MANAJEMEN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DALAM PENGUASAAN STRUKTUR PARAGRAF TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS BAHASA INGGRIS SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS

Evi Okli Lailani

Abstract


Dalam mempelajari bahasa Inggris, ada empat keterampilan yang harus dikuasai oleh siswa antara lain speaking (berbicara), listening (mendengar),reading (membaca), dan writing (menulis). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen pembelajaran Bahasa Inggris dalam meningkatkan kemampuan penguasaan struktur paragraf terhadap keterampilan menulis eksposisi bahasa inggris siswa Sekolah Menengah Atas . Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode pembelajaran yang dipakai yaitu ceramah, diskusi, tanya jawab dan penugasan. Pembelajaran writing skill terintegrasi dengan keterampilan lainnya seperti speaking dan reading serta keterampilan pendukung seperti grammar dan vocabulary. Guru juga meningkatkan vocabulary siswa dengan menugaskan siswa membuat kamus mini pada setiap pertemuan, memberi motivasi dan pengajaran yang jelas tentang aspek- aspek dalam writing skill seperti fungsi sosial, struktur teks dan aspek kebahasaan

Full Text:

PDF

References


Fadlillah. 2014. Implementasi Kurikulum 2013.Yogyakarta: Arus Media.

Harmer, Jeremy. 2001. How to teach English. England: Longman

Kunandar. (2009). Guru Profesioanal Implementasi KTSP dan Sukses Dalam Sertifikasi Guru. Rajawali Pers,m Jakarta

Kusumaningputri, Reni. 2010. English for Specific Purpose di Universitas Jember. Jember: Jurnal Unej

Priansa Juni, Donni. 2015. Manajemen Peserta Didik dan Model Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Tarigan, Henry Guntur. 2013. Menulis: Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Sanjaya, Wina. (2013). Strategi Pembelajaran: Berorentasi Standar Proses Pendidikan. Prenada Media, Jakarta.

Supardi. (2013). Sekolah Efektif: Konsep Dasar dan Praktiknya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sinar Grafika.

Undang - Undang RI Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen Standar Pendidikan Nasional. Jakarta: Tamita Utama.

Usman, Husaini. (2014). Manajemen: Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan. Bumi Aksara: Jakarta.

Yamin, H. Martunis dan Maisah. (2009). Manajemen Pembelajaran Kelas: Strategi Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press.




DOI: https://doi.org/10.56486/kompleksitas.vol8no01.244

Article Metrics

Abstract view : 219 times
PDF - 145 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




TERINDEKS OLEH :

Â