APLIKASI BERBASIS ANDROID SEBAGAI PENGEMBANGAN EDUKASI MENGENAL LAGU DAN ALAT MUSIK DAERAH JAWA BARAT DALAM BENTUK PERMAIANAN

Fitri Sya'bandyah, Winnar I. Putri

Abstract


Technology development has already changed every aspect and the activity of ther users. Indonesia has various culture that should be appreciated, such as tradisional musical instrument as a culture heritage in Indonesia that have to conserved. With an acknowledgement by educational game as a learning media using digital multimedia applicaton. Digital multimedia application is one of the support media learning, as an example a game as a learning media that can impress children and the users to acknowledge something new therefore can improve memory. Digital media that is interactive can help educating them by mixing datas and informations audio-visually. Mobile device is a acknowldgement media that can be brought anywhere anytime, with the use of android based smartphone as a supporting device. Education acknowledgement technology has a role in learning method and improving curiosity of the users.

Perkembangan teknologi telah membawa perubahan dalam berbagai aspek dan kegiatan bagi para penggunanya. Indonesia memiliki banyak sekali kebudayaan yang patut di banggakan, salah satunya adalah alat musik dan lagu tradisonal sebagai warisan kebudayaan Indonesia yang harus di lestarikan. Dengan pengenalan edukasi game/permaianan yang di perkenalkan kepada anak-anak sebagai bentuk upaya media pembelajaran dengan menggunakan era aplikasi digital multimedia. Aplikasi digital multimedia merupakan salah satu penunjang dalam media pembelajaran, sebagai contoh dengan bantuan game/permainan yang dapat menarik perhatian anak-anak dan para penggunanya untuk mengenal sesuatu hal yang baru sehingga dapat meningkatkan kemampuan daya ingat atau memori. Media digital yang bersifat interaktif mampu membantu edukasi tersebut dengan cara menggabungkan antara data dan informasi secara audio visual. Perangkat mobile adalah salah satu media pengenalan yang mudah di bawa kemana mana dan kapan saja, dengan penggunaan telepon pintar yang berbasis android contoh pengguaan sebagai alat bantu. Teknologi pengenalan edukasi yang mempunyai peran dalam memfasilitasi cara belajar dan meningkatkan rasa keingintahuan para penggunanya.


Full Text:

PDF

References


Arsyad, Azhar., Media Pembelajaran, PT. Rajagrafindo Persada, 2016

Darmawan Deni., Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi., Teori dan Aplikasi., Rosda., 2012

Eko Purnomo, dkk, Seni Budaya, Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud, 2017 ISBN 978-602-427-024-7

Gilang Wisnu Saputra dkk., Pengaruh Teknologi Informasi terhadap kecerdasan (Intelektual, spriritual, emosional dan sosial ) Jurnal Informatika : Sistem Informasi., 10(2)., 2017, 77-88

Haris Budiman., Peran Teknologi dan Komunikasi dalam Pendidikan., Al Tadzkiyyah., Jurnal Pendidikan Islam., Volume 8 No 1, 2017

Jogiyanto HM., Pengenalan Komputer., And Offset, Yogyakarta, 1999

Kadir, Abdul.,Pemrograman Aplikasi Android, PenerbIT Andi, Yogyakarta, 2013

Ladjamudin Al-bahra., Analisis dan Desain Sistem Informasi., Graha Ilmu. Yogyakarta., 2005

Maladi, A I.,Kesenian Tradisonal sebagai sarana strategi kebudayaan d tengah determinasi Teknologi komunikas., Nusa., Volume 12 No 1 Febuari 2017

Soepandi Atik, dkk., Ragam Cipta mengenal seni pertunjukan daerah Jawa Barat., CV Beringin Sakti., Dasentra Bandung., 1995

Soewito, DS.,Mengenal Alat Musik., Titik Terang., 2010

Yudhanto, Yudha dkk., Mudah Membuat dan Berbisnis Aplikasi Android dengan Android Studio.,PT Elex Media Komputindo.,2017




DOI: https://doi.org/10.56486/jeis.vol3no1.266

Article Metrics

Abstract view : 443 times
PDF - 287 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Fitri Sya'bandyah, Winnar I. Putri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

TERINDEKS OLEH :

Â