DAMPAK PANDEMI TERHADAP MANAJEMEN ORGANISASI: A SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW
Abstract
The global impact of the pandemic generally affects three main areas: the economy, education, and society. One of the most noticeable effects in the economic field is organizational management, as organizations must adapt to continue their activities amidst critical environmental changes. This research aims to determine the extent of the pandemic's impact on organizational management by identifying its changing aspects. The type of research was conducted using the systematic literature review method to further identify general organizational changes. The initial data was obtained from 369 articles from the Google Scholar and Garba Rujukan Digital (Garuda) databases, which were then filtered according to inclusion and exclusion criteria, resulting in 28 articles. Finally, they narrowed down to 10 articles that met the overall qualifications. The research results show that the pandemic has brought organizational management changes into four categories: the individual level of the organization, organizational human resource management, organizational finance, and organizational performance.
Dampak pandemi secara global secara umum mempengaruhi tiga bidang utama yakni ekonomi, pendidikan dan sosial. Dalam bidang ekonomi salah satu yang paling terasa yakni dalam pengelolaan manajemen organisasi, karena organisasi harus bisa menyesuaikan diri dalam tetap melakukan kegiatannya di tengah perubahan lingkungan yang genting. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa jauh dampak pandemi terhadap manajemen organisasi dengan mengidentifikasi aspek perubahannya. Jenis penelitian dilakukan dengan metode systematic literature review untuk bisa mengidentifikasi lebih jauh mengenai perubahan organisasi secara general. Data awal mendapatkan sejumlah 369 artikel yang diperoleh dari database google schoolar dan Garba Rujukan Digital (Garuda) kemudian di saring menurut kriteria inklusi dan ekslusi dan berhasil mendapatkan 28 artikel, lalu mengerucut menjadi 10 artikel yang masuk kedalam kualifikasi keseluruhan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pandemi memberikan perubahan manajemen organisasi ke dalam empat kategori yakni level individu organisasi, manajemen sumber daya manusia organisasi, keuangan organisasi dan kinerja organisasi.
Full Text:
PDFReferences
Adriansyah, M. A., Sintara, I. D., Pramujie, G. V. C., & Salsabila, A. (2020). Meningkatkan Komitmen Organisasi Melalui Pelatihan Manajemen Diri. Plakat : Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat, 2(1), 81–89. https://doi.org/10.30872/plakat.v2i1.3827
Almira, N. A., Bakti, D. K., & Saptiani, F. (2021). Komitmen Organisasi di Masa Pandemi Covid-19: Pengaruh Lingkungan Kerja dan Job Insecurity. Jurnal Perspektif Bisnis, 4(2), 81–91. https://doi.org/10.23960/jpb.v4i2.112
Ariawangsa, D., & Mujiati, N. W. (2024). Pengaruh Kepuasan Kerja, Kompensasi dan Budaya Organisasi Terhadap Retensi Karyawan Pada Masa Pandemi Covid-19. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 13(2), 337–345. https://doi.org/10.24843/EEB.2024.v13.i02.p13
Ayudia, R., & Tatyana, T. (2023). Pengembangan Sumber Daya Manusia Untuk Peningkatan Kualitas Pegawai Di PT Kereta Api Indonesia (Persero). Kompleksitas: Jurnal Ilmiah Manajemen, Organisasi Dan Bisnis, 12(2), 37–41. https://doi.org/10.56486/kompleksitas.vol12no2.394
Edssel, C., & Soelaiman, L. (2023). Pengaruh Kualitas Informasi dan Inovasi Terhadap Performa Organisasi Saat Pandemi Covid-19 Dengan Kemampuan Agilitas Sebagai Variabel Mediasi. Serina : Ekonomi Dan Bisnis, 1(1), 62–70. https://doi.org/10.24912/jseb.v1i1.24623
Gotama, E. J., & Putri, R. R. (2022). Ketidaknyamanan Karyawan Terhadap Perubahan Cara Kerja Organisasi di Masa Pandemi COVID-19 Pada Restoran Pizza Hut Jalan Mayor Jenderal S. Parman Samarinda. Agora: Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis, 10(2), 1–6. https://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-bisnis/article/view/12779
Guntoro, M. (2020). Transformasi Kepemimpinan Adaptif Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Cendekia Jaya, 2(2), 1–7. https://doi.org/10.47685/cendekia-jaya.v2i2.69
Hardianti, I., Manalu, D. D., Hidayat, T., Sazali, H., & Andinata, M. (2022). Dampak Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Komunikasi Organisasi CRNTV UINSU. Professional: Jurnal Komunikasi Dan Administrasi Publik, 9(1), 213–216. https://doi.org/10.37676/professional.v9i1.2626
Karina, M., & Ambarsari, Y. (2024). Pengaruh Beban Kerja, Stres Kerja, Dan Motivasi Terhadap Prestasi Kerja Ticketing Officer PT. KAI Stasiun Gambir. Kompleksitas: Jurnal Ilmiah Manajemen, Organisasi Dan Bisnis, 13(1), 9–23. https://doi.org/10.56486/kompleksitas.vol13no1.494
Marpaung, D., Bakti, S., Hakim, L. N., Suriono, H., Mursyidin, & Ginting, E. (2024). Mendorong Inovasi Melalui Budaya Digital: Studi Literatur tentang Transformasi Budaya Organisasi di Era Pasca-Pandemi. Kalianda Halok Gagas : Economics & Management, 7(2), 107–120. https://doi.org/10.52655/khg.v7i2.96
Masruri, M., Ali, H., & Rosadi, K. I. (2021). Pengelolaan Keuangan Dalam Mempertahankan Kualitas Pondok Pesantren Selama Pandemi Covid-19. JIMT : Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 2(5), 644–657. https://doi.org/10.31933/jimt.v2i5.573
Municha, E. S., Nurhaliza, H., & Ratnawati, A. I. (2024). Peran Gaya Kepemimpinan Dalam Peningkatan Kinerja Karyawan Di Kawasan Asia Tenggara. Kompleksitas: Jurnal Ilmiah Manajemen, Organisasi Dan Bisnis, 13(1), 65–73. https://doi.org/10.56486/kompleksitas.vol13no1.521
Pangandaheng, F., Maramis, J. B., Saerang, D. P. E., Dotulong, L. O. H., & Soepeno, D. (2022). Transformasi Digital: Sebuah Tinjauan Literatur Pada Sektor Bisnis dan Pemerintah. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(2), 1106–1115. https://doi.org/10.35794/emba.v10i2.41388
Rahmasari, S. (2023). Strategi Adaptasi Bisnis di Era Digital: Menavigasi Perubahan dan Meningkatkan Keberhasilan Organisasi. Karimah Tauhid, 2(3), 622–637. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i3.9281
Rahmawati, & Tukiran, M. (2024). Strategi Adaptasi Organisasi dalam Menghadapi Tantangan Pandemi Covid-19 terhadap Praktik Sumber Daya Manusia: Analisis dari Konteks Global. IJOSMAS : International Journal of Social and Management Studies, 5(3), 1–8. https://doi.org/10.5555/ijosmas.v5i3.400
Roreng, P. P., Halik, J. B., Halik, M. Y., & Irdawati. (2024). Systematic Literature Review: Kondisi Makroekonomi Indonesia Pasca Pandemi Covid-19 dan Prospek di Masa Mendatang. Journal of Marketing Management and Innovative Business Review, 2(2), 56–67. https://doi.org/10.63416/mrb.v2i2.306
SMERU Research Institute. (2020). Studi Dampak Sosial-Ekonomi Pandemi COVID-19 di Indonesia. Smeru.or.Id. https://smeru.or.id/id/research-id/studi-dampak-sosial-ekonomi-pandemi-covid-19-di-indonesia
Widaningsih, R. A., Sukristanta, & Kasno. (2020). Tantangan Bagi Organisasi dalam Mempertahankan Kinerja Pegawai Selama Pandemi Covid-19 di Indonesia. Al Tijarah, 6(3), 193–198. https://doi.org/10.21111/tijarah.v6i3.5813
Yunita, T., & Wijayanti, M. (2020). Inovasi Organisasi Saat Pandemi COVID-19 di Universitas Bhayangkara Jakarta Raya. Jurnal Kajian Ilmiah, 1(1), 25–30. https://doi.org/10.31599/jki.v1i1.275
DOI: https://doi.org/10.56486/kompleksitas.vol14no1.664
Article Metrics
Abstract view : 23 timesPDF - 19 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
TERINDEKS OLEH :






