PENGEMBANGAN MOTION COMIC SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN METODE ADDIE (STUDI KASUS : PONDOK PESANTREN AL-QURAN AL-HIKMAH)

Besthalia Roseas Sati, Rudi Hartono, Teguh Ikhlas Ramadhan

Abstract


The development of the times continues to advance, especially in the world of education, especially in knowledge regarding the introduction of subject matter. Particular learning or educational media are needed to make it easier and motivate students. This research aims to produce interactive motion comic learning media featuring the characters Khalid bin Walid and Georgius Theodorus against the backdrop of the Yarmouk war story. The method used is the ADDIE development model, which consists of five stages: analysis, design, development, implementation, and evaluation. The research results are interactive motion comic media for the Al-Quran Al-Hikmah Islamic Boarding School. The interactive media was then validated using a Likert scale with 20 students as respondents, and the test results showed a score of 82.4%, which was included in the very feasible category.

Perkembangan zaman yang terus maju terutama dalam dunia pendidikan khususnya dalam pengetahuan tentang pengenalan materi pelajaran. Untuk mempermudah dan memotivasi siswa diperlukan suatu media pembelajaran atau edukasi tertentu. Penelitian ini bertujuan menghasilkan media pembelajaran interaktif motion comic yang menampilkan tokoh Khalid bin Walid dan Georgius Theodorus dengan latar belakang kisah perang Yarmouk. Metode yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yang meliputi analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Hasil penelitian berupa media interaktif motion comic untuk Pondok Pesantren Al-Quran Al-Hikmah. Media interaktif kemudian di uji validasi dengan menggunakan skala likert dengan 20 santri sebagai responden, dan hasil uji menujukan skor 82,4% yang termasuk kategori sangat layak.


Full Text:

PDF

References


Arhami, M., Husaini, Huzaeni, Salahuddin, & Rudi, F. Y. (2023). Metodologi Penelitian Untuk Teknologi Informasi dan Komputer. Yogyakarta : Andi.

Ayuwandira, C. D., & Suprapto, R. (2022). Perancangan Komik Interaktif untuk Memberikan Pemahaman Tentang Acute Stress Disorder di Lingkungan Keluarga. Desainpedia : Jurnal Desain Produk Dan Desain Komunikasi Visual, 1(2), 73–78. https://doi.org/10.36262/dpj.v1i2.646

Hidayat, F., & Nizar, M. (2021). Model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. JIPAI : Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam, 1(1), 28–38. https://doi.org/10.15575/jipai.v1i1.11042

Kadir, R. A., Nurabdiansyah, & Aswar. (2023). Motion Comic Karya Sastra Kayori Pengingat Bencana Suku Kaili. Paratiwi: Jurnal Seni Rupa Dan Desain, 2(2), 259–268. https://doi.org/10.26858/p.v2i2.46209

Lestari, P. I., & Afifah, L. (2021). Pengembangan Media Komik Digital Echt Spass dengan Tema Schule untuk Pembelajaran Bahasa Jerman Kelas X. JOLLA : Journal of Language, Literature, and Arts, 1(11), 1532–1546. https://doi.org/10.17977/um064v1i112021p1532-1546

Nurazizah. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Berbasis STEM Untuk Siswa Madrasah Tsanawiyah. Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Nurfadhillah, S., Ningsih, D. A., Ramadhania, P. R., & Sifa, U. N. (2021). Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD Negeri Kohod III. Pensa : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 243–255. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa/article/view/1338

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911–7915. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9498

Pujiastuti, H., Haryadi, R., & Arifin, A. M. (2020). The Development of Augmented Reality-Based Learning Media to Improve Students Ability to Understand Mathematics Concept. Unnes Journal of Mathematics Education (UJME), 9(2), 92–101. https://doi.org/10.15294/ujme.v9i2.39340

Syafmen, W., & Indri, S. (2023). Development of M-Learning Media Illustrated Crossword Puzzles to Increase Learning Motivation for Middle School Students. Journal of Educational Science and Technology, 9(2), 111–117. https://doi.org/10.26858/est.v9i2.44064




DOI: https://doi.org/10.56486/jeis.vol5no1.542

Article Metrics

Abstract view : 41 times
PDF - 21 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Besthalia Roseas

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

TERINDEKS OLEH :

Â