STRATEGI PEMASARAN DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN UMKM SEKTOR KULINER

Tannia Regina, Sugiyono Sugiyono

Abstract


This study aims to describe the role of digital marketing through social media in increasing the sales of MSMEs in the culinary industry. The study employs a qualitative methodology, collecting data through interviews with owners of culinary MSMEs. The findings of the study identified the most frequently used social media platforms, the most effective types of content, and the challenges encountered in utilizing social media for digital marketing. The results indicate that platforms like Instagram, Facebook, and TikTok have become essential tools for culinary MSMEs to reach new consumers and foster customer loyalty. Culinary MSMEs require a clear and consistent social media strategy to optimize results by enhancing visibility, targeting effectively, engaging with customers, utilizing e-commerce platforms, producing quality content, adapting to market trends, collaborating, and networking.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran media sosial dalam meningkatkan penjualan UMKM di sektor kuliner melalui pemasaran digital. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara kepada pemilik UMKM kuliner. Hasil penelitian mengidentifikasi platform media sosial yang paling sering digunakan, jenis konten yang paling efektif, dan tantangan yang dihadapi dalam memanfaatkan media sosial untuk pemasaran digital. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sosial, seperti Instagram, Facebook, dan TikTok, telah menjadi alat yang penting bagi UMKM kuliner untuk menjangkau konsumen baru dan membangun loyalitas pelanggan. Namun demikian, UMKM kuliner perlu memiliki strategi yang jelas dan konsisten dalam memanfaatkan media sosial agar dapat mencapai hasil yang optimal, melalui strategi peningkatan visibilitas, targeting yang efektif, interaksi dengan pelanggan, pemanfaatan platform e-commerce, pembuatan konten berkualitas, adaptasi tren pasar, kolaborasi dan networking.


Full Text:

PDF

References


Adwana, A. Al, Kokashb, H., Adwanc, R. Al, & Khattak, A. (2023). Data analytics in digital marketing for tracking the effectiveness of campaigns and inform strategy. International Journal of Data and Network Science, 7, 563–574. https://doi.org/10.5267/j.ijdns.2023.3.015

Akhirudin, M. N., & Bastaman, A. (2024). Analisis Eksploratori Adopsi Pemasaran Digital Untuk Meningkatkan Penjualan Online (Studi Pada UMKM Kenari Mas Jakarta). JEMSI : Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 6(1), 224–237. https://doi.org/10.38035/jemsi.v6i1.2827

Amsar, & Soegiastuti, J. (2023). Etika Penggunaan Media Sosial dan Digitalisasi Bagi UMKM di Kelurahan Mijen Kota Semarang. Fokus Abdimas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 45–48. https://ejournal.stiepena.ac.id/index.php/abdimas/article/view/882

Aprieni, Meilantika, F. R., Sihotang, L., & Rachma S., F. V. (2024). UMKM Memiliki Peran Penting Dalam Perekonomian Indonesia. Jurnal Ekonomi Bisnis Dan Manajemen, 2(4), 188–193. https://doi.org/10.59024/jise.v2i4.976

Astuti, M., & Matondang, N. (2020). Manajemen Pemasaran : UMKM dan Digital Sosial Media. Yogyakarta : Deepublish.

Athaya, & Wahyudin. (2024). Pemasaran Efektif di Era Digital: Membuka Toko Online di Platform Marketplace Indonesia. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 4(1), 16–22. https://doi.org/10.37481/pkmb.v4i1.671

Erwin, Cindrakasih, R. R., Sari, A., Boari, Y., Judijanto, L., & Tadampali, A. C. T. (2024). PEMASARAN DIGITAL (Teori dan Implementasi). Yogyakarta : PT. Green Pustaka Indonesia.

Gulo, R. P. S., Faundri, R. A., Nurhaliza, S., Prayoga, M. L. S. D., Idayati, I., Fadly, M., & Ferdinand, A. (2025). Pengaruh Transformasi Ekonomi Digital Untuk Meningkatkan Produktivitas Dan Daya Saing UMKM Di Indonesia. Jurnal Serambi Ekonomi Dan Bisnis, 8(1), 948–968. https://doi.org/10.32672/jseb.v8i1.8743

Gulo, Y. T. Y., Ndraha, A. T. J., Haria, R. P., & Zendrato, S. (2025). Analisis Penggunaan Konten Sosial Media Pada Umkm Terhadap Minat Beli Konsumen Di Kota Gunugsitoli. JUKONI : Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 2(1), 7–14. https://doi.org/10.70134/jukoni.v2i1.261

Indriani, R., Harmen, H., Hutagalung, G. R. S., Fiqri, M. I., Limbong, N. G. C., Sembiring, O., Sihaloho, R. P., Simarmata, R. C., & Sahfitri, S. (2024). Analisis Penyusunan Laporan Keuangan Guna Mengembangkan Usaha Mikro,Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam Etika Keuangan. MES Management Journal, 3(2), 427–441. https://doi.org/10.56709/mesman.v3i2.243

Kiromah, S., & Nuryami, N. (2024). Strategi Digital Dalam Pemasaran Produk UMKM di Desa Kropak : Peluang Serta Tantangan. Budimas : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(3), 1–11. https://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/JAIM/article/view/15021

Martiah, A., & Meirani. (2022). Analisis Penggunaan Media Sosial Dalam Peningkatan Volume Penjualan di Home Shop Gibran Collection. Jurnal Economic Edu, 2(2), 61–67. https://jurnal.umb.ac.id/index.php/ecoedu/article/view/2909

Masrukhan, M., & Isnaini, R. K. (2025). Optimalisasi Teknologi dan Strategi Pemasaran Digital dalam Meningkatkan Daya Saing UMKM Bakpia Wong Yogyakarta. Jurnal Nuansa : Publikasi Ilmu Manajemen Dan Ekonomi Syariah, 3(1), 282–300. https://doi.org/10.61132/nuansa.v3i1.1630

Natania, A. T., & Dwijayanti, R. (2024). Pemanfaatan Platform Digital Sebagai Sarana Pemasaran Bagi UMKM. JPTN : Jurnal Pendidikan Tata Niaga, 12(1), 343–351. https://doi.org/10.26740/jptn.v11n3.p343-351

Nurlan, A., Ahmad, N., Singh, J., & Shafighi, N. (2024). Digital Marketing Strategies for SMEs in Technology Sector in Malaysia. Environment-Behaviour Proceedings Journal, 9(27), 321–327. https://doi.org/10.21834/e-bpj.v9i27.5734

Putren, I., Herlina, F., Hakim, S. M., Nursyamsu, U., & Norarita, R. (2024). Transformasi Pemasaran UMKM dengan Digital Marketing: Solusi Pemasaran di Era Modern di Kecamatan Bojongsari. Abdimisi, 6(1), 104–111. https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/ABMS/article/view/47203

Rahayu, H. P., & Habib, M. A. F. (2024). Strategi Pemasaran Novi Ulvia MUA Dalam Meningkatkan Omset Penjualan. Jurnal Ilmiah Edunomika, 8(1), 1–19. https://doi.org/10.29040/jie.v8i1.10643

Rahayu, S., Fatihana, L. A., Nurdin, F. Z., & Putri, M. I. (2024). Pendampingan Digital Marketing Berbasis Smartphone untuk UMKM melalui Metode Door to Door di Desa Gadobangkong. Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1–18. https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/5609

Rahman, S., & Zainuddin, Y. (2024). Penerapan Strategi Pemasaran Digital Syariah Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM di Provinsi Gorontalo. Journal of Mandalika Literature, 5(4), 616–626. https://doi.org/10.36312/jml.v5i4.3566

Sari, J., & Putri, J. (2024). Strategi Pemasaran Digital Untuk Meningkatkan Penjualan UMKM di Indonesia. AL-IQTISHAD : Jurnal Perbankan Syariah Dan Ekonomi Islam, 2(2), 45–59. https://doi.org/10.47498/iqtishad.v2i2.3753

Sari, N., Syari, R. L., Rio, Humairo, & Pandi, A. (2025). Strategi Pemasaran yang Efektif untuk UMKM di Era Digital. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 4(1), 21–29. https://doi.org/10.58540/jipsi.v4i1.787

Suryowati, B., Pohan, F. S., Hayzavina, A., & Aryani, P. (2025). Pelatihan dan Pendampingan Pengelolaan Pemasaran Melalui Teknologi Digital di Desa Kalisuren Kecamatan Tajurhalang Bogor. Swadimas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 03(01), 45–50. https://doi.org/10.56486/swadimas.vol3no1.716

Widianti, V. P., Hermawan, H., & Shulthoni, M. (2025). Analisis Strategi Pemasaran Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Era Digital Marketing (Studi Kasus Di Food Court Kajen Kabupaten Pekalongan). JEB : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 17(1), 45–51. https://doi.org/10.55049/jeb.v17i1.392




DOI: https://doi.org/10.56486/kompleksitas.vol14no1.660

Article Metrics

Abstract view : 75 times
PDF - 27 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

TERINDEKS OLEH :

Â