PENGARUH PERSAINGAN TERHADAP HARGA DAN PRODUKSI

Tannia Regina

Abstract


Competition is a condition where many sellers are offering similar products or services. Competition can occur in perfectly competitive markets, monopolistic competitive markets, and oligopolistic markets. The effect of competition on prices and production can be analyzed using microeconomic theory. Microeconomic theory suggests that competition will tend to lower prices and increase production. This study aims to determine the effect of competition variables on price and production variables. The research conducted associative research to understand whether there is a causal relationship or association between the variables of competition, price, and production. The data used in this research is quantitative using secondary data obtained through library research. The data analysis method used is multiple regression analysis. The results show that competition can affect prices and production. Competition will tend to reduce prices and increase production. This is due to the competition between sellers which causes many choices for buyers.

Persaingan adalah kondisi di mana terdapat banyak penjual yang menawarkan produk atau jasa yang serupa. Persaingan dapat terjadi dalam pasar persaingan sempurna, pasar persaingan monopolistik, dan pasar oligopoli. Pengaruh persaingan terhadap harga dan produksi dapat dianalisis dengan menggunakan teori ekonomi mikro. Teori ekonomi mikro menunjukkan bahwa persaingan akan cenderung menurunkan harga dan meningkatkan produksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang diberikan oleh variabel persaingan terhadap variabel harga dan produksi. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian asosiatif untuk memahami apakah ada hubungan kausal atau asosiasi antara variabel-variabel persaingan, harga dan produksi. Data yang digunakan dalam penelitian ini bersifat kuantitatif dengan sumber data yang digunakan mencakup data sekunder yang diperoleh melalui riset kepustakaan dengan metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persaingan dapat mempengaruhi harga dan produksi. Persaingan akan cenderung menurunkan harga dan meningkatkan produksi. Hal ini disebabkan oleh adanya persaingan antar penjual yang menyebabkan menghadirkan banyak pilihan bagi pembeli


Full Text:

PDF

References


Fidayani, Y., & Wisudawati, T. (2020). Analisis Struktur Pasar Kedelai Di Kabupaten Grobogan. Journal Science Innovation and Technology (SINTECH), 1(1), 13–21. https://doi.org/10.47701/sintech.v1i01.859

Hamzah, A. (2009). Analisis Faktor-Faktor Internal Dan Eksternal Terhadap Persaingan Bisnis (Studi Pada Perusahaan Food And Beverage Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia 2002 – 2007). Jurnal Manajemen Teori Dan Terapan, 2(3), 199–210. https://doi.org/10.20473/jmtt.v2i3.2387

Herfiana, A. D. (2022). Mekanisme Dan Penetapan Harga Jual Beli Pasar Perspektif Islam. Taraadin : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 2(2), 39–53. https://doi.org/10.24853/trd.2.2.39-53

Hidayah, R., Anshory, M. N., Fadhillah, M. R., & Janati, N. (2023). Pasar Persaingan Sempurna Dalam Perspektif Ekonomi Islam. JEI: Jurnal Ekonomi Islam, 1(1), 45–43.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2012). Principles of Marketing (14th Editi). Pearson Education.

Mariani. (2022). Manajemen Operasional Pada Proses Produksi Perusahaan. Optimal: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 2(1), 95–108.

Mukaromah, N. F., & Wijaya, T. (2020). Pasar Persaingan Sempurna Dan Pasar Persaingan Tidak Sempurna Dalam Perspektif Islam. PROFIT: Jurnal Kajian Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 4(2), 1–16. https://doi.org/10.33650/profit.v4i2.1621

Ramli, M. (2019). Pengaruh Biaya Produksi Terhadap Pendapatan Pengrajin Tenun Di Desa Bira Kecamatan Bontobahari Kabupaten Bulukumba. Jurnal Economix, 7(2), 96–107.

Sinaga, B. (2018). Pentingnya Penetapan Harga Pokok Produksi Dalam Penentuan Harga Jual Telur Ayam (Studi Kasus Pada Peternakan “Ana Farm” di Kabupaten Malang). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB UB, 6(2), 1–13.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Supriyadi, E. (2010). Percobaan Ekonomi Untuk Mengkaji Pengaruh Informasi Serta Jumlah Penjual dan Pembeli Dalam Transaksi Pasar. The Winners, 11(1), 43–54. https://doi.org/10.21512/tw.v11i1.699

Susilawati, R., Imsin, M., & Nikmah, K. (2021). Analisis Persaingan Usaha Dalam Etika Bisnis Islam Di Kabupaten Jombang. Akuntansi’45: Jurnal Ilmiah Akuntansi, 2(2), 120–127.

Westra, I. K. (2016). Pengaruh Jumlah Produksi dan Harga Jual Terhadap Volume Penjualan Pada UD Sayur Segar Dari Tahun 2013-2015. Journal Social Studies, 4(2), 63–69.




DOI: https://doi.org/10.56486/kompleksitas.vol12no2.420

Article Metrics

Abstract view : 99 times
PDF - 72 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

TERINDEKS OLEH :