STRATEGI PEMASARAN EKSPOR PRODUK HASIL LAUT MENGGUNAKAN ANALISIS SWOT DAN AHP

Noerlina Anggraeni

Abstract


This study aims to analyze internal and external factors influencing the export marketing of marine products at CV. Rivago Berkah Samudera and to identify strategies to improve export competitiveness. The study uses a qualitative, descriptive-analytical method. The informants, who are the primary data sources, are selected using a purposive sampling method. The informants consist of Company Management responsible for marketing and export strategies; Production Team tasked with ensuring the processing and quality of marine products according to international market standards; Operational Team that handles logistics, supply chain management, and export shipping; Marketing Team involved in planning, implementation, and management of export marketing; Business Partners consisting of Distributors, export agents, or international customers who are directly related to the company. The results of the study indicate that CV. Rivago Berkah Samudera has been equipped with a comprehensive international-standard infrastructure to support the export marketing of marine products. The proposed export marketing strategy, based on the SWOT analysis, is located in Quadrant II of the ST Strategy (Strengths - Threats), which consists of five criteria: utilizing Customer Relationship Management (CRM) technology to improve marketing effectiveness and customer relationships. The priority strategy, based on the AHP analysis, with the highest weighting of 0.518, is to provide superior customer service and build strong, long-term relationships with international buyers. This strategy is a key factor in creating customer loyalty and increasing trust in the global market. CV. Rivago Berkah Samudera needs to focus on digital marketing, strengthening its distribution network, improving customer service, diversifying its product line, and developing its human resources and production efficiency. With the right strategy, the company can increase its competitiveness and expand its international market share more effectively.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor internal dan eksternal yang memengaruhi pemasaran ekspor produk hasil laut CV. Rivago Berkah Samudera dan strategi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan daya saing ekspor. Penelitian menggunakan metode kualitatif bersifat deskriptif analitik. Narasumber atau informan yang menjadi sumber data utama dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling. Narasumber terdiri dari Manajemen Perusahaan yang bertanggung jawab atas strategi pemasaran dan ekspor; Tim Produksi yang bertugas memastikan proses pengolahan dan kualitas produk hasil laut sesuai standar pasar internasional; Tim Operasional yang menangani logistik, manajemen rantai pasok, dan pengiriman ekspor; Tim Pemasaran yang terlibat dalam perencanaan, implementasi, dan pengelolaan pemasaran ekspor; Mitra Bisnis yang terdiri dari Distributor, agen ekspor, atau pelanggan internasional yang berhubungan langsung dengan perusahaan. Hasil penelitian menunjukan bahwa CV. Rivago Berkah Samudera telah dilengkapi dengan kelengkapan sarana prasarana berstandar internasional untuk mendukung pemasaran ekspor produk hasil laut, Usulan strategi pemasaran ekspor berdasarkan analisis SWOT terletak pada Kuadran II Strategi ST (Strengths - Threats), yang terdiri atas lima kriteria yaitu memanfaatkan teknologi pemasaran berbasis Customer Relationship Management (CRM) untuk meningkatkan efektivitas pemasaran dan hubungan pelanggan. Strategi prioritas berdasarkan analisis AHP dengan bobot tertinggi sebesar 0,518 adalah menyediakan layanan pelanggan yang unggul, dengan tujuan membangun hubungan jangka panjang yang kuat dengan pembeli internasional. Hal ini menjadi faktor kunci dalam menciptakan loyalitas pelanggan dan meningkatkan kepercayaan di pasar global. CV. Rivago Berkah Samudera perlu berfokus pada digitalisasi pemasaran, penguatan jaringan distribusi, peningkatan layanan pelanggan, diversifikasi produk, dan pengembangan SDM serta efisiensi produksi. Dengan strategi yang tepat, perusahaan dapat meningkatkan daya saingnya dan memperluas pangsa pasar internasional secara lebih efektif.


Full Text:

PDF

References


Amri, M. I., Tahir, R., Haris, A., Agusanty, H., & Saleh, M. S. (2024). Trends in Indonesia’s Fishery Commodity Exports. Torani Journal of Fisheries and Marine Science, 8(1), 44–62. https://doi.org/10.35911/torani.v8i1.42086

Diniaty, D., Kusumanto, I., Roza, F., Husna, F. D., Hartati, M., & Nofirza, N. (2019). Analisis Strategi Pemasaran dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Ikan Salai Patin Pada Kelompok XYZ. JKBM : Jurnal Konsep Bisnis Dan Manajemen, 6(1), 109–120. https://doi.org/10.31289/jkbm.v6i1.3080

Hadi, A. A., & Hussein, A. S. (2023). Analisis SWOT-AHP Dalam Menentukan Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Volume Penjualan. Jurnal Kewirausahaan Dan Inovasi, 2(4), 960–981. https://doi.org/10.21776/jki.2023.02.4.03

Hariastuti, N. L. P., & Mudhofar, M. (2024). Penentuan Strategi Pengembangan Usaha Olahan Ikan Bandeng melalui Penerapan Metode SWOT dan Fuzzy AHP (Studi Kasus: UD. Arshaindo). Journal of Industrial View, 6(1), 43–54. https://doi.org/10.26905/jiv.v6i1.12385

Hasan, G., Yeria, W., & Putri, S. T. (2024). Strategi Pemasaran Ekspor Dalam Memasuki Pasar Internasional Pada Pt. Sindo Makmur Sentosa. Economics and Digital Business Review, 5(1), 348–369. https://doi.org/10.37531/ecotal.v5i1.1066

Huda, C. S., Astarin, J. E., Nurani, T. W., Sondita, M. F. A., & Muninggar, R. (2023). Strategi Pengembangan Ekspor Produk Perikanan (Studi Kasus PT Starfood International). Albacore : Jurnal Penelitian Perikanan Laut, 7(1), 47–62. https://doi.org/10.29244/core.7.1.047-062

Khairunisaa, S. S., Putri, A. A., & Sari, D. S. (2024). Blue Economy Sebagai Basis Strategi Kebijakan Ekspor Industri Perikanan Indonesia di Kawasan Asia Tenggara. Padjadjaran Journal of International Relations, 6(2), 141–161. https://doi.org/10.24198/padjir.v6i2.54415

Mursit, A., Wahyono, A., & Setiawan, Y. (2022). Strategi Peningkatan Ekspor Produk Kelautan dan Perikanan Ke Pasar Eropa. Jurnal Manajemen, 6(2), 9–24. https://doi.org/10.54964/manajemen.v6i2.200

Rahayu, A., & Daspar, D. (2025). Analisis Peluang dan Ancaman Ekspor Perikanan Indonesia dalam Konteks Persaingan dengan Vietnam. Kompeten: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 4(1), 1221–1228. https://doi.org/10.57141/kompeten.v4i1.189

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Cetakan Ketiga. Bandung : Alfabeta.

Yuliana, W., & Hasyyati, Z. (2025). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Ekspor Ikan Segar Indonesia. KEAT : Kajian Ekonomi Dan Akuntansi Terapan, 2(3), 33–49. https://doi.org/10.61132/keat.v2i3.1495




DOI: https://doi.org/10.56486/kompleksitas.vol14no2.1053

Article Metrics

Abstract view : 7 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

TERINDEKS OLEH :

Â