PENGEMBANGAN USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE UJIAN ONLINE TOEFL BERBASIS WEB MENGGUNAKAN METODE USER CENTERED DESIGN

Yovie Shubhan Maurizka, Faisal Piliang, Umar Al-Faruq, Santi Setiyaningsih

Abstract


NIIT College of Information Technology students use the I-Tech Language Center website to take the TOEFL exam. The results of initial observations and interviews found that several things still did not meet user needs, so there was a need to improve the User Interface (UI) and User Experience (UX). This research aims to design the User Interface (UI) and User Experience (UX) of the web-based TOEFL online exam application to increase user satisfaction. The research uses the research and development method with the UI/UX design method using the user-centered design method, with the stages of understanding the context of use, Specifying the user requirements, Designing Solutions, and evaluating against requirements. Design tools using Figma and Adobe Photoshop. After development, an evaluation stage will be carried out using the USE Questionnaire, with four stages: Usefulness, Ease of Use, Ease of Learning, and Satisfaction. The research results are a UI/UX design for the web-based TOEFL online exam, which has been tested using the USE questionnaire with usability measurement results showing that all aspects tested received a positive score, namely more than 80%. The aspect with the highest score is the ease of learning, with a score of 87.8%, usefulness with a score of 84.4%, satisfaction with a score of 86%, and the ease of use aspect, with a score of 85.6%. After assessing the usability of each aspect, usability measurements were carried out based on the four aspects tested, obtaining positive evaluation results with a percentage of 85.6%. So, the research obtained very good results based on usability evaluation.

Website Pusat Bahasa I-Tech merupakan website yang digunakan oleh mahasiswa Sekolah Tinggi Teknologi Informasi NIIT untuk melakukan ujian TOEFL. Dari hasil pengamatan awal melalui observasi dan wawancara ditemukan bahwa beberapa beberapa hal yang masih kurang memenuhi kebutuhan pengguna, sehingga perlu adanya perbaikan User Interface (UI) dan User Experience (UX). Penelitian ini bertujuan merancang User Interface (UI) dan User Experience (UX) aplikasi ujian online TOEFL berbasis web untuk meningkatkan kepuasan pengguna. Penelitian menggunakan metode research & development dengan metode perancangan UI/UX menggunakan metode User Centered Design dengan tahapan Understand the Context of Use, Specify the User Requirements, Design Solution, dan Evaluate Againts Requirements. Alat bantu perancangan menggunakan Figma dan Adobe Photoshop. Setelah dilakukan pengembangan, akan dilakukan tahap evaluasi dengan menggunakan USE Questionnaire, dengan empat tahapan yang ada, yaitu Usefulness, Ease of Use, Ease of Learning, dan Satisfaction. Hasil penelitian berupa rancangan UI/UX ujian online TOEFL berbasis web yang telah diuji dengan kuesioner USE dengan hasil pengukuran usability menunjukkan bahwa seluruh aspek yang diuji mendapatkan nilai yang positif, yaitu lebih dari 80%. Aspek dengan nilai tertinggi adalah ease of learning dengan nilai 87,8%, usefulness mendapatkan nilai 84,4%,  satisfaction dengan nilai sebesar 86%,  dan aspek ease of use mendapatkan nilai 85,6%. Setelah melakukan penilaian usability dari tiap aspek, kemudian dilakukan pengukuran usability berdasarkan empat aspek yang di uji memperoleh hasil evaluasi penilaian yang positif dengan persentase sebesar 85,6%. Sehingga dapat dikatakan bahwa penelitian yang dilakukan mendapatkan hasil yang sangat baik berdasarkan evaluasi usability.


Full Text:

PDF

References


Abdullah, A. J., Wahid, A. H. A., & Rivai, A. (2023). Pengaruh Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Pendidikan Indonesia. JIEP : Journal of Islamic Education Policy, 8(2), 133–146. https://doi.org/10.30984/jiep.v8i2.2715

Dafitri, H., Panggabean, E., Wulan, N., Lubis, A. J., Khairani, S., & Humaira, A. P. (2023). Pelatihan Pembuatan Desain UI/UX Website UMKM Profile Labscarpe dengan Aplikasi Figma. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 3(2.2), 1972–1980. https://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jpkm/article/view/718

Hartawan, M. S. (2022). Penerapan User Centered Design (UCD) Pada Wireframe Desain User Interface dan User Eexperience Aplikasi Sinopsis Film. JEIS: Jurnal Elektro Dan Informatika Swadharma, 2(1), 43–47. https://doi.org/10.56486/jeis.vol2no1.161

Lazwardi, Y. A., Hartono, R., & Hidayat, C. R. (2024). Perancangan User Interface dan User Experience Aplikasi Mobile Untuk Smart Farming Dengan Metode Design Sprint. JEIS: Jurnal Elektro Dan Informatika Swadharma, 4(2), 80–94. https://doi.org/10.56486/jeis.vol4no2.475

Ramadhan, D. E., & Astutik, I. R. I. (2021). Aplikasi Ujian Online Berbasis Web untuk Sekolah Menengah Pertama. Procedia of Engineering and Life Science, 1(2). https://doi.org/10.21070/pels.v1i2.1000

Sabandar, V. P., Sussolaikah, K., & Roring, R. S. (2022). Penerapan User-Centered Design Method Guna Pembaruan Substansi Terhadap Informasi dan Data-Data pada Website. Journal of Computer System and Informatics (JoSYC), 4(1), 116–127. https://doi.org/10.47065/josyc.v4i1.2526

Sasongko, A., Jayanti, W. E., & Risdiansyah, D. (2020). USE Questionnaire Untuk Mengukur Daya Guna Sistem Informasi e-Tadkzirah. Khatulistiwa Informatika, 8(2), 80–87. https://doi.org/10.31294/jki.v8i2.9135

Sufandi, U. U., Priono, M., Aprijani, D. A., Wicaksono, B. A., & Trihapningsari, D. (2022). Uji Usability Fungsi Aplikasi Web Sistem Informasi Dengan USE Questionnaire (Studi Kasus: Aplikasi Web Sistem Informasi Tiras dan Transaksi Bahan Ajar). JPTK : Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 19(1), 24–34. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v19i1.42320

Yasmin, A. F., Nugraha, B., & Ridwan, T. (2025). Perancangan UI/UX Sistem Absensi UMKM Indomom Food Berbasis Web Menggunakan GIS Dengan Metode UCD. JRIS : Jurnal Rekayasa Informasi Swadharma, 5(1), 25–34. https://doi.org/10.56486/jris.vol5no1.642




DOI: https://doi.org/10.56486/jris.vol5no2.762

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TERINDEKS OLEH :

Â