UPAYA PENINGKATAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP PELAYANAN PADA BMT MEKAR DA’WAH SERPONG
Abstract
BMT Mekar Da'wah always strives to be honest in partnering and professional in work. BMT Mekar da'wah strives to be able to help and assist others in material or non-material forms. In this Sharia cooperative, the contracts applied are Mudharabah, musyarakah, and murabahah contracts and for deposits applied are Wadiah deposits. This study aims to analyze the operational standards used by front liners in serving cooperative customers to increase customer satisfaction through the company's commitment to running SOPs well. The research method used is descriptive qualitative by collecting data through interviews with the BMT Mekar Da'wah Serpong manager. The results of the study show that BMT Mekar Da'wah Serpong has met the standards, both in-store atmosphere and out-store atmosphere so that they are considered to have met service quality standards. Cooperative members in general are very satisfied with the quality of service from BMT Mekar Da'wah Serpong, this can be seen from the level of conformity of satisfaction after they compare the perceived performance with the expected performance that meets service quality standards.
BMT Mekar Da‟wah selalu berupaya untuk jujur dalam bermitra dan professional dalam bekerja. BMT Mekar da‟wah berusaha untuk bisa menolong dan membantu sesama dalam bentuk materi ataupun non materi. Pada koperasi syariah ini akad yang diterapkan adalah akad Mudharabah, musyarakah, murabahah dan untuk simpanan yang diterapkan pada BMT Mekar Da‟wah yaitu simpanan Wadiah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis standar operasional yang digunakan oleh frontliner dalam melayani nasabah koperasi dalam upaya meningkatkan kepuasan pelanggan melalui komitmen perusahaan untuk menjalankan SOP dengan baik. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara kepada manager BMT Mekar Da‟wah Serpong. Hasil penelitian menunjukan bahwa BMT Mekar Da‟wah Serpong ini sudah memenuhi standar, baik dari in-store atmosphere ataupun out-store atmosphere sehingga dianggap telah memenuhi standar kualitas pelayanan. Para anggota koperasi secara umum sudah merasa sangat puas terhadap kualitas pelayanan dari BMT Mekar Da‟wah Serpong, hal ini dapat dilihat dari tingkat kesesuaian kepuasan setelah mereka membandingkan kinerja yang dirasakan dengan kinerja yang diharapkan sudah memenuhi standar kualitas pelayanan.
Full Text:
PDFReferences
Calam, A., Sari, D. P., & Aryanto, D. (2021). Upaya Meningkatkan Partisipasi Dan Minat Masyarakat Terhadap Koperasi Syariah BMT At-Tin. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(6), 303–313. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.62
Firdausy, C. M. (2021). Memajukan Industri Keuangan Syariah Berdaya Saing. Jakarta : Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Isnaini, A. M. (2017). Kedudukan Hukum Baitul Mal Wat Tamwil (BMT) sebagai Lembaga Keuangan Bukan Bank dengan System Syariah. Jurnal Hukum Jatiswara, 31(1), 177–186.
Murdayanti, Y., & Indriani, S. (2019). PkM Kopontren Daarul Rahman Cipedak Jagakarsa Jakarta Selatan melalui Kewirausahaan Syariah berbasis Smartphone. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Politeknik Negeri Batam, 1(2), 87–103. https://doi.org/10.30871/abdimaspolibatam.v1i2.1668
Nofinawati. (2015). Perkembangan Perbankan Syariah di Indonesia. JURIS (Jurnal Ilmiah Syariah), 14(2), 168–183.
Nurjanah, N., & Purnama, N. S. (2023). Perkembangan Lembaga Keuangan Syariah dan Kondisi Makro Ekonomi di Indonesia. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 9(01), 346–357.
Rasyidi, M. A. (2018). Mengembalikan Koperasi Kepada Jatidirinya Berdasarkan Ketentuan-Ketentuan Dan Peraturan-Peraturan Yang Berlaku Di Indonesia. Jurnal M-Progress, 8(1), 148–165.
Saifussalam, S. (2022). Sosialisasi Inisiasi Baitul Maal Wa Tamwil (BMT) Di Desa Bojong Murni Kecamatan Ciawi Kabupaten Bogor. ALMUJTAMAE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 241–244. https://doi.org/10.30997/almujtamae.v2i3.5434
Sofhia, D. E. G., Wicaksono, J., & Lubis, D. (2020). Sosialisasi Literasi Keuangan Syariah di Desa Cacaban, Kecamatan Conggeang, Kabupaten Sumedang. Jurnal Pusat Inovasi Masyarakat, 2(3), 378–383.
Sofian. (2018). Koperasi Syariah Sebagai Solusi Keuangan Masyarakat : Antara Religiusitas, Trend dan Kemudahan Layanan. 9th Industrial Research Workshop and National Seminar (IRWNS), 752–758.
Suryani, S. (2012). Sistem Perbankan Islam di Indonesia: Sejarah dan Prospek Pengembangan. Muqtasid: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 3(1), 111–131. https://doi.org/10.18326/muqtasid.v3i1.111-131
DOI: https://doi.org/10.56486/kompleksitas.vol12no1.355
Article Metrics
Abstract view : 165 timesPDF - 145 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
TERINDEKS OLEH :






