IMPLEMENTASI DATA MINING UNTUK MEMPREDIKSI KECOCOKAN GAYA BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR MENGGUNAKAN ALGORITMA C4.5

Nurmala Nurmala, Eri Sasmita Susanto, I Made Widiarta

Abstract


Education is an effort to prepare students through teaching and learning activities, assignments that can influence attitudes and behaviors to improve the quality of student learning. SDN Sela is an elementary school in Batu Tering Village, Moyo Hulu District, Sumbawa Regency, but many students have difficulty understanding the content of the material properly, learning motivation is still lacking, learning methods are still ineffective and environmental factors are less supportive. So theauthor conducts data mining analysis of student data so that it becomes valuable information to assist teachers and principals in decision making. The author uses data on 136 students of SDN Sela grades 1 - 6 in 2023. The author uses Weka tools with C4.5 algorithm with 7 attributes. The calculation was carried out using the supplied test set method resulting in a Correctly Classifed Instances value of 86.7647% and Incorrectly Classified Instances of 13.2353%, Based on the results of the evaluation of the C4.5 algorithm learning styles in students affect the way abilities, hobbies, and learning methods in each student.

Pendidikan merupakan upaya mempersiapkan peserta didik melalui kegiatan belajar mengajar, penugasan yang dapat mempengaruhi sikap dan perilaku untuk meningkatkan mutu belajar siswa. SDN Sela merupakan sekolah dasar yang ada di Desa Batu Tering, Kecamatan Moyo Hulu, Kabupaten Sumbawa, masih banyak siswa yang kesulitan memahami isi materi dengan baik, motivasi belajar yang masih kurang, metode belajarnya masih kurang efektif dan faktor lingkungan yang kurang mendukung. Maka penulis melakukan analisis data mining terhadap data siswa agar menjadi informasi yang berharga untuk membantu guru dan kepala sekolah dalam pengambilan kebijakan keputusan. Penulis menggunakan data siswa SDN Sela kelas 1 - 6 tahun 2023 sebanyak 136. Penulis menggunakan tools Weka dengan algoritma C4.5 dengan 7 atribut. Perthitungan dilakukan dengan metode supplied test set menghasilkan nilai Correctly Classifed Instances 86.7647% dan Incorrectly Classified Instances 13.2353%, Berdasarkan hasil evaluasi algoritma C4.5 gaya belajar pada siswa berpengaruh dengan cara kemampuan, hobi, dan metode belajar pada masing-masing siswa.


Full Text:

PDF

References


Adawiyah, T. A., Harso, A., & Nassar, A. (2020). Hasil Belajar IPA Berdasarkan Gaya Belajar Siswa. SPEJ : Science and Physics Education Journal, 4(1), 1–8. https://doi.org/10.31539/spej.v4i1.1636

Arifa, F. N., & Prayitno, U. S. (2019). Peningkatan Kualitas Pendidikan: Program Pendidikan Profesi Guru Prajabatan dalam Pemenuhan Kebutuhan Guru Profesional di Indonesia. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 10(1), 1–17. https://doi.org/10.46807/aspirasi.v10i1.1229

Heryana, D. (2019). Data Mining Untuk Memprediksi Kelulusan Mahasiswa Pendidikan Matematika UIN Raden Intan Lampung Menggunakan Naive Bayes. Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Marisa, F., Maukar, A. L., & Akhriza, T. M. (2021). Data Mining Konsep dan Penerapannya. Yogyakarta : Deepublish.

Mustofa, H., Prasetyo, I. A., Supriadi, S., Prasetyo, R. H., Yasri, M., & Fitriyani. (2021). Metode Decision Tree Dalam Pemilihan Gaya Belajar Pada Siswa Sekolah Dasar. SAINTEK : Jurnal Ilmiah Sains Dan Teknologi Industri, 5(1), 21–29. https://doi.org/10.32524/saintek.v5i1.248

Nento, F., & Manto, R. (2023). Peran Teknologi dalam Dunia Pendidikan. E-Tech : Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 11(1), 1–5. https://doi.org/10.24036/et.v11i1.123814

Oscario, Jasmir, & Yudi. (2019). Penerapan Algortima C4.5 Untuk Memprediksi Kecocokan Gaya Belajar Bagi Siswa Siswi Sekolah Dasar (Studi Kasus : SD Sariputra Jambi). Jurnal Processor, 14(2), 141–152. https://doi.org/10.33998/processor.2019.14.2.637

Putri, R. A., Magdalena, I., Fauziah, A., & Azizah, F. N. (2021). Pengaruh Gaya Belajar terhadap Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar. Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia, 1(2), 157–163. https://doi.org/10.59141/cerdika.v1i2.26

Rahmayanti, A., Rusdiana, L., & Suratno, S. (2022). Perbandingan Metode Algoritma C4.5 dan Naive Bayes Untuk Memprediksi Kelulusan Mahasiswa. Walisongo Journal of Information Technology, 4(1), 11–22. https://doi.org/10.21580/wjit.2022.4.1.9654

Sari, D. N., Oktavianto, H., & Saifudin, I. (2022). Penerapan Data Mining Untuk Klasifikasi Gaya Belajar Siswa Menggunakan Algoritma C4.5. Jurnal Smart Teknologi, 3(4), 413–422.

Sudriyanto, Listrianti, F., & Jamal. (2022). Implementasi Algoritma C4.5 Untuk Memprediksi Kesesuaian Gaya Belajar Siswa Sekolah Dasar. COREAI: Jurnal Kecerdasan Buatan, Komputasi Dan Teknologi Informasi, 3(2), 65–72. https://doi.org/10.33650/coreai.v3i2.5074

Supriyadi, A. (2023). Perbandingan Algoritma Naive Bayes dan Decision Tree(C4.5) dalam Klasifikasi Dosen Berprestasi. Generation Journal, 7(1), 39–49. https://doi.org/10.29407/gj.v7i1.19797

Tumanggor, A., & Hasugian, P. S. (2021). Penerapan Data Mining Untuk Memprediksi Tingkat Kemampuan Anak Dalam Mengikuti Mata Pelajaran Dengan Metode C4.5 Pada SDN 105351 Bakaran Batu. JNKTI : Jurnal Nasional Komputasi Dan Teknologi Informasi, 4(1), 57–63. https://doi.org/10.32672/jnkti.v4i1.2718




DOI: https://doi.org/10.56486/jris.vol4no2.434

Article Metrics

Abstract view : 158 times
PDF - 100 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TERINDEKS OLEH :