PERANCANGAN USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE APLIKASI MOBILE UNTUK SMART FARMING DENGAN METODE DESIGN SPRINT

Yusri Azra Lazwardi, Rudi Hartono, Cepi Rahmat Hidayat

Abstract


The focus of this research is on developing user interfaces (UI) and user experiences (UX) to assist farmers in identifying and overcoming common agricultural issues, such as plant diseases, limited technology knowledge, suboptimal fertilizer selection, and adverse weather impacts. The Design Sprint methodology, comprising five stages, namely Understand, Diverge, Decide, Prototype, and Validate, is employed in the design of a prototype with features such as plant disease scanning for rapid identification, direct consultation with agricultural experts, and e-commerce functionality for agricultural purchases. Validity testing is conducted using the maze design method, revealing promising results: an average time efficiency of 51%, indicating task completion success for 41% of participants. Additionally, qualitative feedback from 20 participants and opinion scale assessments indicate high user satisfaction with the mobile-based smart farming application design.

Fokus penelitian ini adalah pada pengembangan antarmuka pengguna (UI) dan pengalaman pengguna (UX) untuk membantu petani mengidentifikasi serta mengatasi masalah umum dalam pertanian, seperti penyakit tanaman, keterbatasan pengetahuan teknologi, pemilihan pupuk yang kurang optimal, dan dampak negatif cuaca. Metode Design Sprint, yang terdiri dari lima tahap, yaitu Understand, Diverge, Decide, Prototype, dan Validate, diterapkan dalam perancangan prototype dengan fitur-fitur seperti pemindaian penyakit tanaman untuk identifikasi cepat, konsultasi langsung dengan ahli pertanian, dan fungsionalitas e-commerce untuk pembelian kebutuhan pertanian. Pengujian validate dilakukan menggunakan metode maze design, yang mengungkapkan hasil yang menjanjikan: efisiensi waktu rata- rata sebesar 51%, menunjukkan keberhasilan dalam menyelesaikan tugas bagi 41% peserta. Selain itu, umpan balik kualitatif dari 20 peserta dan penilaian skala opini menunjukkan kepuasan pengguna yang tinggi terhadap desain aplikasi pertanian pintar berbasis mobile.


Full Text:

PDF

References


Buana, W., & Sari, B. N. (2022). Analisis User Interface Meningkatkan Pengalaman Pengguna Menggunakan Usability Testing pada Aplikasi Android Course. DoubleClick: Journal of Computer and Information Technology, 5(2), 91–97. https://doi.org/10.25273/doubleclick.v5i2.11669

Dharmaputra, E. F. Y. G. S., Primasari, C. H., Sidhi, T. A. P., Wibisono, Y. P., Setyohadi, D. B., & Cininta, M. (2023). Analisis User Interface (UI) Dan User Experience (UX) Sudut Elevasi Pemukul Gamelan Metaverse Virtual Reality Menggunakan User Centered Design (UCD). JIKO : Jurnal Informatika Dan Komputer, 7(1), 137–146. https://doi.org/10.26798/jiko.v7i1.757

Hartadi, M. G., Swandi, I. W., & Mudra, I. W. (2020). Warna dan Prinsip Desain User Interface (UI) Dalam Aplikasi Seluler Bukaloka. Jurnal Dimensi DKV Seni Rupa Dan Desain, 5(1), 105–119. https://doi.org/10.25105/jdd.v5i1.6865

Iswanto, R. (2023). Perancangan Buku Ajar Tipografi. Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana, 23(2), 123–129. https://doi.org/10.9744/nirmana.23.2.123-129

Jaya, N. Y., Novris, M. A. R., & Junadhi. (2022). Penerapan Metode Design Sprint Dalam Perancangan UI/UX Aplikasi Pengingat Sarapan. Satin : Sains Dan Teknologi Informasi, 8(2), 152–161. https://doi.org/10.33372/stn.v8i2.892

Khoirunisa, N. I., & Ramadhani, E. (2022). Implementasi Metode Design Sprint dalam Perancangan UI/UX Aplikasi Golek Kost Berbasis Mobile. JSON : Jurnal Sistem Komputer Dan Informatika, 3(4), 464−472. https://doi.org/10.30865/json.v3i4.4262

Kurnianto, F., & Wahyuni, E. G. (2022). Perancangan User Interface User Experience Aplikasi Basis Data Sekar Kawung Menggunakan Metode Design Thinking. Prosiding Automata, 3(2), 1–8.

Maryati, I. (2023). Evaluasi Tingkat Kebergunaan Prototipe Repository Perpustakaan dengan Guerilla Usability Testing. Journal of Information System, Graphics, Hospitality and Technology, 5(2), 70–75. https://doi.org/10.37823/insight.v5i2.320

Pratama, W. S. A., & Indriyanti, A. D. (2023). Perancangan Design UI/UX E-Commerce TRINITY Berbasis Website Dengan Pendekatan Design Thinking. JEISBI : Journal of Emerging Information System and Business Intelligence, 4(1), 50–61.

Prawiroredjo, K., Julian, E. S. dewi, Mardian W., D., Azmi, N., & Zulfikar. (2023). Penyuluhan dan Demonstrasi Alat Penyiram Tanaman Otomatis Dengan Teknologi Pertanian Pintar Bagi UMKM Bidang Pertanian. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 6(1), 65–74. https://doi.org/10.24912/jbmi.v6i1.23217

Putra, J. V. P., Ayu, F., & Julianto, B. (2023). Implementasi Pendeteksi Penyakit pada Daun Alpukat Menggunakan Metode CNN. STAINS : Seminar Nasional Teknologi & Sains, 155–162.

Rizal, S., & Saputra, S. A. (2023). Perancangan UI/UX Design Pada Aplikasi Jasa Freelancer Berbasis Android Menggunakan Metode User Centered Design. Jurnal Ilmiah Matrik, 25(1), 7–14. https://doi.org/10.33557/jurnalmatrik.v25i1.2279

Sabarella, Saida, M. D. N., Komalasari, W. B., Manurung, M., Sehusman, Supriyati, Y., Rinawat, Seran, K., Firmansyah, R., & Amara, V. D. (2022). Analisa PDB Sektor Pertanian Tahun 2022. Jakarta : Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian Kementerian Pertanian.

Sekali, I. B. K., Montolalu, C. E. J. ., & Widiana, S. A. (2023). Perancangan UI/UX Aplikasi Mobile Produk Fashion Pria pada Toko Celcius di Kota Manado Menggunakan Design Thinking. JIMA-ILKOM : Jurnal Ilmiah Informatika Dan Ilmu Komputer, 2(2), 53–64. https://doi.org/10.58602/jima-ilkom.v2i2.17

Siam, A. N., & Fauzi, A. (2023). Penggunaan Metode Design Thinking dalam Perancangan UI/UX Mobile Aplikasi Prevent (Studi Kasus: Studi Independen Alterra). MIND : Multimedia Artificial Intelligent Networking Database Journal, 8(2), 130–141. https://doi.org/10.26760/mindjournal.v8i2.130-141

Sugandi, Z. A. W., & Isnaini, K. N. (2023). Perancangan Antarmuka Pengguna dan Pengalaman Pengguna dari Aplikasi Marketplace Bahan Makanan Dapur: Metode User-Centered Design. Justin: Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi, 11(3), 571–580. https://doi.org/10.26418/justin.v11i3.67793




DOI: https://doi.org/10.56486/jeis.vol4no2.475

Article Metrics

Abstract view : 102 times
PDF - 39 times

Refbacks



Copyright (c) 2024 Yusri Azra Lazwardi, Rudi Hartono, Cepi Rahmat Hidayat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

TERINDEKS OLEH :