PERANCANGAN UI/UX APLIKASI MOBILE PERPUSTAKAAN DIGITAL DENGAN METODE USER CENTERED DESIGN (UCD) STUDI KASUS PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS PERJUANGAN TASIKMALAYA

Eva Rozamila Syaidah, Rudi Hartono, Agus Supriatman

Abstract


The results of the initial observation and questionnaire distributed to visitors of the Universitas Perjuangan Tasikmalaya library revealed that the library cannot provide digital references. Library visitors want a digital library that can display the catalog of books available in the library. This research aims to design the UI/UX of a digital library mobile application and evaluate the design results using the System Usability Scale (SUS). The research method uses the User Centered Design (UCD) method. The research results in a UI/UX design for a mobile-based digital library application tailored to user needs using the User Centered Design (UCD) method. Two stages of testing using usability testing with the Maze design tool scored 73, which is quite good, and System Usability Testing (SUS) scored 70.25% (Good). In general, the UI/UX design of the digital library application meets user needs and can be implemented immediately.

Hasil observasi dan Kuisioner tahap awal yang dibagikan kepada pengunjung perpustakaan Universitas Perjuangan Tasikmalaya, ditemukan permasalahan bahwa saat ini Perpustakaan belum mampu menyediakan referensi secara digital. Pengunjung perpustakaan menginginkan adanya perpustakaan digital yang dapat melihat katalog dari buku yang ada di perpustakaan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk merancang UI/UX aplikasi mobile perpustakaan digital dan mengevaluasi hasil perancangan menggunakan System Usability Scale (SUS). Metode penelitian menggunakan metode User Centered Design (UCD). Hasil penelitian berupa rancangan desain UI/UX untuk aplikasi perpustakaan digital berbasis mobile sesuai kebutuhan pengguna dengan menerapkan metode User Centered Design (UCD). Untuk pengujian menggunakan 2 tahap yaitu menggunakan usability testing dengan tools Maze design dengan score 73 yaitu cukup baik dan pengujian System Usability Testing (SUS) mendapatkan score hasil 70,25% (Good). Secara umum rancangan UI/UX aplikasi perpustakaan digital telah sesuai dengan kebutuhan pengguna dan dapat segera diimplementasikan.


Full Text:

PDF

References


Bagaskara, W., & Voutama, A. (2023). Perancangan UI/UX Aplikasi Perpustakaan Digital. Innovative : Journal Of Social Science Research, 3(2), 10113–10124. https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/1590

Hartono, R., & Ramadhan, T. I. (2022). Implementasi Metode User Centered Design (UCD) dengan Framework Kanban dalam Membangun Desain Interaksi. Jurnal Algoritma, 19(2), 823–831. https://doi.org/10.33364/algoritma/v.19-2.1203

Marupa, B., Qausar, A., Alviansyah, D., & Taufik, A. (2022). Perancangan UI UX Design Aplikasi Peminjaman Buku Perpustakaan Berbasis Mobile Pada SMA Negeri 31 Jakarta. Jurnal Pariwisata, Bisnis Digital Dan Manajemen, 1(2), 78–86. https://doi.org/10.33480/jasdim.v1i2.3720

Mubiarto, D. S., Isnanto, R. R., & Windasari, I. P. (2023). Perancangan User Interface dan User Experience (UI/UX) pada Aplikasi “BCA Mobile” Menggunakan Metode User Centered Design (UCD). JTK : Jurnal Teknik Komputer, 1(4), 209–216. https://doi.org/10.14710/jtk.v1i4.37686

Nova Noor Kamala Sari, Putu Bagus Adidyana Anugrah Putra, & Efrans Christian. (2019). Rancang Bangun Aplikasi Mobile Learning Tenses Bahasa Inggris. Jurnal Teknologi Informasi Jurnal Keilmuan Dan Aplikasi Bidang Teknik Informatika, 13(2), 37–46. https://doi.org/10.47111/jti.v13i2.253

Ramadhani, A., & Saputro, G. E. (2021). Perancangan Aplikasi Perpustakaan Anak“ Solit” Berbasis Android Sebagai Media Literasi Digital. Citrakara, 3(2), 222–234. https://doi.org/10.33633/ctr.v3i2.5918

Sahfitri, V. (2019). Prototype E-Katalog Dan Peminjaman Buku Perpustakaan Berbasis Mobile. Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi Dan Komputer), 8(2), 165–171. https://doi.org/10.32736/sisfokom.v8i2.665

Setiadi, A. R., & Setiaji, H. (2020). Perancangan UI/UX menggunakan pendekatan HCD (Human-Centered design) pada website Thriftdoor. Automata, 1(2), 228–233. https://doi.org/https://journal.uii.ac.id/AUTOMATA/article/view/15445

Wawolumaja, J. F. (2021). Jurnal Pengaruh User Experience (Ux) Design Terhadap Kemudahan Pengguna Dalam Menggunakan Aplikasi Carsworld. Journal Acta Diurna, 17(1), 53–71. https://doi.org/10.20884/1.actadiurna.2021.17.1.3813




DOI: https://doi.org/10.56486/jeis.vol5no1.511

Article Metrics

Abstract view : 51 times
PDF - 39 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Eva Rozamila Syaidah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

TERINDEKS OLEH :

Â