APLIKASI PENGENALAN PROVINSI DAN IBUKOTA DI INDONESIA BERBASIS MULTIMEDIA

Prasetyo Adi Nugroho

Abstract


Learning to know the Provinces and Capitals in Indonesia is part of the Social Science lesson. This lesson is less attractive to students because they are lazy to read the material provided. With the introduction of learning software for provinces and their capitals in Indonesia, many benefits are obtained, one of which is by cultivating a sense of love for the homeland from an early age. Learning applications are made based on multimedia using 2D Adobe Flash CS 3. This method is expected to attract students' interest in studying social sciences. This learning application can be run using laptops and computers so that students and the general public are more interested and innovative in the learning process. The result of this research is an interactive CD that can be operated on a laptop or computer. This application can also be distributed to elementary schools so that it can help increase knowledge of the archipelago and make elementary school students more interested in knowing the provinces and capitals in Indonesia.

Pembelajaran mengenal Provinsi dan Ibukota di Indonesia merupakan bagian dari pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Pelajaran ini kurang diminati oleh siswa dikarenakan mereka malas untuk membaca materi yang diberikan. Dengan adanya Perangkat lunak pembelajaran pengenalan provinsi dan ibukotanya di Indonesia didapatkan banyak manfaat salah satunya yaitu dengan memupuk rasa cinta terhadap tanah air sejak usia dini. Aplikasi pembelajaran dibuat berbasis multimedia dengan menggunakan 2D Adobe Flash CS 3. Dengan metode ini diharapkan bisa menarik minat siswa untuk mempelajari ilmu pengetahuan sosial. Aplikasi pembelajaran ini dapat dijalankan menggunakan laptop dan komputer, sehingga siswa dan masyarakat umum lebih tertarik dan inovatif dalam proses pembelajaran. Hasil dari penelitian ini adalah CD interaktif yang dapat dioperasikan di laptop atau komputer. Aplikasi ini juga bisa disebar luaskan ke sekolah dasar, sehingga dapat membantu menambah wawasan pengetahuan nusantara dan menjadikan siswa sekolah dasar untuk lebih tertarik dalam mengenal provinsi dan ibukota di Indonesia.


Full Text:

PDF

References


Afandi, M., & Yustiana, S. (2013). Analisis Buku Teks Pendidikan Kewarganegaraan Kelas IV Sekolah Dasar. Semarang: Unissula Press.

Dewi, N. P. (2020). Buku Ajar Mata Pelajaran Sekolah Dasar PKN dan Pancasila. Badung, Bali: Nilacakra.

Dhani, Y. (2003). Panduan Lengkap Macromedia FlashMX. Yogyakarta: Andi Offset.

Madcoms. (2011 ). Mahir dalam 7 Hari Adobe Flash CS5.5. Yogyakarta: Andi Offset.

Maulana, A., & Nasution, K. (2008). Draw and Animate with Flash. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Sumarniati. (2017). Proses Dalam Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Siswa. Jurnal BAPPEDA, 3(1), 60-66.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.

Ziveria, M., Samosir, R. S., & Rusli, M. (2020). Pelatihan Desain Grafis Menggunakan Perangkat Adobe Photoshop Untuk Manipulasi Foto Bagi Tim Teknologi Informasi YPU. ABDIMAS Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1-11.




DOI: https://doi.org/10.56486/jeis.vol3no1.254

Article Metrics

Abstract view : 282 times
PDF - 177 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Prasetyo Adi Nugroho

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

TERINDEKS OLEH :

Â