PERANAN PEMASARAN INFLUENCER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KECANTIKAN DI KALANGAN REMAJA
Abstract
This study aims to describe the influence of influencer marketing across various social media platforms (e.g., Instagram, TikTok, YouTube) on adolescents' beauty product purchasing decisions. Using a descriptive qualitative approach, this study analyzed social media content and conducted in-depth interviews with thirty adolescent social media users. The results showed that trust, content quality, and social interaction positively contributed to purchase intention. Influencer marketing not only influences purchase intention but also shapes consumer perceptions and attitudes toward beauty products.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh pemasaran influencer melalui berbagai platform media sosial (misalnya, Instagram, TikTok, YouTube) terhadap keputusan pembelian produk kecantikan di kalangan remaja. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini menganalisis konten media sosial dan melakukan wawancara mendalam dengan tiga puluh remaja pengguna media sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan, kualitas konten, dan interaksi sosial berkontribusi positif terhadap minat beli. Pemasaran influencer tidak hanya memengaruhi minat beli, tetapi juga membentuk persepsi dan sikap konsumen terhadap produk kecantikan.
References
Anggraini, F., & Ahmadi, M. A. (2025). Pengaruh Influencer Marketing terhadap Keputusan Pembelian Produk Kecantikan di Kalangan Generasi Z : Literature Review. JMCBUS : Journal of Management and Creative Business, 3(1), 62–73. https://doi.org/10.30640/jmcbus.v3i1.3450
As-Syahri, H. (2024). Peranan Influencer Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Digital 5.0. Socius: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 1(12), 356–362. https://doi.org/10.5281/zenodo.12783992
Farida, N., Arifah, P., Adristi, B. C., & Ardhiani, O. (2025). Pengaruh Kredibilitas Influencer dan Konten Marketing Terhadap Minat Beli. Komuniti : Jurnal Komunikasi Dan Teknologi Informasi, 17(1), 98–119. https://doi.org/10.23917/komuniti.v17i1.8729
Habie, R., Larasati, S., & Rusdi, W. (2025). Persepsi Gen Z Terhadap Peran Influencer dan Media Sosial Dalam Membentuk Minat Beli Produk Skincare. EKOBIS-DA : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 6(2), 22–30. https://doi.org/10.58791/febi.v6i02.446
Kirana, A. S., Damayanti, A., Tumanggor, N. N., & Purnamasari, P. (2025). Pengaruh Kredibilitas Influencer, Kualitas Konten, dan Interaksi Sosial terhadap Keputusan Pembelian di E-Commerce TikTok. Jurnal Bisnis Dan Komunikasi Digital, 2(2), 1–9. https://doi.org/10.47134/jbkd.v2i2.3571
Moniaga, I. F., & Laksamana, P. (2025). Strategi Digital: Dampak Pemasaran Media Sosial, Kredibilitas Influencer, dan Citra Merek Terhadap Niat Beli Konsumen. Kompleksitas: Jurnal Ilmiah Manajemen, Organisasi Dan Bisnis, 14(1), 77–86. https://doi.org/10.56486/kompleksitas.vol14no1.763
Nawiyah, Kaemong, R. C., Ilham, M. A., & Muhammad, F. (2023). Penyebab Pengaruhnya Pertumbuhan Pasar Indonesia Terhadap Produk Skin Care Lokal Pada Tahun 2022. ARMADA : Jurnal Penelitian Multidisiplin, 1(12), 1390–1396. https://doi.org/10.55681/armada.v1i12.1060
Putri, A. F., Wangi, M. S., & Suryo, H. (2023). Pengaruh Kredibilitas Beauty Influencer Dan Terpaan Tayangan Review Product Terhadap Minat Beli Product Kecantikan. Solidaritas : Jurnal Imu Sosial, 7(1), 1–11. https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sldrts/article/view/8799
Sarinah, Nada, S. K., Putri, H., Patmawati, S., & Derajat, S. P. (2025). Pengaruh Influencer Marketing Terhadap Persepsi Pembelian Produk Kecantikan di Kalangan Generasi Z. KRAKATAU : Indonesian of Multidisciplinary Journals, 3(1), 192–201. https://jurnal.desantapublisher.com/index.php/krakatau/article/view/434
Seruni, N. N. A., Suryaniadi, S. M., & Dewi, N. I. K. (2024). Pengaruh Influencer Marketing Terhadap Minat Pembelian Produk Kecantikan Brand Azarine Pada Generasi Z : Studi Kasus Kabupaten Badung. MEA : Jurnal Ilmiah Manajemen Ekonomi Dan Akuntansi, 8(3), 885–900. https://doi.org/10.31955/mea.v8i3.4534
Sonata, S. L. P., & Astuti, B. (2023). Pengaruh Interaksi Media Sosial terhadap Niat Beli dan Keterlibatan Perilaku: Faktor Sumber dan Konten Sebagai Peran Mediasi. Selekta Manajemen: Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen, 2(1), 250–267. https://journal.uii.ac.id/selma/article/view/27848
DOI: https://doi.org/10.56486/kompleksitas.vol14no2.714
Article Metrics
Abstract view : 53 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
TERINDEKS OLEH :


Â




