RANCANGAN E-COMMERCE PENJUALAN MINUMAN HERBAL PADA KELOMPOK USAHA BERSAMA PRIMA MANDIRI USAPINONOT
Abstract
Kelompok Usaha Bersama (KUB) Prima Mandiri of Usapinonot Village faces obstacles in selling herbal beverage products, which are still done manually, so market reach is limited, and product information is not widely distributed. To answer these challenges, this study aims to design and build a web-based e-commerce system that allows consumers to order products online. The Waterfall method was chosen as the approach to developing e-commerce software to be built. The study results are in the form of an e-commerce system for selling herbal beverage products. System testing results show that all features run according to function and help users carry out business activities digitally. The results of the implementation show that the online sales information system can increase transaction efficiency, expand market reach, and provide convenience in managing product data and orders. In addition, the use of online media also has a positive impact on product promotion, which can reach more consumers without geographical limitations. Kelompok Usaha Bersama (KUB) Prima Mandiri has successfully built a professional, modern, and adaptive sales platform for technological developments, supporting the sustainable improvement of the local community’s economy.
Kelompok Usaha Bersama (KUB) Prima Mandiri Desa Usapinonot menghadapi kendala dalam proses penjualan produk minuman herbal yang masih dilakukan secara manual, sehingga jangkauan pasar terbatas dan informasi produk tidak tersebar secara luas. Untuk menjawab tantangan tersebut, penelitian ini bertujuan merancang dan membangun sistem e-commerce berbasis web yang memungkinkan konsumen melakukan pemesanan produk secara daring. Metode Waterfall dipilih sebagai pendekatan pengembangan perangkat lunak e-commerce yang akan dibangun. Hasil penelitian berupa sistem e-commerce penjualan produk minuman herbal. Hasil pengujian sistem menunjukan bahwa semua fitur berjalan sesuai fungsi dan membantu pengguna dalam menjalankan aktivitas bisnis secara digital. Hasil implementasi menunjukkan bahwa sistem informasi penjualan online dapat meningkatkan efisiensi transaksi, memperluas jangkauan pasar, serta memberikan kemudahan dalam pengelolaan data produk dan pemesanan. Selain itu, melalui Pemanfaatan media online juga memberikan dampak positif terhadap promosi produk, yang dapat menjangkau lebih banyak konsumen tanpa batasan geografis. Kelompok Usaha Bersama Prima Mandiri telah berhasil membangun platform penjualan yang profesional, modern, dan adaptif terhadap perkembangan teknologi, yang turut mendukung peningkatan ekonomi masyarakat lokal secara berkelanjutan.
Full Text:
PDFReferences
Aini, F. Q., & Cahyanto, T. (2024). Pemanfaatan Rempah Dapur sebagai Minuman Herbal untuk Penyembuhan Berbagai Penyakit di Desa Cimalaka, Sumedang Jawa Barat. Mikroba : Jurnal Ilmu Tanaman, Sains Dan Teknologi Pertanian, 1(3), 78–87. https://doi.org/10.62951/mikroba.v1i3.155
Asthy, A. T. I. B., Kelen, Y. P. K., Manek, S. S., & Gelu, L. P. (2023). Rancang Bangun Sistem Informasi Penyewaan Gedung Resepsi Pernikahan Menggunakan Metode Waterfall di Kota Kefamenanu Berbasis Web. Jurnal Manajemen Dan Teknologi Informasi, 13(2), 109–116. https://doi.org/10.59819/jmti.v13i2.3176
Firdaus, M. R. (2020). Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan Produk Herbal Aqilla Fresh Sukabumi Dengan Metode Sekuensial Linier. Jurnal Algoritma, Logika Dan Komputasi, 3(1), 238–247. https://doi.org/10.30813/j-alu.v3i1.2073
Hermiati, R., Asnawati, A., & Kanedi, I. (2021). Pembuatan E-Commerce Pada Raja Komputer Menggunakan Bahasa Pemrograman PHP dan Database MYSQL. Media Infotama, 17(1), 54–66. https://doi.org/10.37676/jmi.v17i1.1317
Majir, A., & Nasar, I. (2021). Pengaruh E-Commerce Era Industri 4.0 dan Kesiapan Menyambut Revolusi Society 5.0. Sebatik, 25(2), 530–536. https://doi.org/10.46984/sebatik.v25i2.1574
Manurung, H. R., & Heryana, N. (2023). Perancangan Website E-Commerce Menggunakan Metode Waterfall Pada Penjualan Pakaian Impor. JATI : Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika, 7(2), 1280–1286. https://doi.org/10.36040/jati.v7i2.6127
Metboki, G., Nababan, D., & Kelen, Y. P. K. (2024). E - UMKM Studi Kasus Penjualan Kain Tenun Berbasis Android dengan Metode Waterfall. SATESI : Jurnal Sains Teknologi Dan Sistem Informasi, 4(1), 24–29. https://doi.org/10.54259/satesi.v4i1.2729
Omenu, Y. M. B., Kelen, Y., Manek, S. S., & Gelu, L. P. (2023). E-Commerce Penjualan Jamu Kelor Berbasis Web Menggunakan Metode Waterfall Studi Kasus Kelompok Tani Suka Maju, Desa Atmen. Jurnal Penelitian Sistem Informasi, 1(3), 198–210. https://doi.org/10.54066/jpsi.v1i3.742
Risald, & Lafu, L. S. (2021). Implementasi Sistem Penjualan Online Berbasis E-Commerce Pada Usaha UKM Ike Suti Menggunakan Metode Waterfall. JITU : Journal Of Information And Technology Unimor, 1(1), 37–42. https://doi.org/10.32938/jitu.v1i1.1393
Sani, M. G., Kelen, Y. P. ., Seran, K. J. T., & Fallo, K. (2024). E-Commerce Minuman Lokal Tradisional (Sopi) NTT Berbasis Website Menggunakan Metode Waterfall (Studi Kasus : Kecamatan Insana Tengah, Desa Tainsala). JNKTI : Jurnal Nasional Komputasi Dan Teknologi Informasi, 7(2), 109–119. https://doi.org/10.32672/jnkti.v7i2.7527
Wibowo, M. C., & Nugroho, P. A. (2021). Perancangan Sistem Informasi Pengolahan Data Pegawai dan Penggajian Dengan Metode Waterfall (Studi Kasus Pada PT. Inawan Chemtex Sukses Abadi). Jurnal Rekayasa Informasi Swadharma(JRIS), 01(02), 31–37. https://doi.org/10.56486/jris.vol1no2.99
DOI: https://doi.org/10.56486/jris.vol5no2.819
Article Metrics
Abstract view : 26 timesPDF - 12 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
TERINDEKS OLEH :






