 248–253.

Syahfira, I. (2022). Hubungan Literasi Digital Dengan Penggunaan Media Sosial Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam Sekolah Tinggi Agama Islam “UISU” Pematangsiantar. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. https://doi.org/10.37108/shaut.v15i1.802

Tambun, S., Heryanto, H., Mulyadi, M., Sitorus, R. R., & Putra, R. R. (2022). Pelatihan Aplikasi Olah Data SmartPLS Untuk Meningkatkan Skill Penelitian Bagi Dosen Sekolah Tinggi Theologia Batam. Jurnal Pengabdian Undikma, 3(2), 233–240. https://doi.org/10.33394/jpu.v3i2.5519

Tambun, S., & Sitorus, R. R. (2024). Pelatihan Riset Akuntansi Dengan Smart PLS Bagi Mahasiswa Doktoral Akuntansi Universitas Trisakti. Joong-Ki: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 303–310. https://doi.org/https://doi.org/10.56799/joongki.v3i2.2918




DOI: https://doi.org/10.56486/kompleksitas.vol14no1.719

Article Metrics

Abstract view : 7 times
PDF - 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

TERINDEKS OLEH :

Â