PENERAPAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING UNTUK REKOMENDASI LOKASI PENEMPATAN MEDIA PROMOSI INTERNET SERVICE PROVIDER

M. Fadilah Ibnu Hamzah, Adiat Pariddudin, Rajib Ghaniy

Abstract


Internet merupakan hal yang cukup penting di era saat ini, internet dianggap mampu untuk memfasilitasi berbagai macam aktifitas dan juga pekerjaan di berbagai kalangan masyarakat. Di tengah tingginya kebutuhan jaringan internet, kini tersedia beberapa platform Internet Service Provider (ISP) yang menyediakan berbagai fitur layanan internet yang bisa digunakan oleh masyarakat. Beberapa ISP melakukan kegiatan promosi dengan dengan cara menempatkan media promosi di berbagai titik lokasi untuk memasarkan produk yang mereka tawarkan, namun masih terbatasnya informasi mengenai lokasi dan informasi rinci mengenai media lokasi cukup menyulitkan pihak ISP untuk menentukan titik lokasi penempatan media promosi yang tepat dikarenakan proses pengumpulan data terkait detail lokasi masih dilakukan secara manual. Dengan menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW), maka permasalahan terkait pemilihan titik lokasi penempatan media promosi tersebut dapat dilakukan dengan cara yang lebih efektif dan efisien dengan menggunakan beberapa proses yang terpadat dalam metode SAW. melalui metode pengumpulan data yang bersifat deskriptif-analisis yang berkaitan dengan informasi detail lokasi, dikumpulkan 10 detail titik lokasi yang nantinya akan digunakan sebagai lokasi penempatan media promosi oleh ISP Biznet. Hasil perhitungan yang dari metode SAW mendapatkan kenaikan akurasi sebesar 61,47% dari perhitungan manual dan hasil perhitungan tersebut akan digunakan untuk penerapan sistem danakan digunakan oleh ISP Biznet sebagai sarana untuk menentukan titik lokasi penempatan media promosi.

Full Text:

PDF

References


Agustin, A. P., Sundari, S. S., & Mufizar, T. (2025). Penerapan Metode Simple Additive Weighting (SAW) Pada Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Karyawan PT. Telkom Akses Tasikmalaya. JRIS : Jurnal Rekayasa Informasi Swadharma, 05(01), 99–107. https://doi.org/10.56486/jris.vol5no1.712

Aji, M. S. J., & Ilyas. (2023). Analisis Perbandingan Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Di Tembilahan. Jurnal Indragiri Penelitian Multidisiplin, 3(3), 1–16. https://doi.org/10.58707/jipm.v3i3.470

Andoyo, A., Angraeni, E. Y., Khumaidi, A., Nanda, A. P., Agus Suryana, S., Maseleno, A., Pratomo, P. A., Suyono, & Abadi, S. (2021). Sistem Pendukung Keputusan: Konsep, Implementasi & Pengembangan. Indramayu : Penerbit Adab.

Anita, & Hardianto, R. (2025). Tourism Information System to Recommend Tourist Destinations Using the Simple Additive Weighting Method. TeknoIS : Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Dan Sains, 15(1), 96–103. https://doi.org/10.36350/jbs.v15i1.299

Aprilian, L. V., & Saputra, M. H. K. (2020). Belajar Cepat Metode SAW. Bandung : Kreatif Industri Nusantara.

Fitriyani, L., & Wicaksana, B. (2024). Penerapan Metode Simple Additive Weighting Untuk Rekomendasi Penetapan Vendor Jamuan. TeknoIS : Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Dan Sains, 14(2), 147–158. https://doi.org/10.36350/jbs.v14i2.251

Khoiriyah, K., Sugiyono, & Ningtyas, S. (2024). Sistem Informasi Penilaian Kinerja Sales Untuk Menentukan Pemberian Reward Bulanan dan Tahunan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting Pada PT Alfa Sentra Automation. JRIS : Jurnal Rekayasa Informasi Swadharma, 04(02), 47–60. https://doi.org/10.56486/jris.vol4no2.558

Satryawati, E., Fitriansyah, A., & Cahyanto, I. (2023). Penerapan Metode Simple Additive Weighting pada Aplikasi Penentuan Pemasok Bahan Makanan dan Minuman. JTIK : Jurnal Teknologi Informatika Dan Komputer, 9(1), 84–99. https://doi.org/10.37012/jtik.v9i1.1346

Viana, E. O., Swanjaya, D., & Wulanningrum, R. (2022). Implementation SAW Method System For Marketing Media. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Teknologi (INOTEK), 011–016. https://doi.org/10.29407/inotek.v6i2.2553

Yudiani, P., Wibawa, G. N. A., Djafar, M. K., Abapihi, B., & Ningtyas, R. A. (2024). Model Sistem Pendukung Keputusan Multiple Attribute Decision Making (MADM) Dengan Pendekatan Metode Simple Additive Weighting (SAW). Jurnal Matematika Komputasi Dan Statistika, 4(2), 710–717. https://doi.org/10.33772/jmks.v4i2.91




DOI: https://doi.org/10.56486/jris.vol5no2.825

Article Metrics

Abstract view : 20 times
PDF - 14 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TERINDEKS OLEH :

Â