ANALISIS PENGARUH KEBUTUHAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP PERKEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN DENGAN SATISFICING MODEL (STUDI KASUS ORANG TUA ANAK SEKOLAH DASAR)

Fitri Sya’bandyah, Farida Yuliaty

Abstract


Information technology has been developing rapidly and affected every aspect of human life boundlessly directly or indirectly. One of them is computer technology and telecommunication devices and any other eligible information media that are capable of assisting in knowledge learning activity based on information technology, input technology, processing technology, output technology, software technology, and storage technology. This research is purposed to discover how immense the knowledge of technology and how the role of parents in the usage of information technology to obtain information and the communication that is required in knowledge delivery and the learning interest of children. The usage caused a positive impact in delivering the learning process that provided comprehensive concepts of information technology by using media resulting from print technology, audio-visual technology, computer-based technology, and mixed media that support the application to parents to improve the good communication capability towards the children by using satisficing models. The result that was obtained such as 71,67 strongly agreed and 28.33 agreed with using information technology also supporting comprehensive, communication capability, controlling and optimizing the learning process for elementary school children.

Teknologi informasi berkembang sangat pesat saat ini membuat hampir tidak ada bidang kehidupan manusia yang bebas dari pengguaanya baik secara langsung maupun tidak langsung, salah satunya dengan teknologi komputer perangkat serta alat telekomunikasi dan media informasi lainya yang mumpuni dalam membantu kegiatan pembelajaran ilmu pengetahuan dengan di dasari oleh teknologi informasi, teknologi masukan, teknologi proses, teknologi keluaran, teknologi perangkat lunak, dan teknologi penyimpanan. Tujuan penelitian ini adalah mengukur seberapa besar penggunaan teknologi dengan ilmu pengetahuan dan bagaimana peranan orang tua dalam penggunaan teknologi informasi untuk menggali informasi dan komunikasi yang dibutuhkan dalam penyampaian materi serta minat belajar terhadap anak-anak. Penggunaannya  memiliki dampak positf di dalam menyampaikan proses pembelajaran yang dapat memberikan pemahaman terhadap konsep-konsep dari penggunaan teknologi informasi yakni dengan cara mengunakan media hasil teknologi cetak, media hasil tekologi audio-visual, media hasil berbasis komputer dan media hasil gabungan yang dapat membantu pengaplikasiannya bagi para orang tua dalam meningkatkan kemampuan berkomunikasi dengan baik terhadap anak-anaknya dengan menggunakan menggunakan satisficing models. Hasil yang di dapat adalah 71,67 sangat setuju dan 28,33 setuju dalam pengguanan teknologi informasi serta membantu mempermudah pemahaman, penyampaian komunikasi, mengontrol dan mengoptimalkan cara belajar bagi para anak-anak Sekolah Dasar.


Full Text:

PDF

References


Ardianto, Ervnaro, DR; Metodelogi Penelitian untuk public relations; Simbiosa Rekatama Media; 2016

Arsyad, Azhar., Media Pembelajaran, PT. Rajagrafindo Persada, 2016

Buletin Psikologi, Perilaku pengguna media sosial beserta implikasinya ditinjau dari perspektif psikolog sosial terapan 2017, Vol 25, No1, 36-44

Deni Darmawan, Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi : Teori dan Aplikasi; Rosda; 2012

Dewi Surasi, Studi literature : Peran teknologi pendidikan dalam pendidikan 4.0 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Vol 2, No. 1, 2019 Hal 456-469

Gilang Wisnu Saputra, M.Aldi Rvai, Mawaddatus Su’udah, Pengaruh Teknologi Informasi Terhadap Kecerdasan (Intelektual, Sprirtual, Emosional, dan Sosial) Studi kasus : Anak-anak, Jurnal Informatika: Sistem Informasi, 10(2),2017, 77-88

Haris Budiman, Peran teknologi dan komunikasi dalam pendidikan ,Al Tadzkiyyah : Jurnal Pendidikan Islam, Volume 8 No I, 2017

Jogiyanto HM, Pengenalan Komputer, Andi Offset, Yogyakarta, 1999

Sutanta, Edhy; Sistem Informasi Manajemen, Graha Ilmu, 2003

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Pendidikan Nasional

Yusri, Pengaruh Penggunaan Media Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dengan Prestasi Belajar Bahasa Inggris Peserta Didik Kelas X Di SMAN I Dekai Kabupaten Yahukimo;Jurnal Ilmiah ILKOM Volume 8 No.1 (April 2016) ISSN 2087-1716




DOI: https://doi.org/10.56486/kompleksitas.vol11no1.206

Article Metrics

Abstract view : 363 times
PDF - 261 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




TERINDEKS OLEH :

Â