PERANAN CUSTOMER SUPPORT DALAM MENJAGA MUTU PELAYANAN KEPADA PELANGGAN PT. ENERREN TECHNOLOGIES

Callicsta Putri Aurelya, Alida Wahyuni

Abstract


One of the efforts so that PT. Enerren Technologies can compete with companies that provide similar products by improving the quality of service to customers. This study aims to determine the role of customer support in maintaining and increasing the quality of service to customers of PT. Enerren Technologies. Customer support is the part that will deal directly with customers and is responsible service to help customers handle complaints and as a solution provider. In serving customers, a good attitude and good service quality are needed to create customer satisfaction. This research includes a qualitative descriptive study using primary data with data collection techniques through interviews and observation. From the research results it is proven that customer support has a vital role in maintaining the quality of service to customers.

Salah satu upaya agar PT. Enerren Technologies dapat bersaing dengan perusahaan yang menyediakan produk serupa adalah  dengan meningkatkan mutu pelayanan kepada pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran customer support dalam menjaga dan meningkatkan mutu pelayanan kepada pelanggan PT. Enerren Technologies. Customer support merupakan bagian yang akan berhubungan langsung dengan pelanggan dan bertanggung jawab terhadap pelayanan untuk membantu pelanggan menangani keluhan dan sebagai pemberi solusi. Dalam pelayanan kepada pelanggan diperlukan sikap yang baik dan kualitas pelayanan yang baik sehingga terciptanya kepuasan pelanggan. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif menggunakan data primer dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan observasi. Dari hasil penelitian terbukti bahwa customer support memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga mutu pelayanan kepada pelanggan.


Full Text:

PDF

References


Andreani, F. (2007). Experiential Marketing (Sebuah Pendekatan. Pemasaran). Jurnal Manajemen Pemasaran, 2(1), 1–8.

Aulianto, D. R. (2022). Evaluasi Pengelolaan Arsip Dinamis pada Unit Pengolah di Sekretariat Utama Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia. Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi Dan Kearsipan, 8(1), 25–36. https://doi.org/10.14710/lenpust.v8i1.44715

Barata, A. A. (2003). Dasar- Dasar Pelayanan Prima. Jakarta: PT. Gramedia. Pustaka.

Hamdan, H. (2018). Industri 4.0: Pengaruh Revolusi Industri Pada Kewirausahaan Demi Kemandirian Ekonomi. Jurnal Nusantara Aplikasi Manajemen Bisnis, 3(2), 1–8. https://doi.org/10.29407/nusamba.v3i2.12142

Hendriyani, M., Sutandar, E., & Syaitavi, R. G. (2022). Strategi Peningkatan Standar Layanan Customer Support Dalam Upaya Menurunkan Keluhan Pelanggan (Studi Kasus PT. Enerren Technologies). Kompleksitas: Jurnal Ilmiah Manajemen, Organisasi Dan Bisnis, 11(2), 11–19. https://doi.org/10.56486/kompleksitas.vol11no2.243

Karina, M., Pujiati, H., & Arisandi, I. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Brand Image Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Pt Adira Finance Cimanggis. Kompleksitas: Jurnal Ilmiah Manajemen, Organisasi Dan Bisnis, 11(1), 1–13. https://doi.org/10.56486/kompleksitas.vol11no1.164

Kasmir. (2017). Customer Service Excellent. Depok : PT Raja Grafindo Persada.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. In Global Edition (1st ed.). Pearson Education Limited. https://doi.org/10.1080/08911760903022556

Laksana, F. (2008). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Maria. (2011). Manfaat Biaya Kualitas Terhadap Keunggulan Bersaing Perusahaan. Jurnal Media Wahana Ekonomika, 8(3), 76–82. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Ekonomika/article/view/4261/3938

Nasruddin, & Saragih, D. R. U. (2022). Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Melalui Peran Kualitas Pelayanan : Keputusan Pembelian Sebagai Mediator Riset Pelanggan Ammal Marwah Tour (Pembelian Tiket Maskapai Penerbangan). EduTurisma: Journal of Tourism and Education, 6(2), 1–12.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sutherland, J., & Canwell, D. (2004). Key Concepts in Business Practice. Macmillan Education UK.

Tjiptono, F. (2014). Strategi Pemasaran (Edisi Ke-3). Yogyakarta : Andi.




DOI: https://doi.org/10.56486/kompleksitas.vol12no1.358

Article Metrics

Abstract view : 167 times
PDF - 158 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

TERINDEKS OLEH :

Â