PENGARUH PROMOSI DAN PRODUK PEMBIAYAAN DANA MOBIL TERHADAP VOLUME PENJUALAN PT MNC FINANCE

Mona Karina, Okta Al Fajar

Abstract


Marketing management plays an active role in increasing sales volumes through the variables that influence it, including products and promotions. The purpose of this research is to find out the impact of the products and promotions of Dana Mobil on sales volume as well as whether the products and promotions of Dana Mobil simultaneously influence the sales volume of the MNC Finance. This research is descriptive quantitative research. Research is done by looking for primary data through a questionnaire. The data collected was then processed with statistical analysis using validity tests, realism tests, normality tests, heterocadastism tests, multicolinerity tests, auto-correlation tests, double linear regression analyses, hypothetical tests, and double coefficients. The results of the research showed that product variables had no influence and did not significantly increase sales volumes. As well as promotional variables, they have a positive and significant impact on increased sales volumes. Additionally, product and promotion variables have a simultaneous and significant influence on sales volumes.

Manajemen pemasaran berperan aktif dalam meningkatkan volume penjualan melalui variabel-variabel yang mempengaruhinya diantaranya produk dan promosi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh produk dan promosi Dana Mobil terhadap volume penjualan serta apakah produk dan promosi Dana Mobil secara simultan berpengaruh terhadap volume penjualan PT. MNC Finance. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Penelitian dilakukan dengan mencari data primer, melalui kuesioner. Data yang terkumpul kemudian diolah dengan analisa statistik menggunakan uji validitas, uji realibilitas, uji normalitas, uji heterokedastisitas, uji multikolinieritas, auto korelasi, anasilis regresi linier berganda, uji hipotesis, dan koefisien berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa variable produk tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap peningkatan volume penjualan. Serta variabel promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan volume penjualan. Selain itu variable produk dan promosi ternyata berpengaruh secara simultan dan signifikan terhadap volume penjualan.


Full Text:

PDF

References


Abdullah, T., & Tantri, F. (2016). Manajemen Pemasaran. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Alfryanza, M. (2020). Pelaksanaan Pembiayaan Konsumen Berbasis Layanan Teknologi Pada PT. Cicil.co.id. Skripsi. Fakultas Hukum Universitas Andalas.

Aulia, D., & Hidayat, R. (2022). Upaya Peningkatan Volume Penjualan melalui Optimalisasi Kualitas Produk dan Saluran Distribusi. EKUITAS : Jurnal Ekonomi, Keuangan, Investasi Dan Syariah, 4(2), 665–671. https://doi.org/10.47065/ekuitas.v4i2.2514

Awaliya, E., Suhendri, N., Goharwin, Sibarani, T. P., Wildani, L. N., Zabrina, F. S., & Anantia, R. (2023). Analisis Lingkungan Bisnis Internal dan Eksternal PT Nestle Indonesia. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 4(2), 1525-1534. https://doi.org/10.55338/jpkmn.v4i2.1097

Efelin, F. S., Dewi, A. S., & Mahaputra, A. P. (2023). Pengaruh Strategi Pemasaran 4P (Produk, Harga, Lokasi, Promosi) dan Word Of Mouth terhadap Volume Penjualan di Attahira Fashion Tulungagung. Jurnal Riset Dan Inovasi Manajemen, 1(4), 197-208. https://doi.org/10.59581/jrim-widyakarya.v1i4.1460

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang : BP Universitas Diponegoro.

Hermanto, Remofa, Y., & Heriasman. (2021). The Effect of The Influence of Products, Prices, Promotions and Brand Image on Sales Volume in Cahaya Mandiri Trading Business. IJSS : International Journal of Social Science, 1(4), 513-516. https://doi.org/10.53625/ijss.v1i4.1037

Johan, S. (2017). Analisis Struktur Industri Pembiayaan Indonesia. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 1(1), 18-25. https://doi.org/10.24912/jmieb.v1i1.402

Kotler, P., Keller, K. L., & Chernev, A. (2022). Marketing Management. In Global Edition (16th ed.). Pearson Education Limited.

Marbun, M., Yona, M., & Ariyati, Y. (2016). Pengaruh Promosi dan Kualitas Produk Terhadap Volume Penjualan Pada PT Cipta Group Kota Batam (Studi Kasus Pada Perumahan Buana Bukit Permata di Batam). Jurnal Bening, 3(2), 1-10. https://doi.org/10.33373/bening.v3i2.756

Mardiatmoko, G. (2020). Pentingnya Uji Asumsi Klasik Pada Analisis Regresi Linier Berganda. BAREKENG: Jurnal Ilmu Matematika Dan Terapan, 14(3), 333-342. https://doi.org/10.30598/barekengvol14iss3pp333-342

Mulyantomo, E., Widowati, S. Y., & Andriani, N. D. (2021). Strategi Penjualan Aneka Jajanan Tradisional (Studi Kasus Pada Toko Novi Snack Cabang Tlogosari). SOLUSI¯: Journal of Business and Economic, 19(4), 391-404. https://doi.org/10.26623/slsi.v19i4.3903

Munardi, H. T., Djuhartono, T., & Sodik, N. (2021). Pengaruh Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada Pt National Finance. Jurnal Arastirma : Pemasaran, Keuangan, Sumber Daya Manusia, 1(2), 336-346. https://doi.org/10.32493/arastirma.v1i2.12371

Nurhadi. (2018). Pembiayaan dan Kredit di Lembaga Keuangan. Jurnal Tabarru : Islamic Banking and Finance, 1(2), 14-24. https://doi.org/10.25299/jtb.2018.vol1(2).2804

Prasetyo, M. Z., Kuncoro, C., & Afiyah, S. (2020). Perjanjian Kredit Kendaraan Bermotor Dengan Fasilitas Pembiayaan Multiguna Terhadap Asas Kebebasan Berkontrak. MIMBAR YUSTITIA : Jurnal Hukum Dan Hak Asasi Manusia, 4(2), 100-109. https://doi.org/10.52166/mimbar.v4i2.3334

Purbohastuti, A. W. (2021). Efektivitas Bauran Pemasaran pada Keputusan Pembelian Konsumen Indomaret. Sains Manajemen: Jurnal Manajemen Unsera, 7(1), 1-17. https://doi.org/10.30656/sm.v7i1.2707

Rizkyan, M. A., & Anggraeni, N. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Kualitas Pelayanan, Promosi, Kemasan, Dan Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Hokben. Jurnal Mirai Management, 7(3), 482-487. https://doi.org/10.37531/mirai.v7i3.3309

Sasono, E., & Rahayu, P. (2022). Pengaruh E-Marketing Terhadap Volume Penjualan UMKM Kerupuk Usek Di Kelurahan Kasepuhan Kabupaten Batang. Jurnal STIE Semarang, 14(2), 34-50. https://doi.org/10.33747/stiesmg.v14i2.548

Siregar, A. A. R., Ginting, B. M., Febrianti, W. S., & Ningsih, H. T. K. (2023). Pengaruh Biaya Produksi, Biaya Promosi dan Volume Penjualan Terhadap Laba Bersih Perusahaan Pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar di BEI. Bisnis Net: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 6(1), 16-29. https://doi.org/10.46576/bn.v6i1.3382

Suardika, I. K., & Dewi, N. K. A. K. (2022). Pengaruh Promosi, Kualitas Pelayanan Dan Citra Perusahaan Terhadap Volume Penjualan. COSTING : Journal of Economic, Bussines and Accounting, 6(1), 351-360. https://doi.org/10.31539/costing.v6i1.4077

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Cetakan Ketiga. Bandung : Alfabeta.

Suheriadi. (2020). Ini Dia Perusahaan Pembiayaan Dengan Kinerja Terbaik 2020. InfoBank. https://infobanknews.com/ini-dia-perusahaan-pembiayaan-dengan-kinerja-terbaik-2020/

Swastha, B., & Irawan. (2013). Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta : Liberty.

Widiastuti, T. M., & Kusdwiyanto. (2023). Korelasi Biaya Promosi Dengan Volume Penjualan Pada Perusahaan Jasa Bengkel Body Repair. AKSES¯: Journal of Public & Business Administration Science, 5(2), 1-7. https://doi.org/10.58535/jasm.v5i2.39




DOI: https://doi.org/10.56486/kompleksitas.vol13no2.650

Article Metrics

Abstract view : 50 times
PDF - 28 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

TERINDEKS OLEH :

Â