APLIKASI PENGENALAN PARIWISATA DESA WISATA SESAOT BERBASIS ANDROID

Dwinita Arwidiyarti, Ahmad Subki

Abstract


This study aims to develop an introduction application for the Sesaot Tourism Village in Narmada District, West Lombok, West Nusa Tenggara. This qualitative descriptive study uses the waterfall system development method and system design tools using UML. Data collection was carried out using observation and interview techniques. The study results are in the form of an Android-based Sesaot Tourism Village application that has undergone functionality testing using the Black Box Testing method with 100% valid results, which means that all menus and buttons can function correctly. With this application, tourists can easily get information related to Sesaot Tourism Village, both tourist attractions equipped with maps and routes, events that will be held, ticket purchases, and sales of superior UMKM products from Sesaot Tourism Village. The impact of the research is expected to increase the number of tourist visits and expand the marketing area of Sesaot Tourism Village to national and international levels.

Tujuan penelitian adalah untuk membangun aplikasi pengenalan Desa Wisata Sesaot di Kecamatan Narmada, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode pengembangan sistem Waterfall dan alat perancangan sistem menggunakan UML. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan wawancara. Hasil penelitian berupa aplikasi Desa Wisata Sesaot berbasis Android yang telah dilakukan pengujian fungsionalitas menggunakan metode Black Box Testing dengan hasil 100% valid, yang artinya semua menu dan button dapat  berfungsi dengan baik. Dengan adanya aplikasi ini wisatawan dengan mudah mendapatkan informasi terkait Desa Wisata Sesaot, baik objek wisatanya yang dilengkapi dengan peta dan rute, acara-acara yang akan dilaksanakan, pembelian tiket dan penjualan produk-produk UMKM unggulan desa wisata Sesaot. Dampak penelitian diharapkan dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan dan memperluas area pemasaran Desa Wisata Sesaot ke tingkat nasional dan mancanegara.


Full Text:

PDF

References


APJII, A. P. J. I. I. (2024). APJII Jumlah Pengguna Internet Indonesia Tembus 221 Juta Orang. Https://Apjii.or.Id/. https://apjii.or.id/berita/d/apjii-jumlah-pengguna-internet-indonesia-tembus-221-juta-orang

Aslamiyah, S. (2023). Pengembangan Aplikasi Pengenalan Pariwisata Berbasis Android. Jurnal Informatika Kaputama (JIK), 7(2), 135–140. https://doi.org/10.59697/jik.v7i2.22

Badan Pusat Statistik, I. (2024). Proporsi Individu yang Menguasai/Memiliki Telepon Genggam Menurut Provinsi (Persen), 2021-2023. Https://Www.Bps.Go.Id/. https://www.bps.go.id/id/statistics-table/2/MTIyMSMy/proporsi-individu-yang-menguasai-memiliki-telepon-genggam-menurut-provinsi.html

Dengo, M. F., Dai, R. H., Amali, L. N., Abdillah, T., Olii, S., & Tuloli, M. S. (2022). Pengembangan Sistem Informasi Pariwisata Berbasis Android. Jambura Journal of Informatics, 4(2), 94–103. https://doi.org/10.37905/jji.v4i2.15351

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, K. L. B. (2021). Desa Sesaot Terima Penghargaan Dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Https://Dpmd.Lombokbaratkab.Go.Id. https://dpmd.lombokbaratkab.go.id/artikel/desa-sesaot-terima-penghargaan-dari-menparekraf/

Lestari, N., Ambarita, A., Hafel, R. G., & . M. (2023). Aplikasi E-Tourism Berbasis Android Sebagai Panduan dan Media Promosi Objek Pariwisata di Maluku Utara. Jurnal Ilmiah ILKOMINFO - Ilmu Komputer & Informatika, 6(1), 11–20. https://doi.org/10.47324/ilkominfo.v6i1.173

Maghfiroh, A., Haryanti, T., & Cahyani, I. (2024). Aplikasi Pemandu Wisata (Tour Guide) Berbasis Android Pada Pariwisata Dieng. Jurnal Sistem Informasi Dan Informatika, 3(1), 32–41.

Prasetio, F. B., & Wellem, T. (2022). Perancangan Dan Implementasi Aplikasi Android Untuk Layanan Informasi Pariwisata. IT-Explore: Jurnal Penerapan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 1(2), 114–132. https://doi.org/10.24246/itexplore.v1i2.2022.pp114-132

Putrawan, P. E., & Ardana, D. M. J. (2019). Peran Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) Dalam Pengembangan Pariwisata di Desa Munduk Kecamatan Banjar Kabupaten Buleleng. Locus Majalah Ilmiah FISIP, 11(2), 40–54.

Raafisianto, I., Sumarno, & Azinar, A. W. (2023). Aplikasi Sistem Informasi Wisata Religi di Mojokerto Berbasis Android. Jutisi: Jurnal Ilmiah Teknik Informatika Dan Sistem Informasi, 12(3), 1841–1849.

Sapari, A., & Sari, E. P. (2023). Sukabumi Explore - Sistem Informasi Pariwisata Kabupaten Sukabumi Berbasis. Syntax: Jurnal Informatika, 12(01), 62–74.




DOI: https://doi.org/10.56486/jris.vol5no2.769

Article Metrics

Abstract view : 82 times
PDF - 42 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TERINDEKS OLEH :

Â