PEMANFAATAN MACHINE LEARNING UNTUK OPTIMASI HARGA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL ARTIFICIAL NEURAL NETWORK PADA PT ASIA GARMENT ACCESSORIES

Ike Kurniati, Agustinus Rio Trilaksono, Sulistiwaty Sulistiwaty

Abstract


Abstract

Today's market is characterized by intense competition, as relatively many similar goods are in the market. One way to win the competition is with a pricing strategy. PT Asia Garment's Accessories is a company engaged in the garment accessories industry, with products such as lace, mote, embroidery, and fabric materials. Pricing is determined by the quality of the product, the level of time efficiency, and the difficulty of the work. The purpose of the research is how to get price optimization using the Artificial Neural Network model. In this study, the method used for data collection is the observation, interviews, and literature studies. According to the results of the price prediction test using Python and machine learning, it is concluded that the price offered is a best price for several products including lace and imported applications, because the predicted price is higher than the original price. Predictions made using ANN produce an accuracy output of 87% that can be said to be good accuracy.

Pasar saat ini ditandai dengan persaingan yang ketat, karena relatif banyak barang sejenis yang ditawarkan. Salah satu cara untuk memenangkan persaingan adalah dengan strategi penetapan harga. PT Asia Garment's Accessories, perusahaan yang bergerak dibidang industri aksesoris garmen, dengan produk seperti renda, mote, bordir, dan bahan kain. Penentuan harga ditentukan dengan kualiatas produk, tingkat efisien waktu dan tingkat kesulitan pengerjaannya. Tujuan penelitian bagaimana mendapatkan optimasi harga menggunakan model jaringan syaraf tiruan. Dalam penelitian ini metode yang digunakan untuk pengumpulan datanya yaitu metode observasi, wawancara dan studi kepustakaan. Sesuai hasil prediksi harga yang diuji menggunakan Phyton dan pembelajaran mesin menyimpulkan bahwa harga yang ditawarkan termasuk harga yang baik untuk beberapa produk diantaranya Renda dan Aplikasi import, karena harga prediksi lebih tinggi dibandingkan harga asli. Prediksi yang dilakukan menggunakan ANN menghasilkan ouput akurasi sebesar 87% yang dapat dikatakan akurasinya baik.


Full Text:

PDF

References


Ailobhio, T. D., Sulaiman, A. I., & Akeyede, I. (2018). Optimizing Profit in Lace Baking Industry Lafia with Linear Programming Model. International Journal of Statistics and Applications, 8(1), 18–22. https://doi.org/10.5923/j.statistics.20180801.03

Danny, & Robin. (2022). Pelatihan Digital Marketing Dalam Upaya Pengembangan Usaha di Modern Furniture Tanjungpinang. Jurnal BUDIMAS, 04(01), 261–268. https://doi.org/10.29040/budimas.v4i1.4357

Fadillah, Y., & Suprianto. (2017). Sistem Informasi Penjualan Produk Krupuk Berbasis Web Responsive (Studi Kasus : UD Sumber Makmur). Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informatika Dan Komputer, 8(1), 31–37. https://doi.org/10.24853/justit.8.1.31-37

Fahrudin, A. (2014). Sistem Informasi Penjualan Handphone Dan Accessories Berbasis E-Commerce Pada Counter Hima Server Semarang. In Skripsi. Fakultas Ilmu Komputer Universitas Dian Nuswantoro Semarang.

Hanim, L., Soponyono, E., & Maryanto. (2021). Pengembangan UMKM Digital di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 30–39. https://doi.org/10.24967/psn.v2i1.1452

Kurniawan, A. S. (2018). Implementasi Metode Artificial Neural Network Dalam Memprediksi Hasil Ujian Kompetensi Kebidanan (Studi Kasus Di Akademi Kebidanan Dehasen Bengkulu). Pseudocode, 5(1), 37–44. https://doi.org/10.33369/pseudocode.5.1.37-44

Mazia, L., Utami, L. A., & Bintang, F. K. (2021). Rancang Bangun Sistem Informasi Helpdesk Ticketing Berbasis Web pada PT. Mitra Tiga Berlian Bekasi. Jurnal Informatika Universitas Pamulang, 6(1), 85. https://doi.org/10.32493/informatika.v6i1.8323

Permatasari, D., Yogapratama, F., Kurniafitra, I. I., & Islamiah, W. (2022). Pelatihan Digital Marketing Sebagai Upaya Pengembangan Strategi Pemasaran Produk UMKM Batik di Kelurahan Gedog Kota Blitar. Transformasi Dan Inovasi, 2(1), 60–72. https://doi.org/10.26740/jpm.v2n1.p60-72

Rahmat, E., Asmara, R., & Maulidah, S. (2017). Analisis Optimalisasi Produksi Pada Produk Olahan Jintan Hitam (Nigela Sativa) (Studi kasus di Argo Industri PT Agaricus Sido Makmur Sentosa, Desa Bedali, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang). JEPA: Jurnal Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 1(2), 118–128. https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2017.001.02.5

Saadah, S., & Salsabila, H. (2021). Prediksi Harga Bitcoin Menggunakan Metode Random Forest. Jurnal Komputer Terapan, 7(1), 24–32. https://doi.org/10.35143/jkt.v7i1.4618

Susanti, E. (2020). Pelatihan Digital Marketing Dalam Upaya Pengembangan Usaha Berbasis Teknologi Pada UMKM Di Desa Sayang Kecamatan Jatinangor. Sawala : Jurnal Pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa Dan Masyarakat, 1(2), 36–50. https://doi.org/10.24198/sawala.v1i2.26588




DOI: https://doi.org/10.56486/jeis.vol4no1.449

Article Metrics

Abstract view : 45 times
PDF - 33 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Ike Kurniati, Agustinus Rio Trilaksono, Sulistiwaty Sulistiwaty

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

TERINDEKS OLEH :