PENGARUH CITRA MEREK, BIAYA PENDIDIKAN DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN ORANG TUA SISWA

Herni Pujiati, I Dewa Ketut Kerta Widana, Yusnaldi Yusnaldi

Abstract


This research aims to determine whether there is an influence of brand image, education costs, and service quality on the satisfaction of parents of students at SMK Ar-Raudhah North Jakarta. Using a quantitative descriptive research method with primary data obtained from distributing questionnaires to 170 parents of students. The questionnaire data were analyzed using validity tests, reliability tests, classical assumption tests, normality tests, and multiple regression analysis. The research results indicate that 1) brand image partially has a positive and significant effect on parent satisfaction; 2) education costs partially do not have a positive and significant effect on parent satisfaction; 3) service quality partially has a positive and significant effect on parent satisfaction; and 4) there is a positive and significant simultaneous effect of brand image, education costs, and service quality on parent satisfaction.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh citra merek, biaya Pendidikan dan kualitas layanan terhadap kepuasan orang tua siswa SMK Ar-Raudhah Jakarta Utara. Menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif dengan data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada 170 orang tua siswa. Data kuesioner dianalisis menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji normalitas, dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Citra Merek secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Orang Tua Siswa; 2) Biaya Pendidikan secara parsial tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Orang Tua Siswa; 3)  Kualitas Layanan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Orang Tua Siswa, dan; 4) terdapat pengaruh positif dan signifikan secara simultan Citra Merek, biaya pendidikan dan kualitas layanan terhadap Kepuasan Orang Tua Siswa


Full Text:

PDF

References


Aisya, D., & Masreviastuti. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada The Healing Touch Nakamura Holistic Therapy Blitar. Jurnal Aplikasi Bisnis, 9(1), 67-72. https://doi.org/10.33795/jab.v9i1.478

Along, A. (2020). Kualitas Layanan Administrasi Akademik di Politeknik Negeri Pontianak. Jurnal Ilmiah Administrasi Publik, 6(1), 94-99. https://doi.org/10.21776/ub.jiap.2020.006.01.11

Annishia, F. B. B., & Prastiyo, E. (2019). The Effect Of Prices And Facilities On Guest Stay At The Best Western Premier The Hive Hotel Jakarta. Jurnal Hospitality Dan Pariwisata, 5(1), 19-28. https://doi.org/10.30813/jhp.v5i1.1519

Aryanti, S., & Supriyatna, W. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan Bright Gas 5,5Kg pada PT Parung Kencana Jaya, Kabupaten Bogor. SOCIORA: The Journal of Social Sciences and Humanities, 1(2), 111-125. https://doi.org/10.33753/sociora.v1i2.13

Bestari, M., & Nurhayati. (2023). Exploration of Strategies to Enhance the Character Education of Students for the Development of High-Quality Indonesian Human Resources. Enigma in Education, 1(1), 16-20. https://doi.org/10.61996/edu.v1i1.4

Choi, S., Li, H., & Ogawa, K. (2023). Upper Secondary Vocational Education and Decent Work in Indonesia: A Gender Comparison. International Journal of Educational Development, 101(September), 102833. https://doi.org/10.1016/j.ijedudev.2023.102833

Ekawarna, Denmar, D., & Wibawa, D. E. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan, Kepercayaan, dan Citra Sekolah Terhadap Kepuasan Orang Tua di SMP Islam Al-Falah Kota Jambi. JIMT : Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 3(2), 131-141. https://doi.org/10.38035/jimt.v3i2.710

Fitriyana, D., Pransisca, S., & Ardiyanto, A. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Orang Tua Dalam Pengambilan Keputusan Memilih Sekolah Negeri Untuk Anak di Kelurahan Bukit Cermin, Kecamatan Tanjungpinang Barat, Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau. Nautical: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 1(8), 512-516. https://doi.org/10.55904/nautical.v1i8.402

Gama, F. H. P., & Utami, A. R. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pintaar.com. Seminar Nasional Pariwisata Dan Kewirausahaan (SNPK), 202-212. https://doi.org/10.36441/snpk.vol3.2024.223

Indy, R., Waani, F. J., & Kandowangko, N. (2019). Peran Pendidikan Dalam Proses Perubahan Sosial di Desa Tumaluntung Kecamatan Kauditan Kabupaten Minahasa Utara. HOLISTIK : Journal of Social and Culture, 12(4), 1-18. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/holistik/article/view/25466

Juita, D. P., Priya, P., Azwardi, M., & Amra, A. (2024). Pentingnya Pengembangan Sumber Daya Manusia pada Lembaga Pendidikan. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(3), 3068-3077. https://doi.org/10.54373/imeij.v5i3.1243

Laksono, D. W., Fardiana, E., & Rinaldo, R. (2023). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Produk Pakaian Merek Erigo Di Kota Tangerang. ARBITRASE: Journal of Economics and Accounting, 4(2), 204-211. https://doi.org/10.47065/arbitrase.v4i2.1337

Margiyanti, I., & Maulia, S. T. (2023). Kebijakan Pendidikan Implementasi Program Wajib Belajar 12 Tahun. Jupensi : Jurnal Pendidikan Dan Sastra Inggris, 3(1), 199-208. https://doi.org/10.55606/jupensi.v3i1.1509

Prastiwi, E. S., & Rivai, A. R. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan. SEIKO : Journal of Management & Business, 5(1), 244-256. https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i1.1556

Purwanti, Ariyanto, A., & Ivantan. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi dan Harga Terhadap Kepuasan Orang Tua Murid Di Lembaga Pendidikan TPA Masjid Ash Shaff Bintaro. JEHSS : Journal of Education, Humaniora and Social Sciences, 4(1), 535-545. https://doi.org/10.34007/jehss.v4i1.744

Rochayati, A. T. R., Rostini, D., Danuwijaya, C., Anggraeni, D., & Negara, B. S. (2023). Strategi Penguatan Pendidikan Karakter di SMAN 3 Sukabumi. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 5089-5095. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.16339

Santoso, J. B. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Harga terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen (Studi Pada Konsumen Geprek Bensu Rawamangun). JAM : Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 16(1), 127-146. https://doi.org/10.36406/jam.v16i01.271

Sari, N. L. P. D. A., & Mayasari, N. M. D. A. (2022). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan di Toko Grosir Tirta Yasa Kecamatan Banjar. Prospek: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 4(1), 108-115. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/Prospek/article/view/33842

Septiyan, R., Zahri, C., & Firah, A. (2024). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pada PT. Denta Sumut di Binjai. Majalah Ilmiah Warta Dharmawangsa, 18(2), 399-413. https://doi.org/10.46576/wdw.v18i2.4440

Sinollah, S., Wahida, S. M., & Khoiriyah, N. (2022). Analisis Kualitas Produk, Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Handphone. JIBE : Journal Islamic Business and Entrepreneurship, 1(1), 1-6. https://doi.org/10.33379/jibe.v1i1.1596

Suganda, E. I. (2021). Analisis Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Perusahaan Daerah Air Minum. ABM : Akuntansi Bisnis & Manajemen, 28(1), 1-10. https://doi.org/10.35606/jabm.v28i1.804

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Cetakan Ketiga. Bandung : Alfabeta.

Suhardi, Y., Zulkarnaini, Z., Burda, A., Darmawan, A., & Klarisah, A. N. (2022). Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan dan Fasilitas terhadap Kepuasan Pelanggan Studi Kasus pada Sekolah Olahraga Binasehat Bekasi. JEMI: Jurnal STEI Ekonomi, 31(2), 31-41. https://doi.org/10.36406/jemi.v31i02.718

Suryana, P., Fauziah, R., & Purnami, B. Y. (2023). Pengaruh Brand Image Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Melalui Keputusan Pembelian Konsumen Sebagai Variabel Intervening (Survei Pada Pelanggan Sariayu Di Indramayu). INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 7(1), 121-134. https://doi.org/10.31842/jurnalinobis.v7i1.308

Sutrisna, E., & Putri, B. C. (2023). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen pada J&T Express Kota Batam. Journal on Education, 5(4), 13108-13118. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1433

Telagawathi, N. L. W. S., & Yulianthini, N. N. (2020). Kepuasan Pelanggan Terhadap Citra Perusahaan dan Switching Barrier Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan Industri Jasa Asuransi di Bali. Bisma: Jurnal Manajemen, 6(1), 59-67. https://doi.org/10.23887/bjm.v6i1.24404

Wicaksono, D. A., Laksanawati, T. A., & Ningsih, D. B. (2021). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Serta Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Bakso Pak Miad Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang. Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi, Keuangan Dan Bisnis, 2(2), 91-100. https://doi.org/10.36490/value.v2i2.220

Wiguna, I. G. S. A., Saparso, S., & Sandra, L. (2024). Pengaruh Brand Image dan Word of Mouth (WOM) yang Dimediasi oleh Perceived Value terhadap Keputusan Pembelian Orang Tua Siswa di Sekolah Cendekia Harapan Badung Bali. Journal on Education, 6(3), 16493-16512. https://doi.org/10.31004/joe.v6i3.5532

Zidane, M. Al, Baidlowi, I., & Purnomo, A. H. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan Dan Citra Perusahaan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada UMKM Dapur Keyra Kec. Puri Kab. Mojokerto. Lokawati : Jurnal Penelitian Manajemen Dan Inovasi Riset, 1(5), 121-134. https://doi.org/10.61132/lokawati.v1i5.135




DOI: https://doi.org/10.56486/kompleksitas.vol13no2.657

Article Metrics

Abstract view : 50 times
PDF - 35 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

TERINDEKS OLEH :

Â