PERANCANGAN APLIKASI FOOD MARKET BERBASIS ANDROID PADA USAHA DIDIMSUM

Septiana Ningtyas, Nur Jannah

Abstract


The rise of the online food business is undeniably due to the increasing needs and lifestyles of the people. The existence of busy work makes people order food from outside because it is easier, more practical, and efficient, and payment transactions can be done through E-wallets or bank transfers with a payment gateway payment system. Didimsum is a home-based business engaged in frozen food. The current problem is that in ordering using WhatsApp, and payments are still in cash, customers find it difficult to get the latest menu information. This research aims is to design an Android-based food market application for Didimsum to make it easier to reach customers, improve brand image, speed up the ordering process, and update menus and prices. The research was conducted with a field research methodology to obtain information directly from the Didimsum frozen food business. The techniques in data collection are observation, interviews, and document studies. The result is an Android-based Food Market Application system that can receive orders and payments from customers so that they are well-recorded and produce order and payment reports more quickly and accurately.

Meningkatnya bisnis makanan daring tidak bisa dipungkiri karena adanya kebutuhan dan gaya hidup masyarakat yang semakin tinggi. Adanya kesibukan kerja membuat orang memesan makanan dari luar karena lebih mudah, praktis dan efisien, serta transaksi pembayarannya bisa menggunakan E-wallet maupun transfer bank dengan sistem pembayaran payment gateway. Didimsum adalah sebuah usaha rumahan yang bergerak dibidang makanan beku. Permasalahan saat ini dalam pemesanannya menggunakan Whatsapp, dan pembayarannya masih secara tunai, pelanggan sulit mendapatkan informasi menu terbaru. Tujuan penelitian ini untuk merancang aplikasi food market berbasis android pada Didimsum agar lebih mudah menjangkau pelanggan, meningkatkan citra merek, mempercepat proses pemesanan, dan pembaharuan menu serta harga. Penelitian dilakukan dengan metodologi penelitian lapangan untuk memperoleh informasi secara langsung pada usaha frozen food Didimsum. Adapun teknik dalam pengumpulan data yang akan digunakan adalah pengamatan (observasi), wawancara, dan Studi dokumen. Hasilnya berupa sistem Aplikasi Food Market Berbasis Android yang dapat menerima pemesanan dan pembayaran dari pelanggan sehingga tercatat dengan baik serta menghasilkan laporan pemesanan dan pembayaran secara lebih cepat dan akurat.


Full Text:

PDF

References


Arafat, A. F. R., Rizkiansah, F., & Rosyani, P. (2021). Penerapan Aplikasi Kasir Berbasis Android Pada UMKM “Nangkringan” Bintaro Pesanggrahan. JATIMIKA: Jurnal Kreativitas Mahasiswa Informatika, 2(1), 7–10.

Asidiqqi, M. (2018). Sistem Informasi Pemesanan Menu Berbasis Client Server Dengan Platform Android (Studi Kasus : La Vita Bella Casual Dinning). In Diploma thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

Batubara, S., Maharani, F., & Makhrani. (2022). Pengembangan Usaha UMKM di Masa Pandemi Melalui Optimalisasi Penggunaan Dan Pengelolaan Media Digital. E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 02(01), 1023–1032. https://doi.org/10.47492/eamal.v2i1.1237

Buttle, F. (2009). Customer Relationship Management: Concepts and Technologies (2nd ed.). Burlington: Elsevier.

Dharmalau, A., Sucahyo, N., & Mukti, I. (2023). Perancangan Aplikasi Point of Sales (Pos) Berbasis Android Menggunakan Framework Flutter Di Kafe Elangsta. Jris: Jurnal Rekayasa Informasi Swadharma, 3(2), 6–13. https://doi.org/10.56486/jris.vol3no2.326

Hapsari, R., & Kurniadi, D. (2022). Rancang Bangun Aplikasi Pemesanan Makanan dan Minuman Berbasis Android dengan Sistem Pembayaran Cash On Delivery Kampus Universitas Negeri Padang. VOTETEKNIKA: Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika, 10(3), 8–16. https://doi.org/10.24036/voteteknika.v10i3.118076

Iskandar, & Umar Tsani Abdurrahman. (2020). Perancangan Aplikasi Kasir Point of Sales Berbasis Android Menggunakan Metode Rapid Application Development Untuk Usaha Retail. INFOTECH : Jurnal Informatika & Teknologi, 1(2), 67–77. https://doi.org/10.37373/infotech.v1i2.62

Permana, I. (2021). Model Aplikasi Helpdesk Ticketing System Berbasis Web Menggunakan Metode RAD. Jurnal Informasi Dan Komputer, 9(2), 169–173. https://doi.org/10.35959/jik.v9i2.221

Permatasari, D., Yogapratama, F., Kurniafitra, I. I., & Islamiah, W. (2022). Pelatihan Digital Marketing Sebagai Upaya Pengembangan Strategi Pemasaran Produk UMKM Batik di Kelurahan Gedog Kota Blitar. Transformasi Dan Inovasi, 2(1), 60–72. https://doi.org/10.26740/jpm.v2n1.p60-72

Richo, R. A., Swastika, I. P. A., Permana S, P. T. H., & Dharma, E. M. (2021). Rancang Bangun Aplikasi Point of Sales Kasirin Dengan Terintegrasi Payment Gateway. Jutisi : Jurnal Ilmiah Teknik Informatika Dan Sistem Informasi, 10(2), 319. https://doi.org/10.35889/jutisi.v10i2.657

Suarantalla, R., Nugroho, F. A., & Hermanto, K. (2020). Rancang Bangun Apllikasi Pemesanan Makanan Berbasis Android Pada Rumah Makan"Bengawan Tepi Sawah". Hexagon: Jurnal Teknik Dan Sains Fakultas Teknik Universitas Teknologi Sumbawa, 1(2), 42–51. https://doi.org/10.36761/hexagon.v1i2.616

Susanti, E. (2020). Pelatihan Digital Marketing Dalam Upaya Pengembangan Usaha Berbasis Teknologi Pada UMKM Di Desa Sayang Kecamatan Jatinangor. Sawala : Jurnal Pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa Dan Masyarakat, 1(2), 36–50. https://doi.org/10.24198/sawala.v1i2.26588




DOI: https://doi.org/10.56486/jeis.vol4no1.450

Article Metrics

Abstract view : 43 times
PDF - 35 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Septiana Ningtyas, Nur Jannah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

TERINDEKS OLEH :