PERANCANGAN MEDIA INTERAKTIF PERUBAHAN ENERGI SISWA SD MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS3

Usanto Usanto, Rica Rahmat

Abstract


The teaching and learning process during the pandemic is where schools must continue to deliver material even though it is online because students study at home. The teacher's learning process still uses a conventional learning system, which is dominated by text and reading, the delivery of material like this causes students to be less enthusiastic and difficult to understand the material being taught. Multimedia that supports interactive-based learning is currently growing, so it can be an option for schools to build interactive learning media. Multimedia can create dynamic and interactive presentations by combining text, graphics, animation, audio, and video images. The research aims to produce interactive multimedia learning energy changes. The method used in conducting this research is a field study with interview and observation data collection techniques. The results are in the form of interactive animation applications for learning energy changes which are expected to increase understanding of the material as well as facilitate the teaching and learning process during the online learning period.

Proses belajar mengajar selama era pandemik dimana sekolah harus tetap menyampaikan materi walaupun dilakukan secara daring karena siswa belajar di rumah. Proses pembelajaran para guru masih menggunakan sistem pembelajaran secara konvensional, yang didominasi teks dan bacaan, penyampaian materi seperti ini menyebabkan siswa kurang semangat dan sulit memahami materi yang diajarkan. Multimedia yang mendukung pembelajaran berbasis interaktif semakin berkembang saat ini, sehingga dapat menjadi pilihan untuk sekolah membangun sebuah media belajar interaktif. Multimedia dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif dengan mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan gambar video. Tujuan penelitian untuk menghasilkan multimedia interaktif pembelajaran perubahan energi. Metode yang digunakan dalam melakukan penelitian ini adalah studi lapangan dengan teknik pengumpulan data wawancara dan observasi. Hasil penelitian berupa aplikasi animasi interaktif pembelajaran perubahan energi yang diharapkan dapat meningkatkan pemahaman materi juga mempermudah proses belajar mengajar selama masa belajar daring.


Full Text:

PDF

References


Aminah, S. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Adobe Flash CS3 pada Tema Ekosistem Kelas V SD/MI. UIN Raden Intan Lampung.

Arifin, A. R. F. (2018). Pengembangan Media Interaktif Menggunakan Adobe Flash CS3 pada Pembelajaran PKn Materi Bangga Sebagai Bangsa Indonesia di Kelas IIIA Sekolah Dasar oleh Afriyan Riska Faradilla Arifin AMIKOM Yogyakarta tahun 2018. AMIKOM Yogyakarta.

Basri, M. and balqis. (2021). Pembelajaran E-Learning Di Masa Pandemi. In Osf.Io.

Dharmalau, A., Nurlaela, L., & Handojo, V. (2021). Perancangan media Pembelajaran lagu daerah dengan Animasi Interaktif Menggunakan Adobe Flash. Jurnal Elektro Dan Informatika Swadharma(JEIS), 01, 31–36.

Gazali, R., Elektronika, P. T., Teknologi, F., Ria, G., Martono, D., Al Husain, A. H., Iswara, D., Aji, A. P. B., & Haris, F. H. S. Al. (2020). Rancang Bangun Augmented Reality Pada Media Promosi Perumahan Villa Green Aulia. Gaung Informatika, 13(2), 56–65. https://doi.org/10.33050/sensi.v4i2.644

Hiswara, I., Dharmalau, A., & Geovani, D. cahya. (2022). Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Promosi Produk Menggunakan Software Unity 3D dan Vuforia Berbasis Android. Technoscentia, 15(1), 15–22.

K, I. (2015). Membuat Media Pembelajaran dengan Adobe Flash CS3. CV. Andi Offset.

Mahendra, A. Y. I., Pratama, E. B., Rudianto, E., Yasin, F., Abdillah, S., & Husain, B. A. (2021). Manfaat Teknologi Selama Masa Pandemi. Jurnal PADMA: Pengabdian Dharma Masyarakat, 1(4), 291–293.

Ningtyas, S., Efendy, A. A., & Yusuf, A. (2021). Penerapan metode cloud recognition pada aplikasi augmented reality pengenalan jenis buah-buahan 1. Jurnal Electro Dan Informatika Swadharma(JEIS), 1(1).

Nugraha, B. S., & Hidayat, I. (2019). Implementasi Media Pembelajaran Interaktif “ Sistem Tata Surya ” Untuk Kelas VI Sekolah Dasar. INFOS Journal, 1(3), 1–6.




DOI: https://doi.org/10.56486/jeis.vol3no2.362

Article Metrics

Abstract view : 122 times
PDF - 105 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Usanto Usanto, Rica Rahmat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

TERINDEKS OLEH :