PEMANFAATAN MACHINE LEARNING UNTUK PRICE OPTIMATION DENGAN MENGGUNAKAN MODEL ARTIFICIAL NEURAL NETWORK
Abstract
A company's marketing strategy is not just product development, broad distribution channels, and promotions, but also pricing that is attractive and affordable to consumers. PT Asia Garment, which is engaged in the garment accessories industry, determines the price by looking at the quality of the product, the efficient level of processing time, and the difficulty level of the process. Generally, errors in pricing cause production costs to not match the selling price, the selling prices are rarely reviewed even though the market is constantly changing, and selling prices are determined separately. The research purpose is to utilize machine learning to determine the optimum selling price using the Artificial Neural Network Model. As a result, the predictions can produce an output accuracy of 87%, which is satisfying accuracy.
Strategi pemasaran oleh suatu perusahaan bukan hanya pengembangan produk, saluran distribusi yang luas, dan promosi, melainkan juga penetapan harga yang menarik dan terjangkau oleh konsumen. PT Asia Garment yang bergerak dibidang industri aksesoris garmen melakukan penentuan harga dengan melihat kualiatas produk, tingkat efisien waktu pengerjaan dan tingkat kesulitan pengerjaannya. Umumnya kesalahan dalam penetapan harga menyebabkan biaya produksi tidak sesuai harga jual, harga jual jarang ditinjau padahal pasar senantiasa berubah, harga jual ditentukan secara tersendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk memanfaatkan pembelajaran mesin untuk menentukan harga jual optimum dengan menggunakan model Artificial Neural Network. Hasilnya Prediksi yang dilakukan dapat menghasilkan ouput akurasi sebesar 87 % yang dapat dikatakan akurasinya baik.
Full Text:
PDFReferences
Ailobhio, T. D., Sulaiman, A. I., & Akeyede, I. (2018). Optimizing Profit in Lace Baking Industry Lafia with Linear Programming Model. International Journal of Statistics and Applications, 8(1), 18–22. https://doi.org/10.5923/j.statistics.20180801.03
Asiyah, S. N. (2016). Klasifikasi Berita Online Menggunakan Metode Support Vector Machine dan k-Nearest Neighbor. In Skripsi. Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.
Danny, & Robin. (2022). Pelatihan Digital Marketing Dalam Upaya Pengembangan Usaha di Modern Furniture Tanjungpinang. Jurnal BUDIMAS, 04(01), 83–90.
Dharmalau, A., Putra, D. F. D., Hiswara, I., Nurlaela, lela, Ningtyas, S., & Usanto. (2022). Pemanfaatan Teknologi Informasi Untuk Ketahanan Ekonomi Masyarakat UMKM di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Abdi Masyarakat (JAM), 7(2), 162–174.
Ihsan, A. (2019). Skripsi : Klasifikasi Artikel Berita Menggunakan Metode K-Nearest Neighbor Berbasis Particle Swarm Optimization. Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Komputer Indonesia Bandung.
Lukito, R. B., Lukito, C., & Arifin, D. (2014). Penerapan Teknik SEO (Search Engine Optimization) Pada Website Dalam Strategi Pemasaran Melalui Internet Tinjauan Pustaka. Comtech, 5(2), 1050–1058.
Permatasari, D., Yogapratama, F., Kurniafitra, I. I., & Islamiah, W. (2022). Pelatihan Digital Marketing Sebagai Upaya Pengembangan Strategi Pemasaran Produk Umkm Batik. Transformasi Dan Inovasi, 2(1), 60–72.
Rahmat, E., Asmara, R., & Maulidah, S. (2017). Analisis Optimalisasi Produksi Pada Produk Olahan Jintan Hitam (Nigela Sativa) (Studi kasus di Argo Industri PT Agaricus Sido Makmur Sentosa, Desa Bedali, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang). Jurnal Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis (JEPA), I(2), 1–7.
Septiana, T., Puspita, N., Fikih, M. Al, & Setyawan, N. (2020). Face Mask Detection Covid-19 Using Convolutional Neural Network ( Cnn ). Seminar Nasional Teknologi Dan Rekayasa (SENTRA) 2020, 3, 27–32.
Setyadi, A., Kallista, M., & Setianingsih, C. (2022). Skripsi : Deteksi Social Distancing Dan Penggunaan Masker Di Restoran Dengan Algoritma Convolutional Neural Network ( CNN ). Bandung : Universitas Telkom.
Sharma, A., Deepak, G., Nikhil, N., Deepti, S., & Ankita, V. (2022). Prediction of Customer Retention Rate Employing Machine Learning Techniques. International Conference on Informatics (ICI), 1(1), 103–107. https://doi.org/10.1109/ICI53355.2022.9786903.
Susanti, E. (2020). Pelatihan Digital Marketing Dalam Upaya Pengembangan Usaha Berbasis Teknologi Pada Umkm Di Desa Sayang Kecamatan Jatinangor. Sawala : Jurnal Pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa Dan Masyarakat, 1(2), 36. https://doi.org/10.24198/sawala.v1i2.26588
DOI: https://doi.org/10.56486/jeis.vol3no2.363
Article Metrics
Abstract view : 365 timesPDF - 249 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Ike Kurniati, Sulistiawati Sulistiawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
TERINDEKS OLEH :






